Comscore Tracker

5 Siasat yang Harus Dimiliki Tatkala Ada Rekan Kerja yang Ambisius

Tetap fokus pada tugas dan tanggung jawabmu, ya

Bukan satu atau dua sifat orang saja yang akan kamu temukan dalam lingkup kerja, melainkan berbagai sifat yang beragam. Salah satu sifat rekan kerja yang kerap ada adalah yang memiliki ambisi tinggi atau ambisius. Untuk menyikapi rekan yang ambisius tersebut, kamu harus tetap memegang teguh 5 siasat ini, ya.

1. Bersikap profesional

5 Siasat yang Harus Dimiliki Tatkala Ada Rekan Kerja yang Ambisiuspixabay.com/Free-Photos

Dalam bekerja kita dituntut bekerja secara profesional, kan? Sudah sewajarnya sih setiap orang yang bekerja di suatu institusi memiliki ambisi, baik itu dalam hal karier, penghasilan, prestasi dan seterusnya. Namun, sikap profesional lah yang menunjukkan bahwa seseorang bekerja dengan kapasitasnya, tidak melakukan hal berlebihan hanya sekadar mengejar ambisi.

Tetap fokus lah dengan lingkup tugas dan tanggung jawab yang diemban. Sekali pun ada rekan kerja yang memiliki ambisi tinggi, tetap lah kamu menjadi diri sendiri dengan bersikap profesional.

2. Kedepankan prestasi

5 Siasat yang Harus Dimiliki Tatkala Ada Rekan Kerja yang Ambisiuspixabay.com/089photoshootings

Setiap perusahaan atau pun institusi memiliki kriteria tertentu dalam memberikan penghargaan bagi para karyawannya. Tentu, untuk meraih penghargaan tersebut dibutuhkan sebuah prestasi. Prestasi pun mendorong seseorang untuk bekerja dengan baik melebihi ekspektasi perusahaan.

Berambisi sah-sah saja. Namun, tetap lah dalam koridor sesuai kapasitas. Dan bukan mengedepankan persaingan, melainkan bekerja lebih baik sesuai koridornya.

3. Menjalani pekerjaan butuh komitmen tinggi dan integritas

5 Siasat yang Harus Dimiliki Tatkala Ada Rekan Kerja yang Ambisiuspixabay.com/StartupStockPhotos

Berkomitmen dalam pekerjaan bukan lah sebuah ambisi. Komitmen merupakan langkah-langkah seseorang dengan pekerjaannya tersebut ke depan. Namun demikian, acap kali komitmen ini berubah menjadi ambisi yang sulit terkontrol dan cenderung mengarahkan dalam persaingan.

Untuk itu, komitmen ini perlu adanya integritas. Seseorang dengan integritas tinggi akan mengedepankan sikap profesionalisme dalam meraih prestasi dengan cara-cara yang positif.

Baca Juga: 5 Jurus Jitu Menyikapi Rekan Kerja yang Bersikap Gak Profesional Lagi

4. Bekerja pun mengemban tanggung jawab besar, lho

5 Siasat yang Harus Dimiliki Tatkala Ada Rekan Kerja yang Ambisiuspixabay.com/StartupStockPhotos

Yups, setiap pekerjaan membutuhkan kemampuan yang tinggi dari pada karyawannya. Untuk itu, setiap perusahaan pun melakukan penyeleksian ketat terlebih dahulu, baik dari segi kemampuan, skill maupun kejiwaan.

Karena setiap pekerjaan yang diemban seseorang itu membutuhkan tanggung jawab besar. Dalam arti, suatu pekerjaan diberikan kepada seseorang karena dia memiliki kemampuan dan kecakapan yang dibutuhkan perusahaan. Berambisi sah-sah saja, tetapi tanggung jawab harus tetap dikedepankan, ya.

5. Ingat lah! Bekerja bukan segalanya dalam hidup ini

5 Siasat yang Harus Dimiliki Tatkala Ada Rekan Kerja yang Ambisiuspixabay.com/janeb13

Jangan terprovokasi, lakukan pekerjaan sebagai wujud tugas dan tanggung jawab kamu terhadap perusahaan. Bersikap profesional dan fokus sesuai kapasitasnya saja. Benar, bahwa bekerja karena untuk mendapatkan penghasilan. Namun, hal itu bukan segalanya dalam hidup ini.

Bukan hanya sebatas 'materi', dengan bekerja kita bisa bersosialisasi baik itu dengan rekan, atasan bahkan bawahan. Dan hal lainnya yg kita dapatkan selama bekerja, yakni pengalaman.

Itulah 5 hal yang mesti tetap kamu terapkan dalam diri meskipun memiliki rekan kerja yang memiliki ambisi tinggi. Berambisi sah-sah saja. Namun, tetap perhatikan lah ruang lingkup kamu di perusahaan tersebut. 

Baca Juga: Bikin Suasana Santai, 5 Manfaat Jalin Persahabatan dengan Rekan Kerja!

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You