Comscore Tracker

5 Tempat Kerja Buat Pemula yang Ampuh Tingkatkan Potensi & Disiplin

Cocok banget untuk para fresh graduate!

Sebagai fresh graduate terutama tingkat sekolah atas, terkadang kita dihadapkan pada pemikiran bahwa lulusan tersebut memiliki mental pekerja yang belum mencukupi. Akan tetapi tahukah kamu bahwa membentuk mental pekerja sebetulnya bisa diasah di mana saja, bahkan tempat kerja yang kamu bangun sendiri di rumah.

Potensi-potensi mengembangkan skill dan kedisiplinan selain datang dari diri sendiri umumnya dipengaruhi oleh lingkungan juga lho, lantas di mana saja tempat bagi pemula untuk mengasah hal-hal tersebut?

1. Hotel

5 Tempat Kerja Buat Pemula yang Ampuh Tingkatkan Potensi & Disiplinunsplash.com/@martenbjork

Hotel menjadi salah satu tempat singgah yang tumbuh pesat terutama di kawasan wisata. Berbagai kelas hadir dengan patokan budget yang bervariasi. Namun tentunya di balik itu semua ada kinerja para pegawai yang menuntut untuk bekerja disiplin dan cermat dalam berbagai hal, terutama dalam bentuk-bentuk pelayanan terhadap customer.

Apalagi jikalau sudah memasuki musim liburan, waktunya mengerahkan segala bentuk skill yang ada untuk menunjukkan bahwa kamu mampu bekerja baik meski dihantui tantangan setiap harinya.

2. Restoran

5 Tempat Kerja Buat Pemula yang Ampuh Tingkatkan Potensi & Disiplinunsplash.com/@rodlong

Restoran menjadi tempat paling sibuk di saat kita sedang leha-leha menunggu makanan. Sebagian restoran menunjukkan dapur mereka secara langsung dan sebagian hanya menyediakan lalu lalang para waiterss dalam pelayanan.

Tentunya menjadi pegawai restoran menuntut para pekerjanya untuk bisa disiplin dan cerdas dalam pengambilan keputusan. Menghadapi tamu yang ramai, pekerjaan overload, hingga komplain customer menjadi jobdesk yang membentuk mental pekerja keras dan tidak mudah goyah.

Baca Juga: Hindari 5 Ekspektasi yang Bisa Bikin Kamu Stres di Tempat Kerja Baru

3. Tempat wisata

5 Tempat Kerja Buat Pemula yang Ampuh Tingkatkan Potensi & Disiplinunsplash.com/@ethanchoover

Ratusan bahkan ribuan orang perhari bisa kamu temui apabila bekerja di sebuah tempat wisata. Lantas mengapa di sini kita bisa meningkatkan skill dan disiplin? Karena setiap hari bertemu orang baru, kita akan selalu dihadapkan pada tantangan-tantangan yang di luar prakiraan pula.

Melakukan rutinitas sebaik-baiknya, sebisa mungkin menghindari kesalahan, membuat pemikiran kita akan jauh lebih terarah dan tidak mudah buang-buang waktu.

4. Minimarket dan supermarket

5 Tempat Kerja Buat Pemula yang Ampuh Tingkatkan Potensi & Disiplinunsplash.com/@hansonluu

Kepiawaian dalam mengelola barang, pemasukan, pengeluaran, dan lainnya di uji di sini. Teliti terhadap pekerjaan dan kehati-hatian menjadi kunci agar dapat terus memotivasi diri untuk bekerja semaksimal mungkin. Penerapan disiplin yang tinggi serta kemampuan untuk melayani costumer dalam satu waktu akan membuat kamu menjadi sosok yang andal dan tahan banting.

5. Online shop

5 Tempat Kerja Buat Pemula yang Ampuh Tingkatkan Potensi & Disiplinunsplash.com/@blakewisz

Meski terdengar sepele, mengelola online shop rupanya dibutuhkan jam terbang dan pengelolaan yang baik. Jika tidak, bukan mustahil bisnis yang baru dirintis akan anjlok dalam hitungan waktu saja. Mulai dari mencari barang, promosi, antar-mengantar, menerima komplain, semua bisa terjadi dan membuat kamu lebih sigap dalam menghadapi berbagai hal.

Itu dia beberapa pekerjaan yang bisa mendukung pengembangan skill maupun nilai disiplin, tentunya bekerja di mana pun jika tidak dibarengi dengan semangat dari diri sendiri maka tidak akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Jadi, mulailah motivasi dirimu untuk terus maju dan jangan mudah tergoda dengan iming-iming kerja santai ya!

Baca Juga: 5 Masalah yang Dihadapi Lulusan Baru kalau Suka Pindah Tempat Kerja

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya