Comscore Tracker

5 Alasan Bekerja Gak Sesuai Passion Tak Selamanya Buruk, Wajib Tahu!

Baik atau tidak, tergantung dari caramu melihat sisi positif

Menjalani kehidupan yang bukan menjadi pilihanmu memang sangat berat. Memilih bekerja pada bidang yang bukan kamu banget juga pasti tidak mudah.

Namun, terkadang banyak hal yang tersembunyi dari skenario takdir. Bisa jadi, banyak hal istimewa dari ketentuan Tuhan yang membawamu pada hal yang justru tidak kamu sukai. Berikut ini lima alasan bekerja gak sesuai passion tak selamanya buruk untukmu.

1. Kamu masih lebih beruntung dibandingkan banyak orang

5 Alasan Bekerja Gak Sesuai Passion Tak Selamanya Buruk, Wajib Tahu!ilustrasi merenung (pixabay.com/Barbara Bonanno)

Kamu gak bekerja sesuai keinginanmu, tapi punya penghasilan. Jika kamu bandingkan dengan mereka yang bersusah payah hanya untuk mendapatkan pekerjaan, menahan lapar dan terlantar di jalan? Kamu jauh lebih beruntung, bukan?

Hidup tidak bisa hanya berdasarkan suka atau tidak suka. Namun, bagaimana kamu bisa bersyukur atau tidak. Sebab, masih banyak orang yang hidupnya jauh lebih menderita daripada kamu.

2. Kamu bisa menambah pengalaman baru

5 Alasan Bekerja Gak Sesuai Passion Tak Selamanya Buruk, Wajib Tahu!ilustrasi diskusi (pexels.com/Christina Morillo)

Bekerja pada bidang yang kamu tidak sukai bisa menjadi tempat untukmu belajar pengalaman baru. Kamu tidak menyukainya, tapi jika menjalani prosesnya, jelas kamu akan mendapatkan banyak hal positif di dalamnya.

Kamu akan menemukan jalan yang berduri jika menumbuhkan duri dalam pikiranmu. Sebaliknya, jika kamu menumbuhkan taman indah, maka akan ada banyak keindahan yang kamu temui di dalamnya.

Baca Juga: Tak Selalu Passion, 5 Alasan Kamu Gak Boleh Buru-buru Tolak Pekerjaan

3. Tidak kamu sukai, gak berarti tidak baik untukmu

5 Alasan Bekerja Gak Sesuai Passion Tak Selamanya Buruk, Wajib Tahu!ilustrasi suasana bekerja (pexels.com/Jack Sparrow)

Menjalani sesuatu yang tak disukai, tidak akan pernah mendatangkan ketenangan. Namun itu gak berarti, jika hal itu tak baik untuk kehidupanmu.

Belajar menerima dan melihat sisi positif dari pilihan Tuhan akan jauh lebih membuatmu bertumbuh semakin baik. Dibandingkan kamu menghabiskan waktu dengan menyesali dan meratapi sesuatu yang memang gak bisa kamu ubah, kan?

4. Waktu belajar untuk momen terbaik

5 Alasan Bekerja Gak Sesuai Passion Tak Selamanya Buruk, Wajib Tahu!ilustrasi sedang bekerja (pexels.com/Ron Lach)

Jika saat ini sedang terpaksa menjalani kehidupan yang gak sesuai keinginan, kamu bisa jadi ini momen terbaik untuk belajar. Ini waktu terbaik untuk menambah kualitas dan keterampilan kamu.

Belajar hal baru bisa mendukungmu dan menambah portofolio kamu. Bisa jadi dengan pengalaman ini, kamu justru lebih dekat dengan semua impian kamu.

5. Menambah relasi untuk pengembangan jaringan kerja

5 Alasan Bekerja Gak Sesuai Passion Tak Selamanya Buruk, Wajib Tahu!ilustrasi suasana diskusi (pexels.com/Edmond Dantès)

Selalu ada hikmah dan sisi positif dalam setiap takdir yang hadir untukmu. Jika pekerjaanmu saat ini belum sepenuhnya membuatmu nyaman, mengambil sisi positif adalah cara terbaik untuk membuat waktumu gak terbuang percuma.

Menjalani pekerjaan saat ini dengan ketulusan dan banyak kompromi, kamu bisa menemukan banyak hal baik. Kamu bisa menemukan banyak rekan-rekan baru yang sangat penting untuk perjalananmu menuju impianmu.

Bekerja gak sesuai passion, tak berarti kamu tidak bisa bahagia. Banyak hal positif yang bisa kamu temukan di sana. Semoga lima alasan yang diuraikan di atas bisa menjadi penyemangat untukmu untuk lebih menerima dan bersyukur atas semua yang telah Tuhan berikan saat ini.

Baca Juga: Kerja Sesuai Passion, 5 Langkah Menentukan Karier untuk Millennial

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya