Comscore Tracker

Ini 5 Manfaat yang Kamu Dapat Saat Lamaran Kerja Ditolak

Tetap semangat, ya!

Setiap orang tentu menginginkan pekerjaan yang layak. Persaingan dalam mencari pekerjaan pun tak mudah. Pasalnya, tak hanya kemampuan diri saja yang dinilai, tingkah laku dan kemampuan berkomunikasi pun menjadi pertimbangan saat kamu akan melamar pekerjaan. Belum lagi sekarang banyak pekerjaan yang memberikan persyaratan mengenai batas minimal pendidikan.

Jangan patah semangat jika kamu mengalami penolakan saat melamar kerja. Kamu hanya belum beruntung saja dan perlu mengasah lagi kemampuan diri. Karena bukan hanya kamu saja yang pernah mengalami kegagalan, semua orang pasti pernah merasakan penolakan saat melamar kerja.

Namun, kamu harus tahu bahwa di dalam penolakan tersebut ternyata ada beberapa hal positif yang bisa kamu dapatkan seperti berikut.

1. Membuatmu menjadi pribadi yang lebih kuat

Ini 5 Manfaat yang Kamu Dapat Saat Lamaran Kerja Ditolakunsplash.com/Flavio Gasperini

Merasakan penolakan kerja untuk pertama kali tentu pernah dialami oleh setiap orang. Namun kamu jangan pernah merasa patah semangat saat mengalami hal tersebut lebih dari sekali. Coba lagi hingga akhirnya kamu berhasil mendapat pekerjaan yang diimpikan. Karena dengan proses yang tidak mudah bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih kuat lagi dari sebelumnya.

2. Penolakan membuatmu menghargai sebuah proses

Ini 5 Manfaat yang Kamu Dapat Saat Lamaran Kerja Ditolakunsplash.com/Alexandra Kirr

Untuk mendapat pekerjaan memang bukan hal yang mudah. Tentu kamu harus melewati proses demi proses untuk mencapai pada titik puncak. Proses melamar pekerjaan, interview, ditolak oleh perusahaan, hingga proses saat kamu belajar untuk bangkit dan mau mencoba terus-menerus.

Pada akhirnya kamu tahu bahwa penolakan yang kamu alami bisa membuatmu lebih menghargai sebuah proses. Proses yang telah kamu alami tersebut bisa membuktikan kesungguhanmu. Proses itu pun bisa memberikan kamu banyak pelajaran berharga yang akan berguna nantinya di kehidupanmu mendatang.

3. Menjadi tahu dimana kelemahan dan kelebihanmu

Ini 5 Manfaat yang Kamu Dapat Saat Lamaran Kerja Ditolakunsplash.com/Thomas Mowe

Jangan merasa sedih saat kamu menerima penolakan berkali-kali oleh beberapa perusahaan saat melamar pekerjaan. Penolakan tersebut tentu membuatmu belajar dari kesalahan. Sehingga kamu akan melakukan introspeksi diri. Dengan introspeksi kamu bisa tahu di mana letak kekurangan dan kelebihanmu. Sehingga kamu akan berusaha untuk meningkatkan kekurangan tersebut. Tanpa penolakan dan kegagalan, maka kamu jarang mengoreksi diri sendiri karena merasa sudah mampu.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luang

4. Mengajarimu arti keikhlasan

Ini 5 Manfaat yang Kamu Dapat Saat Lamaran Kerja Ditolakunsplash.com/Larm Rmah

Setiap kegagalan tentu memberikan pelajaran berharga. Salah satunya membuatmu belajar untuk ikhlas dengan kenyataan yang tak sesuai dengan harapan. Meski terkadang sulit untuk menerima, tetapi percayalah bahwa itu adalah yang terbaik untukmu. Ikhlaskanlah dan mencoba untuk berusaha lagi, sebab tak ada usaha yang berakhir sia-sia.

5. Berusaha maksimal saat sudah mendapatkan pekerjaan nantinya

Ini 5 Manfaat yang Kamu Dapat Saat Lamaran Kerja Ditolakunsplash.com/Paige Cody

Proses penolakan lamaran kerja yang sering kamu alami membuatmu mendapat manfaat lainnya seperti poin kelima ini. Jika nantinya kamu sudah berhasil mendapatkan pekerjaan tentu kamu akan berusaha sekuat tenaga agar bisa maksimal di berbagai pekerjaanmu. Karena kamu sadar bahwa untuk mendapatkannya perlu pengorbanan dan harus melewati perjalanan yang tak mudah. Sehingga kamu tak akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Itulah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan saat lamaran kerjamu ditolak. Tetap tenang dan jangan putus asa. Sebab semua hal ada hikmahnya.

Meski kamu belum menemukan pekerjaan, setidaknya kamu bisa mendapatkan beberapa pelajaran berharga dari penolakan yang kamu dapatkan. Tetap semangat mengejar mimpimu!

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Sudah Bosan dengan Pekerjaan & Harus Segera Resign

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You