Comscore Tracker

5 Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik Saat Wawancara Kerja

Kesan pertama yang baik akan menjadi nilai plus untukmu

Saat melakukan wawancara kerja, kamu akan dinilai dari berbagai aspek. Mulai dari penampilan hingga kemampuan dalam melakukan pekerjaan. Karena itu, penting untuk membuat kesan pertama yang menyenangkan. 

Saat kamu berhasil memberikan kesan pertama yang baik, maka kesempatan diterima bekerja semakin besar. Lalu, bagaimana cara membuat kesan pertama yang baik saat wawancara kerja? Nah, berikut 5 cara yang bisa kamu ikuti.

1. Kenakan pakaian yang rapi dan sesuai

5 Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik Saat Wawancara Kerjapixabay.com/RoyalAnwar

Penampilan adalah hal yang akan menjadi perhatian saat pertama kali kamu datang untuk wawancara kerja. Bukan seberapa cantik atau tampan wajahmu, tapi seberapa pandai kamu memilih busana.

Pilihlah busana yang sesuai dengan pekerjaan. Formal ataupun santai, pastikan kamu berpakaian yang sopan, rapi namun tetap menarik, tidak terlihat kuno dan tidak juga berlebihan. Sesuaikan dengan pekerjaan apa yang akan kamu lakukan supaya memberikan kesan pertama yang menarik bagi orang yang mewawancaraimu.

2. Senyuman yang natural dan berwibawa

5 Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik Saat Wawancara Kerjapixabay.com/rawpixel

Senyuman menjadi daya tarik tersendiri bagi semua orang, begitupula saat wawancara kerja. Penting bagimu untuk datang dengan senyuman yang natural dan berwibawa. Bukan senyuman yang terlalu dibuat-buat dan dipaksakan.

Perlihatkan senyuman terbaikmu, namun jangan berlebihan. Tidak perlu tersenyum sepanjang wawancara, kamu hanya perlu menjaga raut wajah agar tetap terlihat ramah dan antusias dengan pekerjaan.

3. Berikan jabat tangan sempurna

5 Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik Saat Wawancara Kerjapixabay.com/rawpixel

Orang kadang mengukur bagaimana caramu berjabat tangan. Untuk itu, berikan jabatan tangan yang sempurna. Tegas namun tidak kasar. Pastikan kamu tidak membuat pewawancara kaget dengan jabatan yang terlalu keras. 

Jaga dirimu agar tetap tenang supaya kamu tidak berjabat tangan dengan tangan yang gemetaran atau basah oleh keringat. Percayalah, kamu akan terlihat payah hanya karena tidak berjabat tangan dengan baik.

Baca Juga: 5 Sisi Baik yang Bisa Dipetik Saat Tak Kunjung Mendapat Pekerjaan 

4. Perlihatkan bahasa tubuh yang baik

5 Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik Saat Wawancara Kerjapixabay.com/adabara

Bahasa tubuh menggambarkan seberapa siap kamu melakukan wawancara kerja. Bahkan sejak pertama kali datang, kamu harus memperlihatkan bahasa tubuh yang santai, namun percaya diri. 

Berdiri atau duduk dengan tubuh yang tegap. Kamu juga harus menjaga gerakan tanganmu pada saat bicara. Jangan terlalu kaku, gerakkan tanganmu secara natural saat bicara untuk menunjukkan bahasa tubuh yang baik.

5. Kontak mata

5 Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik Saat Wawancara Kerjapixabay.com/rawpixel

Jangan menghindari kontak mata dengan orang yang mewawancaraimu. Ini bisa membuatmu terlihat tidak percaya diri. Pastikan untuk selalu menatap mata pewawancara untuk menunjukkan antusiasme sejak pertama kali berhadapan.

Tatapan mata sejatinya juga bisa menjadi daya tarik dan membuat kesan pertama yang baik. Yang penting, kamu tidak ragu untuk melakukan kontak mata dan menunjukkan seberapa yakin kamu melakukan pekerjaan.

Nah, itulah tadi 5 cara membuat kesan pertama yang baik saat wawancara kerja. Ketika kamu sudah mampu memberikan kesan pertama yang baik, maka kesempatanmu untuk diterima bekerja akan semakin besar.

Baca Juga: 5 Gerakan Tubuh yang Bikin Wawancaramu Gagal Total, Jangan Dilakukan!

Vhiena Lee Photo Community Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You