Comscore Tracker

5 Kerugian yang Bisa Kamu Alami Jika Terlalu Baik dengan Rekan Kerja

Jadilah baik yang sewajarnya, ya!

Menjadi orang dengan kepribadian baik memang tak ada salahnya. Justru sikap baik yang kamu miliki terkadang bisa mendatangkan manfaat. Misalnya kamu akan diterima dengan baik oleh lingkungan di sekitarmu.

Namun sikap baik juga tak melulu benar jika dilakukan secara berlebihan. Pasalnya di era sekarang, bersikap terlalu baik pada rekan kerja terkadang bisa juga memberikan kerugian pada dirimu. Nah berikut beberapa kerugian yang bisa kamu dapatkan akibat sikap baikmu yang terlalu berlebihan.

1. Rekan kerjamu bisa saja memanfaatkan kebaikanmu

5 Kerugian yang Bisa Kamu Alami Jika Terlalu Baik dengan Rekan Kerjapexels.com/Christina Morillo

Setiap orang memiliki sikap yang berbeda. Sehingga kamu tidak bisa menyamakan setiap orang yang akan menerima kebaikanmu. Bisa saja kebaikan yang kamu beri kepadanya akan dimanfaatkan olehnya. Jika kamu sudah terlanjur bersikap terlalu baik padanya maka kamu akan kesulitan untuk tidak berbuat baik kepadanya.

2. Memiliki beban pekerjaan yang lebih banyak

5 Kerugian yang Bisa Kamu Alami Jika Terlalu Baik dengan Rekan Kerjapexels.com/Christina Morillo

Bersikap terlalu baik pada rekan kerja akan membuat dia ketergantungan dengan bantuanmu. Sehingga rekan kerjamu tak akan sungkan untuk meminta bantuan kepadamu, termasuk dalam urusan pekerjaan. Dengan begitu, kamu akan memiliki beban pekerjaan yang lebih banyak di banding dengan yang lain.

3. Kurang dihormati oleh rekan kerjamu

5 Kerugian yang Bisa Kamu Alami Jika Terlalu Baik dengan Rekan Kerjapexels.com/rawpixel.com

Jika kamu terbiasa bersikap terlalu baik pada rekan kerjamu maka mereka cenderung kurang menghormatimu. Karena mereka akan berpikir bahwa sudah sewajarnya kamu berlaku baik kepada semua orang. Sehingga mereka bisa dengan mudah menyepelekanmu dengan tidak mengucapkan 'terima kasih' saat ditolong, sebab bersikap terlalu baik sudah menjadi kebiasaanmu.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mencari Pekerjaan Baru

4. Kualitas pekerjaan akan terganggu

5 Kerugian yang Bisa Kamu Alami Jika Terlalu Baik dengan Rekan Kerjapexels.com/energepic.com

Bersikap terlalu baik kepada rekan kerja bisa membuatmu menjadi orang yang mengesampingkan urusan pekerjaan. Setiap hari pasti kamu akan disibukkan dengan urusan orang lain yang meminta bantuanmu. Dengan begitu, kualitas pekerjaanmu bisa saja terganggu karena fokus kamu terbagi pada hal lain.

5. Saat kamu mengalami kesulitan, biasanya rekan kerja tidak sigap membantumu

5 Kerugian yang Bisa Kamu Alami Jika Terlalu Baik dengan Rekan Kerjapexels.com/rawpixel.com

Orang yang terlalu baik cenderung dicap sebagai sosok yang lemah dan kurang tegas. Sehingga jika kamu meminta bantuan pada rekan kerjamu bisa saja mereka akan menunda untuk membantumu. Sebab mereka akan berpikir bahwa kamu tak akan marah apabila telat dibantu karena kamu sangat baik. Jadi pikiran 'nanti saja dulu' pun tak jadi masalah bagi rekan kerjamu.

Itulah 5 kerugian yang akan kamu dapatkan jika kamu bersikap terlalu baik dengan rekan kerja. Jadi mulailah instropeksi diri dan bersikap baik yang sewajarnya saja tanpa melampaui batas agar kamu bisa disegani oleh rekan kerja.

Baca Juga: 5 Pilihan Pekerjaan yang Cocok Banget Jika Kamu Mudah Bosan

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya