Comscore Tracker

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Ubah Passion Jadi Ladang Bisnis

Passion kamu juga bisa bermanfaat untuk orang lain, lho

Pasti kamu pernah berpikir untuk mendapatkan semua hal yang diinginkan dengan mengikuti passion dalam dirimu. Kamu pun akan memulainya dengan mencari passion dan mengembangkannya agar bisa mewujudkan mimpimu suatu saat nanti.

Tak hanya mengandalkan lowongan pekerjaan, lewat passion yang dimiliki, kamu bisa mengubahnya jadi ladang bisnis. Tentu itu akan membantu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Cobalah lima cara di bawah ini agar passion-mu juga bisa berguna untuk orang lain sekaligus jadi ladang bisnis untukmu. Untungnya lumayan, lho!

1. Tentukan apa yang menjadi impianmu

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Ubah Passion Jadi Ladang Bisnisilustrasi teks dream (pexels.com/Karyme França)

Passion akan mulai terbangun ketika kamu memiliki mimpi atau cita-cita. Sebuah mimpi, meskipun itu hanya satu, tapi memiliki kekuatan yang besar. Mimpi juga bisa membantumu  menemukan passion dalam diri, lho. Mimpi tersebut juga akan memberikan sinyal, sehingga kamu bisa melakukan hal yang positif juga.

Banyak orang yang percaya jika kunci untuk menuju kesuksesan yang pertama adalah dengan memiliki mimpi. Bahkan, orang besar sekalipun akan memiliki mimpi sebagai alasan dari kesuksesan mereka di masa depan. Meski gagal sekalipun, mimpi akan mengajarkanmu akan suatu hal yang baru.

If you can dream it, you can do it. - Walt Disney

2. Kenali passion dalam diri

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Ubah Passion Jadi Ladang Bisnisilustrasi fotografer (pexels.com/Alberlan Barros)

Setelah kamu sudah menetapkan impianmu di masa depan, maka mulailah mencari cara bagaimana mimpi itu bisa terwujud. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui dan mengenali apa yang menjadi passion-mu. 

Sebab, terkadang masih banyak orang yang menyamakan hobi dengan passion. Padahal, jelas bahwa hobi dan passion adalah dua hal yang berbeda. Passion adalah dorongan kuat yang ada dalam diri seseorang, sehingga ia selalu merasa "lapar" tentang suatu hal yang ia sukai.

Ketika kamu memiliki hobi dan merasa selalu ingin tahu lebih dan mendalami hobi tersebut, itulah yang disebut passion. Kamu akan selalu mendorong mimpi yang menjadi hasrat dalam diri tadi untuk bisa menjadi "sesuatu" di kemudian hari.

3. Mencari meaning life untuk menggabungkan passion dengan pekerjaan

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Ubah Passion Jadi Ladang Bisnisilustrasi merenung (pexels.com/cottonbro)

Untuk mengombinasikan antara passion dengan pekerjaan, kamu perlu mencari arti hidup atau meaning life. Pada proses ini, kamu akan butuh sesuatu yang lebih berarti lagi dari sekedar passion.

Passion tadi juga mungkin saja bisa jadi profesimu di masa depan. Itu berarti, kombinasi antara passion dan pekerjaan tadi bisa dijadikan bisnis atau pekerjaan yang mendatangkan lebih banyak keuntungan.

Kamu tidak melulu harus merintis sebuah bisnis atau start-up lebih dulu. Tidak masalah bekerja di perusahaan yang bisa membantu bangsa ini secara makro nantinya. Alhasil, apa yang menjadi passion-mu di masa lalu bisa berguna di masa depan.

Baca Juga: 5 Plus Minus Bekerja Sesuai Passion, Gak Seindah yang Dikira!

4. Pikirkan kembali tentang meaning life dan manfaat pekerjaanmu

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Ubah Passion Jadi Ladang Bisnisilustrasi merenung (pexels.com/Olha Ruskykh)

Tidak semua orang berhasil mengubah passion menjadi sebuah occupation atau pekerjaan impian versi mereka. Terkadang, keadaanlah yang membuat mereka harus terpaksa melalui jalan yang lebih sulit untuk mewujudkan occupation tersebut.

Hal ini membuat seseorang akan merasa down, terpuruk, bahkan stres karena rencana yang sudah mereka rancang tidak sejalan dengan kenyataan yang mereka hadapi. Ketika kamu sudah melalui dan berada proses ini, artinya harus mencari arti hidupmu.

Pikirkan lagi, hikmah apa yang bisa kamu ambil dari kegagalan itu. Sebab, kegagalan bukan berhenti di tempat, hanya saja suatu keberhasilan yang tertunda. 

Ingatlah, bahwa di setiap lini kehidupan pasti ada saatnya orang itu berada di atas dan di bawah. Nah, kegagalan itu hanya lembah dari perjalananmu menuju puncak. Tidak penting seberapa sering kamu terjatuh dan terpuruk.

Namun, hal yang paling terpenting adalah bagaimana kamu tidak berhenti di tempat dan terus berjalan. Meskipun, kamu tahu di depan sana pasti akan ada lagi rintangan yang menunggu. Intinya, terus berusaha dan renungkan arti hidup bagi dirimu dan orang lain.

5. Lakukan semuanya dengan tulus

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Ubah Passion Jadi Ladang Bisnisilustrasi perawat (pexels.com/Olha Ruskykh)

Pikirkan lagi soal dirimu yang lebih penting dari sekadar apa yang dipikirkan. Di mana gabungan passion dan occupation-mu tadi juga bisa berguna bagi orang lain. Alih-alih bisa bermanfaat bagi orang banyak, kombinasi kedua hal tadi juga bisa sangat membantu orang lain untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka.

Kamu harus selalu percaya bahwa you can do, what you can by everything that you have. Di mana cara tadi bisa didapatkan dengan passionate dalam bentuk pekerjaan. Tentu saja, sebelumnya kamu harus punya mimpi terlebih dahulu agar bisa menemukan passion dalam diri.

Mengembangkan passion agar untuk menjadi pekerjaan impian suatu saat nanti bisa kamu mulai lakukan sejak kini. Selain itu, kamu juga harus bisa kembali berpikir tentang arti hidupmu supaya kombinasi antara dream, passion, dan occupation tadi selaras. Tujuannya, agar kamu bisa menginspirasi, bermanfaat, dan membantu, baik diri sendiri maupun orang lain dalam mewujudkan mimpi-mimpi mereka di masa depan.

Baca Juga: 5 Baik Buruknya kalau Passion Dijadikan Kiblat Hidup

Ines Melia Photo Verified Writer Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya