Comscore Tracker

5 Dampak Pikiran yang Terjadi Saat Kamu Overthinking dengan Pekerjaan

Jangan biarkan sifat ini menyusahkanmu!

Memiliki sifat overthinking atau berpikir dengan berlebihan merupakan salah satu kegiatan yang acapkali membuat seseorang terus berada dalam kondisi tidak tenang.

Overthinking bisa terjadi dalam situasi apa saja tak terkecuali masalah pekerjaan, namun jangan sampai overthinking menguasai dirimu jika tidak mau lima dampak ini terjadi.

1. Menganggap hasil kerjamu adalah yang terburuk

5 Dampak Pikiran yang Terjadi Saat Kamu Overthinking dengan Pekerjaanpexels.com/kaboompics.com

Seseorang yang memiliki kecenderungan overthinking pada pekerjaan akan dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif seperti tentang hasil kerja. Jika kebanyakan orang akan merasa percaya diri dengan apa yang mereka hasilkan, beberapa orang dengan sifat overthinking akan selalu menganggap bahwa pekerjaannya ialah yang terburuk di antara semua orang.

Hal ini juga akan menjadi celah yang kerap dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab, di mana mereka akan mensugestimu dengan hal-hal buruk sehingga kamu semakin insecure akan pekerjaan tersebut.

2. Berspekulasi bahwa tidak ada yang menginginkanmu

5 Dampak Pikiran yang Terjadi Saat Kamu Overthinking dengan Pekerjaanpexels.com/freestocks.org

Bagi orang biasa saja, berinteraksi dengan pihak-pihak yang kurang ramah, jarang bicara, dan seorang yang tak moody merupakan perkara biasa. Namun hal ini malah bisa disalahartikan oleh para overthinking.

Itu lantaran isi kepala mereka yang selalu dipenuhi oleh pemikiran kemungkinan paling buruk. Bahkan dalam kondisi tertentu, mereka akan berspekulasi bahwa dirinya tidak diinginkan dalam tempat kerja tersebut karena merasa tidak ada yang ramah kepadanya.

Baca Juga: 5 Hal Ini Mampu Melatih Otak Supaya Lebih Fokus, Jangan Overthinking!

3. Menganggap kebaikan orang lain adalah kepalsuan

5 Dampak Pikiran yang Terjadi Saat Kamu Overthinking dengan Pekerjaanpexels.com/PhotoMIX Company

Mewanti-wanti diri sendiri untuk tidak gampang terjebak pujian memang baik diterapkan, namun jangan sampai setiap pujian dari rekan kerja yang memberimu apresiasi dianggap sebagai kepalsuan belaka.

Meski seringkali diselimuti pemikiran buruk, namun menghargai bentuk apresiasi yang diberikan orang lain adalah tindakan bijak. Jangan sesekali bertindak culas atau menuduh yang tidak-tidak sebagai balas dari pujian mereka hanya karena kamu menganggap apa yang mereka katakan itu adalah palsu.

4. Cepat lelah karena pikiran bukan pekerjaan

5 Dampak Pikiran yang Terjadi Saat Kamu Overthinking dengan Pekerjaanpexels.com/Andrew Neel

Dampak lain yang mempengaruhi kamu dalam pekerjaan adalah bahwa rasa lelah akan lebih cepat mendera bukan diakibatkan oleh menumpuknya pekerjaan. Namun karena pikiranmu yang terlalu banyak sehingga tak ada ruang mengistirahatkan diri dengan nyaman dan tenang.

Belajarlah untuk tak acuh dengan menyibukan diri melakukan kegiatan lain sehingga overthinking tidak menyusupi pikiranmu di saat-saat kamu butuh fokus atau istirahat dalam kondisi baik.

5. Kritik sekecil apa pun dianggap kebencian

5 Dampak Pikiran yang Terjadi Saat Kamu Overthinking dengan Pekerjaanpexels.com/Pixabay

Overthinking biasanya akan beranggapan jikalau orang yang memberi kritik merupakan orang yang paling membencinya, tak peduli sehalus dan sekecil apa kritikan tersebut, pikiran bahwa pihak tersebut membencimu akan berkelebat dipikiran sesekali.

Kalau sudah begini, akan sulit bagi kamu untuk mempercayai setiap orang di dunia kerja, karena akan selalu ada alasan mengapa individu lain tak baik buatmu, entah melalui alasan paling masuk akal ataupun dengan mengandalkan insting dari overthinking tersebut.

Itu dia kelima dampak yang terjadi dalam pekerjaan yang diakibatkan dari sikap overthinking yang terus menerus tumbuh dalam kepalamu. Jangan biarkan mereka mengendalikan hidupmu dan membuat kamu bekerja dalam ketidaktenangan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Agar Terhindar dari Kebiasaan Overthinking, Yuk Dicoba!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya