Comscore Tracker

Gak Selalu Positif, Ini 5 Tanda Kamu Terjebak Toxic Productivity

Apakah kamu mengalaminya? 

Di tengah pandemi yang berlangsung, banyak orang berlomba untuk menjadi produktif. Banyaknya jadwal kosong, membuat orang - orang kembali menyusun jadwal kebiasaan yang sehat, melakukan aktifitas baru, dan mengembangkan potensi diri. Tentunya bersifat produktif membawa banyak manfaat.

Tapi ternyata, jika kamu terlalu produktif juga tidak bagus, lho! Menurut Dr. Julie Smith, ada istilah toxic productivity yang berarti terlalu terobsesi untuk mengembangkan diri secara radikal dan tidak pernah puas dengan apa yang dilakukan. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan mentalmu. Nah apa saja tanda dari toxic productivity?  Yuk,  cek daftar di bawah ini.

1. Selalu terobsesi untuk produktif

Gak Selalu Positif, Ini 5 Tanda Kamu Terjebak Toxic Productivitypixabay.com/JESHOOTS-com

Menjadi produktif memang bagus untuk pengembangan dirimu. Tapi, jika kamu terlalu terobsesi untuk produktif, apalagi sampai mengabaikan lingkungan sekitar, itu juga tidak baik. 

2. Merasa bersalah jika tidak produktif

Gak Selalu Positif, Ini 5 Tanda Kamu Terjebak Toxic Productivityunsplash/NikShuliahin

Rasa bersalah yang muncul ketika kamu merasa tidak cukup produktif juga merupakan tanda dari toxic productivity. Rasa bersalah ini dapat membuatmu stres dan tertekan. Jangan dibiarkan ya! 

3. Ekspetasi terlalu tinggi

Gak Selalu Positif, Ini 5 Tanda Kamu Terjebak Toxic Productivitypixabay.com/Free-Photos

Harus bisa membaca 10 buku dalam seminggu. Harus mencoba 10 resep baru. Harus menguasai 3 bahasa asing baru. Nah, hal - hal seperti ini adalah contoh ekspetasi yang berlebihan. Ingatlah, tubuhmu juga perlu istirahat dan tetapkanlah target yang realistis

4. Tidak pernah puas dengan produktifitas yang sudah dijalani

Gak Selalu Positif, Ini 5 Tanda Kamu Terjebak Toxic Productivitypixabay.com/DanaTentis

Pernah tidak kamu merasa tidak puas meskipun sudah melakukan banyak hal? Rasanya seperti ada yang kurang sehingga mendorongmu untuk melakukan berbagai hal lain yang sebenarnya mungkin tidak perlu. Jika iya, kamu harus segera menyadari bahwa ini sudah termasuk dalam lingkaran toxic productivity ya. Dan ingatlah, kamu sudah melakukan yang terbaik! 

Baca Juga: Cara Menata Ruang Kerja Menurut Fengsui, agar Semakin Produktif!

5. Sulit istirahat

Gak Selalu Positif, Ini 5 Tanda Kamu Terjebak Toxic Productivitypixabay.com/tookapic

Karena ekspetasi yang terlalu tinggi, dan tidak puas dengan segala pencapaian, kamu jadi sulit tidur dan beristirahat. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatanmu. Meski sedang berusaha produktif, kamu tetap perlu istirahat yang cukup ya! 

Nah, itu dia 5 tanda kamu terjebak dalam lingkaran toxic productivity. Apa kamu pernah mengalaminya? 

Baca Juga: 5 Tips Tetap Produktif ketika Kamu Dapat Shift Kerja Malam Hari

Isdianti Rosellini Photo Writer Isdianti Rosellini

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya