Comscore Tracker

Meski Terbatas, 7 Hard Skill Ini Bisa Kamu Kuasai di Masa Pandemi

Tetap berkembang di tengah keterpurukan! #IniBaruGokil

Kondisi pandemi seperti ini berlanjut pada kebijakan pemerintah dengan memberlakukan PPKM. Sebagian aktivitas manusia menjadi terhambat. Namun, semangat untuk terus meningkatkan potensi diri tak boleh hilang. Berbagai peluang untuk mengasah keterampilan pun masih dapat dilakukan.

Selain fokus pada soft skill, hard skill tak lupa menjadi kualifikasi penting dalam menempati posisi atau jabatan tertentu di sebuah perusahaan. Hard skill sendiri merupakan suatu kemampuan yang dapat diasah dan menjadi tolok ukur yang spesifik melalui tes atau penilaian lainnya.

Meski kini aktivitas jadi terbatas, tujuh hard skill berikut ini bisa kamu kuasai di masa pandemi, kok!

1. Teknik komputasi

Meski Terbatas, 7 Hard Skill Ini Bisa Kamu Kuasai di Masa Pandemiilustrasi proses komputasi (unsplash.com/ThisisEngineering RAEng)

Di zaman sekarang, sudah banyak pekerjaan yang membutuhkan teknologi komputasi (computing). Perusahaan mulai melirik kemampuan dalam menjalankan software di komputer pada calon pegawainya. Menguasai Microsoft Office seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel termasuk menggunakan rumus-rumus yang ada di dalamnya menjadi pertimbangan penting bagi perusahaan terhadap pelamar kerja.

Dalam hal ini, teknik komputasi juga mencakup keterampilan mengetik dengan cepat dan tepat, menggunakan atau menjalankan sistem Windows, mengolah data dan file, hingga pengarsipan dokumen.

Meski di rumah aja, kamu masih bisa menguasai hal-hal tersebut, kok. Mulai dengan membaca artikel di Google, menonton video YouTube, hingga mencari thread (utas) tentang hard skill ini di Twitter. Gak perlu khawatir kuota internet, karena ada Smartfren Gokil Max yang bisa menemanimu saat PPKM dengan tetap melakukan kegiatan produktif.

2. Pemasaran digital

Meski Terbatas, 7 Hard Skill Ini Bisa Kamu Kuasai di Masa Pandemiilustrasi pemanfaatan media sosial untuk pemasaran digital (unsplash.com/Austin Distel)

Gak dimungkiri, media sosial menjadi wadah penting dalam menyebarkan informasi atau sekadar berkomunikasi. Terbatasnya aktivitas di luar jaringan (luring) mendorong para pelaku usaha untuk berinovasi dalam memasarkan produk dan jasa mereka.

Memahami sistem optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Google Analytics serta Google trends menjadi tantangan tersendiri saat menggunakan digital marketing. Selain itu, pemasaran digital juga mencakup seputar manajemen konten, memaksimalkan pemanfaatan media sosial, hingga copywriting.

Meski terkesan ribet, kamu bisa kok mempelajari itu semua dari rumah. Mulai dari Rp30.000, kamu sudah bisa mendapatkan Kuota Sultan dari Smartfren Gokil Max. Hanya dengan harga yang setara dengan dua porsi bakso lezat ini, kamu bisa terus bereksplorasi dengan gokil seputar teknik-teknik pemasaran digital dari gadget kesayanganmu.

Sstt, sebenarnya ada tiga varian Gokil Max yang bisa kamu pilih, lho!

  • Gokil Max 9 GB (Rp30.000) dengan 3 GB Kuota Lokal, 6 GB Kuota Nasional, dan 30 GB Extra Kuota
  • Gokil Max 21 GB (Rp50.000) dengan 7 GB Kuota Lokal, 14 GB Kuota Nasional, dan 50 GB Extra Kuota
  • Gokil Max 36 GB (Rp70.000) dengan 12 GB Kuota Lokal, 24 GB Kuota Nasional, dan 70 GB Extra Kuota.

Kuotanya beneran gokil, deh! Belajar berbagai hard skill dari rumah aja bisa tetap MAXimal!

3. Strategi penjualan

Meski Terbatas, 7 Hard Skill Ini Bisa Kamu Kuasai di Masa Pandemiilustrasi strategi penjualan (unsplash.com/Firmbee.com)

Berbeda dengan marketing yang berfokus di ‘balik layar’ seperti membangun branding produk atau jasa, strategi penjualan cenderung mengarah pada kegiatan menjual atau interaksi langsung dengan calon konsumen.

Sales strategy berpusat pada penawaran barang atau jasa yang dijual dengan tujuan membuat calon konsumen memutuskan untuk membeli produk tersebut. Dalam hal ini, membangun relasi dengan pelanggan, memahami kebutuhan konsumen, hingga membuat pelanggan nyaman dan setia juga termasuk strategi penjualan.

Hard skill yang satu ini memang susah-susah gampang, karena itu kamu perlu memerhatikan aspek-aspek tertentu serta peluang-peluang yang terdapat di dalamnya. Smartfren Gokil Max hadir temani kamu agar tetap memanfaatkan peluang untuk terus mengembangkan potensi tanpa khawatir karena jaringan 100 persen 4G-nya yang stabil, cepat, dan lancar di kotamu dengan Kuota Lokal, bahkan di luar kota tinggalmu dengan Kuota Nasional.

Kuota Lokal bisa kamu gunakan di area kota tinggalmu, sementara Kuota Nasional bisa kamu gunakan di segala penjuru Indonesia mana saja. Satu lagi, bonus Extra Kuota yang super gede plus bikin puas bisa digunakan dari pukul 01.00 sampai 05.00 WIB, cocok nih buat yang suka belajar pas dini hari!

Baca Juga: Inspiratif Banget! Begini 4 Cara Agar Skill Guru Makin Berkualitas

4. Desain/ilustrasi

Meski Terbatas, 7 Hard Skill Ini Bisa Kamu Kuasai di Masa Pandemiilustrasi proses pengembangan desain (unsplash.com/UX Indonesia)

Pada poin pertama, teknik komputasi cenderung ke pengolahan data di Microsoft Office. Sementara bagian desain/ilustrasi ini mengarah pada berbagai software atau aplikasi desain digital seperti Adobe InDesign, Adobe Photoshop, atau Adobe Illustrator.

Dalam hal ini, design/illustration juga mencakup tentang UX (user experience), UI (user interface), editing foto atau video, hingga desain grafis. Istilah-istilah tersebut sudah sering kita jumpai di era yang semakin serbadigital sekarang ini.

Para kreator konten juga tak segan membagikan pengetahuan mereka melalui berbagai platform digital. Sehingga, kamu yang ingin mulai mempelajarinya bisa memanfaatkan platform tersebut, bahkan hanya dari rumah. Lebih nyaman lagi, kamu bisa bebas 24 jam mengakses aplikasi apa pun itu untuk mencari informasi atau materi hard skill dengan Smartfren Gokil Max.

5. Pengembangan situs web

Meski Terbatas, 7 Hard Skill Ini Bisa Kamu Kuasai di Masa Pandemiilustrasi pengembangan situs web (unsplash.com/Farzad Nazifi)

Web development dapat dikatakan sebagai bentuk ‘kolaborasi’ teknik computing, design/illustration, digital marketing, bahkan programming. Karena dalam pengembangan situs web ini meliputi pengumpulan data-data tertentu, membuat UX dan UI yang nyaman bagi pengguna, hingga memerhatikan aspek Search Engine Optimization.

Secara garis besar, web development merupakan aktivitas mengembangkan dan membangun serta mengelola sebuah situs web. Feedback dari audiens atau pengguna berperan penting dalam meningkatkan kinerja sebuah situs web ini.

Perlu adanya ketelitian pada hal-hal detail agar hasil dapat semakin MAXimal. Bukan hanya laman web, hard skill ini juga diterapkan pada aplikasi, baik di perangkat iOS maupun Android. 

6. Analisis data

Meski Terbatas, 7 Hard Skill Ini Bisa Kamu Kuasai di Masa Pandemiilustrasi analisis data (unsplash.com/Carlos Muza)

Pekerjaan data analysis mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya akan menjadi sebuah peran penting di era yang terus mengalami perkembangan dan pertumbuhan ini. Terdengar sepele, padahal dalam bidang ini dibutuhkan berbagai hal detail untuk diperhatikan.

Analisis data meliputi penggalian data (data mining), rekayasa informasi (data engineering), visualisasi data (data visualization), penelitian data (research), hingga pembersihan data. Data analysis berperan dalam pengambilan keputusan atau pemecahan suatu masalah.

Hard skill yang satu ini memiliki prospek kerja yang begitu menarik di masa mendatang, mengingat teknologi informasi yang semakin berkembang di era revolusi industri. Jadi, jangan takut untuk melangkah. Omong-omong, apa kamu tertarik dengan bidang ini?

7. Keterampilan berbahasa

Meski Terbatas, 7 Hard Skill Ini Bisa Kamu Kuasai di Masa Pandemiilustrasi belajar bahasa secara daring (unsplash.com/Compare Fibre)

Siapa, nih, yang ingin menguasai bahasa asing tapi terhalang karena adanya pembatasan aktivitas luring selama pandemi? Kamu masih bisa mempelajarinya dari rumah aja, kok. Tentunya dengan Smartfren Gokil Max yang harganya terjangkau dengan Kuota Sultan-nya yang beneran gokil!

Keterampilan berbahasa asing dapat menjadi poin lebih yang bisa dimasukkan ke dalam CV. Kemampuan berbahasa ini mencakup seberapa fasih kamu dalam berbahasa, menerjemahkan antarbahasa, hingga keterampilan menulis.

Kamu dapat mengasah skill ini dengan mengikuti kursus daring yang banyak tersedia di berbagai platform digital. Selain itu, beragam tes bahasa kini juga sudah dapat dengan mudah ditemukan. Sehingga, kamu bisa segera menghiasi CV-mu dengan nilai yang telah didapatkan.

Jadi, jangan biarkan pandemi membuatmu stuck dan gak berkembang, ya!

Meski Terbatas, 7 Hard Skill Ini Bisa Kamu Kuasai di Masa Pandemiilustrasi produk Smartfren Gokil Max 36 GB (dok. Pribadi/Indy Mabarroh)

Dalam menghadapi beragam persoalan di masa mendatang, perlu adanya persiapan yang matang sedari sekarang. Generasi masa kini yang identik dengan kemudahan dalam berteknologi memegang peranan penting di era yang mulai menerapkan konsep serbadigital ini.

Keterampilan-keterampilan tertentu menjadi kualifikasi yang sering dibutuhkan oleh dunia kerja, bahkan mungkin pada segala aspek kehidupan di masa depan. Karena itu, kaum milenial dan generasi Z harus siap beradaptasi dengan berbagai perubahan yang akan datang.

Jadi, yuk tetap semangat memanfaatkan berbagai peluang serta ide-ide cemerlang ala kamu meski terhalang pandemi. Pilih dan kuasai hard skill #IniBaruGokil yang sesuai dengan minat yang kamu sukai. Gak perlu khawatir pembatasan aktivitas luring, karena ada Smartfren Gokil Max yang temani masa PPKM. Jadi, gimana, mau pilih Kuota Gokil Max varian yang mana nih?

Baca Juga: 5 Skill Penting untuk Jadi Customer Service Profesional, Gak Mudah!

Indy Mabarroh Photo Verified Writer Indy Mabarroh

02

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya