Comscore Tracker

7 Tips Gokil untuk Guru Agar Proses Mengajar Makin Maksimal

#IniBaruGokil Tips berguna untukmu yang berprofesi guru

Sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia, pemerintah mengambil kebijakan di sektor pendidikan, yakni penerapan proses belajar-mengajar secara daring secara nasional. Tentu, para guru dan siswa, harus beradaptasi dengan baik agar proses belajar-mengajar dapat berjalan dengan maksimal meskipun dilakukan melalui virtual.

Nah, bagi kamu para guru yang ingin agar proses mengajar tetap efektif dan MAXimal, kamu bisa menerapkan 7 tips gokil berikut ini.

1. Sebelum proses belajar dimulai, pastikan kamu dan siswa udah siap ya

7 Tips Gokil untuk Guru Agar Proses Mengajar Makin MaksimalIlustrasi menggunakan laptop (pexels.com/Vlada Karpovich)

Kesiapan yang penulis maksud bukan cuman raga dan mental untuk mengajar secara daring, tapi kamu juga harus memastikan bahwa seragam yang kamu dan siswa gunakan sudah benar, buku mata pelajaran dan catatan sudah tersedia, botol minum sudah penuh, absen siap diisi, dan jangan lupa berdoa terlebih dahulu sesuai agama dan keyakinan masing-masing.

Yang gak kalah penting, jangan lupa perangkat pembelajaran kamu juga sudah siap dan dekat dari jangkaun mata ataupun tanganmu. 

2. Ngusir rasa canggung bisa pake cara berikut ini

7 Tips Gokil untuk Guru Agar Proses Mengajar Makin MaksimalIlustrasi belajar (pexels.com/Cliff Boof)

Biar kamu dan siswa gak canggung, kamu bisa mengajak siswa bersama-sama untuk menarik napas dalam-dalam lalu tahan sebentar (jangan kelamaan) lalu hembuskan perlahan. Ulangi langkah ini jika dirasa perlu.

Kamu juga bisa saling sapa dengan siswa, menanyakan kabar, menyanyikan lagu yang relevan dengan mata pelajaran yang kamu ajarkan, atau yel-yel agar kondisi lebih terasa nyaman dan akrab.

3. Pake slide powerpoint pasti lebih gokil dan materi lebih gampang dipahami oleh siswa

7 Tips Gokil untuk Guru Agar Proses Mengajar Makin MaksimalIlustrasi belajar (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Karena proses belajar-mengajar secara daring, tentu pasti keren MAXimal kalo kamu menggunakan slide powerpoint yang ciamik dan terstruktur lengkap dengan poin-poin penting yang akan kamu sampaikan, berkenaan dengan materi pelajaran yang kamu sampaikan.

Tentunya, siswa yang menyimak juga pasti lebih tertarik dan paham tentang apa yg kamu ajarkan karena tampilan sharescreen milikmu terlihat indah serta memuat hal-hal penting yang singkat, padat dan jelas. 

Ingat, haram hukumnya kalimat di powerpoint seperti di word alias kamu copy paste saja. Kamu harus pandai-pandai memilih kata-kata yang mewakili materi pelajaranmu dan buat desain semenarik mungkin dan estetik. Banyak kok template powerpoint di internet yang keren yang bisa kamu gunakan.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Guru Tetap Semangat Mengajar di Masa Pandemik

4. Gak kalah penting, pastikan koneksi internetmu Gokil MAXimal

7 Tips Gokil untuk Guru Agar Proses Mengajar Makin MaksimalSmartfren Gokil Max (dok. pribadi/Irvin Nofrianto Pababe)

Kegiatan belajar-mengajar secara online tentunya membutuhkan koneksi internet yang kencang, stabil dan kuota data internet yang memadai. Jadi, kamu harus pandai-pandai memilih provider internet mana yang bisa kamu andalkan.

Penulis sendiri ketika mengajar secara daring memilih provider internet dari smartfren GOKIL MAX yang memiliki koneksi jaringan 100 persen 4G dengan kuota tersedia sampai 36 GB, ditambah extra kuota sampai 70 GB dengan harga mulai dari 30.000,-  serta dapat mengakses semua aplikasi dan gratis nelpon sepuasanya ke sesama pengguna smartfren.

Adapun jenis paket kuota internet smartfren GOKIL MAX selengkapnya yang bisa kamu pilih adalah sebagai berikut:

  1. Kuota Gokil Max 9 GB dengan rincian 3 GB kuota nasional, 6 GB kuota lokal dan  extra kuota 30 GB berlaku 30 hari dengan harga Rp30.000.
  2. Kuota Gokil Max 21 GB dengan rincian 7 GB kuota nasional, 14 GB kuota lokal dan extra kuota 50 GB dengan harga Rp50.000.
  3. Kuota Gokil Max 36 GB dengan rincian 12 GB kuota nasional, 24 GB kuota lokal dan extra kuota 70 GB dengan harga Rp70.000.
    Kuota lokal dan nasional berlaku 24 jam dan dapat kamu gunakan untuk mengakses semua aplikasi. Extra kuota berlaku pukul 01.00-05.00 WIB dan bisa kamu pakai untuk mengakses semua aplikasi. Semua jenis paket diatas, juga mendapat gratis nelpon sepuasanya lohh ke nomor sesama smartfren.

Wahh, #IniBaruGokil. Kuota sultan harusnya emang gini, harganya tergolong murah dan koneksinya MAXimal banget untuk proses belajar dan mengajar secara daring maupun keperluan lainnya. 

Selama penulis pakai mengajar secara daring di sebuah sekolah di Makassar, jaringan internet smartfren GOKIL MAX tergolong cepat dan stabil meski di dalam ruangan dengan tembok yang tebal.

Jadi ketagihan deh untuk selalu mengandalkan paket internet smartfren Gokil Max karena murah, kuota banyak, kencang, dan stabil.


5. Gak masalah kok jika kamu nyelipin jokes agar suasana belajar-mengajar lebih cair

7 Tips Gokil untuk Guru Agar Proses Mengajar Makin MaksimalIlustrasi ngomong (pexels.com/Tima Miroshnichen)

Agar proses belajar-mengajar gak membosankan, kamu bisa menyelipkan beberapa candaan yang masih dalam batas kewajaran, gak menyinggung SARA, kekinian, dan bisa dipahami oleh siswa. 

Dijamin, siswa pasti lebih suka cara kamu mengajar dan catatan absen milikmu gak agak ada siswa yang alpa.

6. Proses belajar-mengajar yang interaktif itu keren lho. Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau menanggapi

7 Tips Gokil untuk Guru Agar Proses Mengajar Makin MaksimalIlustrasi belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan selalu kamu yang ngomong, coba deh sesekali berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, menanggapi, atau berkomentar. Dorong siswa agar aktif berbicara dalam proses belajar-mengajar. 

Hal ini juga sesuai dengan konsep pembelajaran student center di kurikulum 2013 yang menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran dan sebagai subyek.

7. Siapkan catatan kecil dan evaluasi proses belajar-mengajar hari ini

7 Tips Gokil untuk Guru Agar Proses Mengajar Makin MaksimalIlustrasi menulis (pexels.com/Startup Stock Photo)

Selama proses belajar-belajar mengajar berlangsung, kamu bisa menulis beberapa catatan kecil terkait hal-hal yang bisa kamu perbaiki, yang perlu kamu pertahankan, dan yang masih perlu kamu tingkatkan. 

Selain itu, kamu bisa membuat lalu mengirim formulir online kepada siswa agar mereka dapat memberikan komentar atau tanggapan tentang bagaimana cara kamu mengajar hari ini sehingga bisa menjadi catatan kedepannya.

Namun, pastikan tetap anonim ya. Kamu gak perlu tau nama siswa yang mengisi formulir karena yang penting adalah tanggapan peserta didik. Dengan demikian, siswa juga gak akan merasa khawatir jika formulir tetap bersifat anonim.

Nahh, itu dia 7 tips gokil buat guru agar proses mengajar lebih efektif. Yuk bagikan informasi ini agar guru yang lain bisa mengambil tips dari artikel ini.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Suka Mengajar dan Berbagi Pengalaman

Irvin Pabane Photo Verified Writer Irvin Pabane

Kepala boleh saja melangit, tapi kaki, mata dan tangan harus tetap di bumi. Baca tulisan saya lainnya di linktr.ee/irvinpabane

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya