Comscore Tracker

5 Warna Baju yang Bisa Meningkatkan Peluangmu Saat Wawancara Kerja

Pastikan kamu memakai busana yang tepat ya!

Wawancara kerja merupakan salah satu rangkaian proses penerimaan kerja yang harus diikuti oleh setiap pelamar. Namun nyatanya masih banyak yang kurang peduli dengan busana yang dikenakan saat wawancara kerja. Padahal hal ini penting dan ikut mempengaruhi proses wawancara kerja tersebut. Maka dari itu jangan anggap sepele, berikut warna baju yang dipercaya bisa meningkatkan peluangmu saat wawancara kerja.

1. Menggunakan baju warna biru akan terlihat stabil secara emosional

5 Warna Baju yang Bisa Meningkatkan Peluangmu Saat Wawancara KerjaPexels/Jopwell

Warna biru yang kamu kenakan saat wawancara kerja menunjukkan jika kamu merupakan orang yang stabil secara emosi, tenang dan cinta damai. Bisa dibilang menggunakan warna ini akan membuatmu di nilai bisa bekerja sama dengan pihak pewawancara. Mengenakan warna ini akan memberikan kesan positif pada HRD.

2. Warna hitam untuk posisi manajer

5 Warna Baju yang Bisa Meningkatkan Peluangmu Saat Wawancara KerjaPexels/Mikoto

Jika pakaianmu terlihat hitam-hitam baiknya gunakan busana warna ini saat melamar posisi manajerial. Hal ini karena warna hitam yang kamu kenakan menunjukkan jika kamu sosok yang percaya diri dan cenderung otoritas.

Namun baiknya jangan menggunakan pakaian hitam-hitam saat melamar posisi menengah dan padukan dengan warna lain. Menggunakan warna ini terkesan mengintimidasi pihak HRD saat melamar di posisi menengah lho!

Baca Juga: Jangan Lengah, Waspadai 5 Hal Ini Saat Mengikuti Wawancara Kerja!

3. Menggunakan putih menandakan kamu sosok yang detail

5 Warna Baju yang Bisa Meningkatkan Peluangmu Saat Wawancara KerjaPexels/Marek Levak

Boleh di bilang jika warna ini adalah warna yang netral untuk dipakai saat wawancara untuk semua posisi. Putih menandakan jika kamu adalah orang yang detail, teliti bahkan rapi. Sehingga warna ini tidak akan memberikan kesan negatif saat kamu menjalani wawancara.

4. Cokelat akan menunjukkan kamu orang yang kuno dan sulit menerima perubahan

5 Warna Baju yang Bisa Meningkatkan Peluangmu Saat Wawancara KerjaPexels/Fauxels

Sebenarnya sah-sah saja menggunakan warna cokelat, namun biasanya pewawancara akan mencap dirimu adalah sosok yang kuno dan sulit menerima perubahan. Apalagi jika kamu mengungkapkan kalau kamu adalah sosok yang dinamis maka secara tak langsung pihak HRD akan ragu karena ucapanmu terkesan kontras dengan pakaian yang kamu kenakan.

5. Merah menujukkan kamu agresif

5 Warna Baju yang Bisa Meningkatkan Peluangmu Saat Wawancara KerjaPexels/Martine

Baiknya jangan menggunakan warna ini saat melakukan wawancara. Hal ini karena warna merah menyala akan memberikan kesan kalau kamu adalah orang yang agresif. Selain itu warna merah erat kaitannya dengan penggoda maka saat menggunakan warna merah bisa saja HRD mencapmu merupakan sosok perayu dan tentunya hal ini kurang baik.

Nah hati-hati ya dalam menggunakan pakaian saat hendak wawancara!

Baca Juga: 5 Gestur Tubuh yang Patut Dihindari Saat Wawancara Kerja, Sudah Tahu?

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya