Comscore Tracker

5 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Susah Bangun Pagi

Kerja malem juga bisa lho

Mengatur waktu bangun tidur merupakan aktivitas yang mudah dilakukan bagi mereka yang terbiasa namun sulit dikerjakan bagi sebagian lainnya, akibat dari permasalahan ini seseorang cenderung mengalami berbagai persoalan yang berujung pada terhambatnya produktivitas sehari-hari. Bahkan dalam kondisi tertentu, mengacaukan beragam kegiatan seperti pergi sekolah atau bekerja.

Dalam opsi kedua, orang-orang bahkan berpotensi mengalami kesulitan untuk mendapat pekerjaan karena gak bisa menyesuaikan jam mulai kerja dengan waktu mereka bangun tidur, meski sudah menyetel alarm berkali-kali atau meminta untuk dibangunkan oleh orang terdekat. Oleh sebab itu ada lima tipe pekerjaan yang cocok dengan orang jenis ini, ialah sebagai berikut.

1. Menjadi seorang wirausahawan

5 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Susah Bangun Pagipexels.com/Kaique Rocha

Sebagai pribadi yang cukup sulit untuk mengimbangi rata-rata waktu masuk kerja, seseorang yang sulit bangun pagi memiliki alternatif pekerjaan untuk menjadi seorang wiraswasta yang membuka usaha di banyak bidang.

Dengan beragam kecanggihan teknologi yang ada, membuka usaha bukan sesuatu yang dipersulit lagi apalagi hanya karena alasan dana yang kurang memadai. Sebab saat ini banyak sekali sistem buka usaha yang mengandalkan modal dari pihak eksternal atau menggunakan usaha skala kecil yang mengandalkan sistem dropship, yang mana kamu bisa menjual sebuah barang tanpa mengeluarkan modal terlebih dahulu.

Belum lagi sistem usaha seperti pre-order yang memberlakukan sistem pembayaran down payment atau uang muka agar calon pembeli gak melakukan hit and run. Kamu hanya perlu memanfaatkan kemajuan konsep berbisnis dan jalani dengan sungguh-sungguh agar menuai hasil yang memuaskan.

2. Menjalani profesi sebagai freelancer

5 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Susah Bangun Pagipexels.com/cottonbro

Freenlancer atau pekerja lepas merupakan salah satu profesi populer yang gak mengikat seseorang ke dalam sebuah institusi atau perusahaan tertentu. Sehingga ia bisa bebas menentukan mana pekerjaan yang hendak diambil atau gak.

Jenis profesi ini bukan cuma menguntungkan mereka yang butuh pemasukan dari pekerjaaan sampingan, melainkan cocok pula diapliaksikan pada orang-orang yang gemar bangun siang. Hal ini didasari pada waktu pengerjaan yang dapat dilakukan kapan saja, tanpa berpatokan pada jam masuk kerja. 

Hanya saja sebagai seorang freelancer bertanggung jawab, kamu mesti menyelesaikan tugas tersebut berdasarkan tenggat waktu yang ditentukan dengan revisi berkali-kali apabila customer belum puas akan hasil yang diberikan. Beberapa pekerjaan terkenal yang dapat dilakukan dengan status freelancer ialah penulis konten, pembuat konten, desainer grafis, sampai profesi sebagai data entry.

3. Tergabung dalam suatu project

5 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Susah Bangun Pagipexels.com/fauxels

Selain bekerja sendirian dengan menyematkan profesi freelancer, kamu juga bisa bergabung dalam sebuah usaha kolaboratif yang terbentuk untuk menyelesaikan proyek tertentu. Biasanya sistem kerja seperti ini tergolong lebih fleksibel namun sangat berorientasi pada hasil.

Bagi kamu yang merasa telah memiliki kemampuan mumpuni yang patut diperhitungkan namun terkendala oleh urusan bangun pagi, maka metode pekerjaan semacam ini bisa menjadi sebuah profesi menjanjikan. Meskipun terkadang pendapatan cenderung gak menentu dan memakan banyak tenaga karena harus kebut-kebutan dengan deadline.

Ada beberapa contoh pekerjaan dengan menggunakan sistem project, misalnya proyek pembuatan website, proyek, hingga event organizer di berbagai bagian yang dibutuhkan. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Kerja Sama dengan Rekan Kerja Perfeksionis

4. Menyediakan layanan atau jasa

5 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Susah Bangun Pagipexels.com/Soumil Kumar

Jika ada yang merasa belum percaya diri dalam mengambil langkah menjadi seorang pengusaha, maka untuk memecah permasalahan itu seorang pribadi yang sulit bangun pagi dapat mencoba profesi sebagai penyedia layanan jasa.

Seiring berkembangnya zaman, profesi penyedia jasa menjadi salah satu jalan pintas meraup keuntungan yang banyak dipakai. Bahkan semakin lama jasa-jasa yang tersedia pun semakin nyeleneh hingga bikin melongo. Padahal dulu kita mengenal profesi ini dengan pekerjaan yang itu-itu saja, salah satu contohnya seperti menjahit, memperbaiki alat dapur yang rusak, dan memperbaiki kendaraan. Dengan wawasan yang lebih luas, saat ini layanan jasa merambah pada dunia translator, jasa pengetikan, sampai jasa membuat presentasi.

Namun bagi kamu yang merasa kurang kompeten dalam bidang tersebut, maka ada beberapa layanan nyentrik namun sedang banyak dibutuhkan saat ini. Ialah joki game online. Meski terdengar mengada-ngada, namun profesi ini betulan ada lho! Kamu yang gemar main game ada baiknya mulai menerapkan peribahasa sambil menyelam minum air. Jadi meski waktumu habis untuk main game, namun kamu tetap miliki penghasilan pula.

5. Karyawan shift

5 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Susah Bangun Pagipexels.com/Andrea Piacquadio

Orang yang kesulitan bangun pagi juga memiliki kesempatan untuk berkarir di sebuah perusahaan. Sama seperti orang lain yang pergi ke sebuah institusi untuk mencari pemasukan, tipe yang seperti ini pun mempunyai peluang yang sama asal tepat dan cermat dalam mencari.

Satu-satunya yang membedakan adalah seseorang yang sulit bangun pagi bisa mencari pekerjaan yang memiliki sistem jam masuk kerja bergilir. Di beberapa industri, ada jam masuk bergilir yang dibagi ke dalam tiga tahapan, yakni waktu pagi, siang, dan jam malam. Industri yang menerapkan sistem ini biasanya berada di perusahaan produksi, industri food and beverages, divisi penyedia layanan call center, dan lainnya.

Namun perlu diperhatikan bagi kamu yang kedapatan mengincar pekerjaan dengan shift malam bahwa kesehatan tubuhmu adalah nomor satu. Tanpa itu, pekerjaan gak akan terselesaikan dengan baik. Maka jangan sampai kamu terus-menerus mengorbankan waktu dan mengesampingkan kesehatan, ya.

Nah, itu dia kelima tipe pekerjaan yang cocok buat kamu yang kesulitan bangun pagi dan mengikuti rata-rata jam masuk kerja di perusahaan atau lembaga tertentu, jangan kalah dengan malas dan terus berusaha untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kenyamanan serta kemampuan kamu.

Baca Juga: 5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya Buat Kamu yang Lagi Cari Kerja

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya