Comscore Tracker

5 Tips Jitu Bagi Introvert Agar Betah Kerja di Kantor

Introvert mana suaranya, nih?

Kepribadian introvert cenderung menyukai hal yang damai bukan keramaian layaknya ekstrovert. Orang dengan tipe kepribadian ini akan terlihat lebih senang menyendiri daripada bersosialisasi dengan banyak orang. Sehingga pekerjaan yang cocok dengannya yaitu sebagai freelancer atau merintis bisnis sendiri tanpa melibatkan banyak orang.

Lantas apakah dengan seperti itu seorang introvert tak bisa bekerja di kantor? Pasalnya bekerja di kantor menuntut setiap orang untuk melakukan banyak interaksi, bisa dengan sesama rekan kerja, dengan atasan, maupun dengan masyarakat luas. Tenang saja, berikut ada beberapa tips penting bagi para introvert agar tetap betah bekerja di kantor.

1. Buat suasana kantor senyaman mungkin

5 Tips Jitu Bagi Introvert Agar Betah Kerja di Kantorpexels.com/Product School

Introvert sangat menyukai ketenangan. Untuk membuat introvert betah di lingkungan tempatnya bekerja, maka dia perlu membuat suasana kantornya menjadi nyaman baginya. Bisa dengan menata meja kantornya dengan dihiasi berbagai barang kesukaannya serta aksesoris pelengkap lainnya. Bukan hanya meja kerja saja, tentu introvert juga harus pandai menempatkan diri dengan baik di kantor sehingga kenyamanan itu akan mudah didapatkan.

2. Temukan rekan kerja yang benar-benar enak diajak berkomunikasi

5 Tips Jitu Bagi Introvert Agar Betah Kerja di Kantorpexels.com/CoWomen

Pemiliki karakter introvert adalah sosok yang pendiam. Dia diam bukan berarti tak bisa bergaul. Justru dia pandai bersosialisai namun dengan caranya sendiri, sebab dia tak nyaman jika berada di antara banyak orang. Nah agar si introvert nyaman bekerja di kantor maka dia perlu memiliki teman dekat yang enak diajak diskusi dengannya.

3. Introvert harus mau keluar dari zona nyaman

5 Tips Jitu Bagi Introvert Agar Betah Kerja di Kantorpexels.com/rawpixel.com

Bagi introvert zona nyamannya adalah saat dia bisa menjadi diri sendiri, yaitu saat sendiri, saat dia diam, saat tak melakukan banyak kegiatan. Namun dalam dunia kerja introvert dituntut untuk bisa keluar dari zona nyamannya agar dia mampu menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar. Misalnya melakukan presentasi di kantor, berbicara di depan umum, atau menyalurkan ide saat diskusi.

Baca Juga: 7 Tips Supaya Terus Semangat Menjalani Pekerjaan, Terapin Yuk!

4. Jangan lupa untuk rutin mengasah kemampuan

5 Tips Jitu Bagi Introvert Agar Betah Kerja di Kantorpexels.com/Humphrey Muleba

Setiap individu pasti memiliki kelebihan masing-masing. Jika aktif berbicara bukanlah suatu keahlian bagi karakter introvert maka carilah kemampuan yang lain. Setelah itu, rutinlah dalam mengasah kemampuan tersebut. Sebab dengan kelebihan itu, si introvert akan muncul di lingkungan tempatnya bekerja. Bakatnya tersebut bisa saja yang membuatnya sukses di kantor, lho.

5. Isi waktu luang dengan me time

5 Tips Jitu Bagi Introvert Agar Betah Kerja di Kantorpexels.com/Christina Morillo

Meski sibuk dengan berbagai pekerjaan kantor, orang yang berkepribadian introvert tetap perlu meluangkan waktu untuk menjalani me time. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan penat dengan cara kembali kepada apa yang introvert sukai, yaitu kesendirian. Dengan begitu, introvert akan tetap nyaman bekerja.

Itulah 5 tips jitu untuk introvert agar betah bekerja di kantor. Bagaimana? Mudah, bukan? Yuk segera terapkan agar kamu yang introvert tidak pindah tempat kerja terus-menerus. Semoga membantu!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Resign dari Pekerjaanmu

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya