Comscore Tracker

5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapat Jika Bekerja Sebelum Menikah

Bekerja untuk mencari pengalaman gak ada salahnya

Setiap orang tentu memiliki tujuan untuk menikah dengan orang yang dicintainya. Menikah setelah lulus kuliah menjadi dambaan bagi kebanyakan wanita. Pasalnya mereka tidak ingin pusing memikirkan urusan pekerjaan dan ingin menjadi ibu rumah tangga agar fokus mengurus buah hati. Toh, ada suami yang sudah mencari nafkah untuk keluarga. Pasti banyak wanita yang akan berpikir demikian.

Hal seperti itu tidak salah. Namun ketahuilah bekerja sebelum menikah bisa mendatangkan banyak keuntungan bagimu. Berhenti dari pekerjaan setelah menikah pun tak apa asal kamu sudah pernah mecicipi dunia kerja meski tidak lama karena hal itu bisa menjadi bekal untuk masa depanmu. Berikut keuntungan yang bisa kamu peroleh jika memutuskan untuk bekerja dahulu sebelum menikah.

1. Memiliki wawasan yang bertambah luas

5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapat Jika Bekerja Sebelum Menikahunsplash.com/Mimi Thian

Bekerja menuntutmu untuk bertemu dengan banyak orang. Dari berbagai macam kepribadian dan latar belakang yang beragam membuatmu bisa sharing tentang banyak hal. Dengan begitu, pengetahuanmu akan hal lain semakin bertambah. Kamu pun bisa belajar menghargai perbedaan, baik itu perbedaan pendapat, perbedaan watak, perbedaan cara pandang terhadap sesuatu dan berbagai macam perbedaan lainnya. Hal tersebut tentu saja bisa menjadi bekal untukmu dalam membangun rumah tangga nantinya.

2. Penghasilan yang kamu miliki bisa digunakan untuk keperluanmu dan orang-orang yang kamu sayang

5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapat Jika Bekerja Sebelum Menikahunsplash.com/Kevin Delvecchio

Kamu akan merasa bahagia sekaligus bangga saat mampu mendapatkan penghasilan sendiri. Gaji bekerja yang kamu peroleh bisa kamu tabung untuk keperluanmu. Bisa ditabung untuk keperluan pernikahanmu nantinya atau untuk jaga-jaga barangkali suatu saat nanti kamu memiliki keperluan yang mendesak.

Tak hanya itu saja, bekerja sebelum menikah membuatmu memiliki kesempatan untuk membahagiakan orang yang kamu sayang dari penghasilanmu tersebut. Berbagi kebahagiaan bisa dengan cara membelikan barang kesukaan saudaramu dan temanmu, mengajak keluargamu jalan-jalan, atau memberikan sebagian gajimu untuk kedua orang tuamu agar bisa ditabung untuk keperluan mereka.

3. Mendapat banyak relasi dalam dunia kerja

5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapat Jika Bekerja Sebelum Menikahunsplash.com/Brooke Cagle

Menjalin relasi yang luas sangat diperlukan karena bisa mendatangkan banyak manfaat untukmu. Jika dalam dunia kerja, jalinan relasi yang luas bisa membuat pekerjaan menjadi lancar. Tak hanya sampai di situ saja, manfaat dari menjalin relasi pun masih tetap bisa kamu rasakan sampai kamu menikah dan memiliki keluarga.

Bekerja membuatmu berjumpa dengan banyak orang yang tidak kamu kenal sebelumnya. Saat kamu bisa menjalin hubungan baik dengan mereka bisa dipastikan relasimu akan semakin bertambah luas. Dunia kerja bisa mempertemukanmu dengan orang baru yang memiliki keahlian di berbagai macam bidang.

Baca Juga: 7 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Suka Menulis

4. Tantangan di dunia kerja melatihmu agar bisa menyelesaikan setiap masalah keluarga nantinya

5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapat Jika Bekerja Sebelum Menikahpexels.com/bruce mars

Banyak tantangan yang akan kamu hadapi dalam dunia kerja. Seperti mengerjakan suatu hal dengan batasan waktu, atasan yang kerap membuat kesal, memiliki teman satu tim yang kurang berkompeten, merasa lelah jika pekerjaan sangat menumpuk, dan masalah-masalah lainnya. Tantangan tersebut bisa kamu jadikan ajang pelatihan dalam menyikapi sebuah permasalahan sebelum kamu menghadapi masalah yang lebih rumit nantinya setelah menikah. Sehingga kelak kamu tidak akan kaget begitu mengetahui persoalan yang dialami dalam sebuah rumah tangga, karena kamu sudah terlatih menyelesaikan masalah rumit saat masih berkecimpung di dunia kerja.

5. Kelak kamu menjadi orang yang tidak banyak menuntut pada suami

5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapat Jika Bekerja Sebelum Menikahpexels.com/mentatdgt

Kamu yang pernah terjun di dunia kerja pasti akan merasakan beratnya setiap tantangan yang ada. Merintis karier dari bawah bukanlah hal yang mudah. Butuh kerja keras untuk bisa naik ke level yang lebih tinggi. Belum lagi masalah pekerjaan yang menumpuk, masalah dengan teman kerja, atau kehilangan waktu berkumpul dengan orang tersayang karena tuntutan pekerjaan. Sehingga saat menikah kamu akan menjadi istri yang tidak banyak menuntut suami karena kamu tahu persis bagaimana perjuangan yang melelahkan dalam bekerja dan kamu pun tahu bahwa mencari rezeki bukanlah perkara yang mudah karena kamu pernah berada di kondisi tersebut.

Itulah 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu mau berkerja dahulu sebelum memutuskan untuk menikah. Apakah kamu masih tetap ingin buru-buru menikah atau mau menjajal terjun di dunia kerja terlebih dahulu? Semua keputusan ada di tanganmu. Jika kamu memilih untuk menikah tanpa memikirkan karier pun tak masalah. Namun jauh lebih baik jika kamu mau mencoba menggeluti pekerjaan di bidang yang kamu suka. Toh, gak ada ruginya, malah kamu bisa mendapat banyak keuntungan. Sebab semua hal tidak ada yang sia-sia.

Baca Juga: Tanamkan 5 Sifat Ini Sejak Kuliah Agar Terbiasa di Dunia Pekerjaan

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya