Comscore Tracker

Dapat Tawaran Kerja? Ini 7 Benefit yang Harus Kamu Pertimbangan

#ANGPOIN Jangan cuma lihat gaji, ya

Saat melakukan negosiasi gaji atau mendiskusikan tawaran kerja, ada berbagai macam hal yang bisa kamu tanyakan ke HRD, salah satunya adalah benefit yang bisa diberikan oleh perusahaan. Tentunya ini di luar gaji pokok, ya.

Benefit di sini tak sekadar rencana perawatan kesehatan, meskipun ini adalah benefit utama dalam sebuah penawaran kerja yang baik. Ada beberapa kategori benefit secara umum yang bisa kamu tanyakan dan minta ke perusahaan. Tentunya, kamu juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi.

Yuk, cek benefit apa saja yang disediakan oleh berbagai perusahaan dalam menunjang kebutuhan karyawannya berikut ini.

1. Fleksibilitas dalam bekerja

Dapat Tawaran Kerja? Ini 7 Benefit yang Harus Kamu PertimbanganUnsplash/steinart

Fleksibilitas dalam bekerja menjadi salah satu benefit yang saat ini sedang gencar dilakukan perusahaan-perusahaan modern. Tujuannya demi menunjang work-life balance para karyawannya.

Fleksibilitas di sini termasuk pula jam kerja yang fleksibel, fleksibilitas untuk bekerja dari rumah, atau dari coworking space, kafe, atau perpustakaan. Gak jarang sebuah perusahaan juga menyediakan layanan penitipan anak.

Bahkan ada juga perusahaan yang memberi benefit untuk membawa hewan peliharaan ke kantor, loh. Tentu yang terakhir ini sangat menyenangkan bagi kamu yang selalu khawatir jika meninggalkan hewan peliharaan sendirian di rumah.

2. Makan siang atau sarapan gratis

Dapat Tawaran Kerja? Ini 7 Benefit yang Harus Kamu Pertimbanganunsplash.com/saileyas

Makan siang, sarapan, camilan, atau minuman gratis sudah menjadi opsi utama bagi banyak perusahaan untuk mendukung efektivitas kerja karyawan. Bagaimana tidak? Saat jam makan siang atau saat rasa lapar dan haus muncul, karyawan tidak perlu ambil pusing untuk membeli makanan; keluar kantor untuk mencari es kopi; atau menghabiskan waktu yang lama untuk memilih camilan di aplikasi pesan-antar makanan.

Ini karena kantor sudah menyediakannya sebagai salah satu benefit untuk karyawan. Jika perusahaan menyediakan benefit ini, tentu kamu gak perlu keluar uang lagi.

3. Tunjangan kesehatan dan kesejahteraan

Dapat Tawaran Kerja? Ini 7 Benefit yang Harus Kamu Pertimbanganunsplash.com/chuttersnap

Tunjangan kesehatan dan kesejahteraan gak hanya sebatas cakupan BPJS dan asuransi aja, loh. Kamu perlu mempertimbangkan lebih.

Di beberapa perusahaan, tunjangan ini juga meliputi perawatan kesehatan tertentu, seperti perawatan gigi dan penglihatan, hari libur, cuti, izin sakit atau pemeriksaan kesehatan, sakit jangka pendek dan jangka panjang, pengeluaran dana kesehatan yang fleksibel, cuti hamil, cuti haid, hingga cuti melahirkan.

Semua hal di atas bisa kamu tanyakan saat nego gaji. Itu agar kamu tidak mengalami kesulitan atau kerugian di kemudian hari.

Baca Juga: Pilih Berkarier di Perusahaan Asuransi, Baca 5 Tips Sukses Ini

4. Benefit jangka panjang

Dapat Tawaran Kerja? Ini 7 Benefit yang Harus Kamu Pertimbanganunsplash.com/helloquence

Bagi kamu yang menginginkan pekerjaan dengan stabilitas yang tinggi dan berencana untuk loyal dengan perusahaan tempatmu bekerja, manfaat jangka panjang patut diperhitungkan.

Manfaat jangka panjang di sini termasuk rencana program pensiun, rencana asuransi jiwa, dan opsi saham atau rencana pembelian saham perusahaan. Karena kamu sudah berencana untuk mengembangkan karier di perusahaan tersebut, tidak ada salahnya untuk menanyakan hal ini saat proses rekrutmen.

5. Pelatihan dan alat penunjang kerja

Dapat Tawaran Kerja? Ini 7 Benefit yang Harus Kamu Pertimbanganunsplash/ewan121

Pelatihan dan alat merupakan hal penting yang perlu ditanyakan saat negosiasi pekerjaan. Bahkan bisa kamu lakukan saat melakukan wawancara kerja. Untuk alat, misalnya smartphone, laptop, atau tablet. Sementara untuk pelatihan berupa konferensi, seminar, workshop, dan kelas pelatihan tertentu.

Tanyakan juga pada pihak perusahaan apakah mereka akan mendukung kamu jika mengikuti pelatihan di luar perusahaan, meskipun itu di hari kerja.

6. Keuntungan untuk menggunakan fasilitas di industri tertentu

Dapat Tawaran Kerja? Ini 7 Benefit yang Harus Kamu Pertimbanganunsplash.com/nicolegeri

Keuntungan untuk menggunakan fasilitas di industri tertentu dapat mencakup hampir semua lini, seperti perjalanan gratis di perusahaan travel, diskon barang dagangan di perusahaan ritel, atau harga khusus di perusahaan mobil. Umumnya benefit ini diberikan oleh perusahaan yang telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan tersebut.

7. Tunjangan relokasi bagi karyawan

Dapat Tawaran Kerja? Ini 7 Benefit yang Harus Kamu Pertimbanganunsplash.com/andrewtneel

Tunjangan relokasi dapat mencakup bantuan sewa tempat tinggal, biaya pemindahan, dan perjalanan ke tempat karyawan akan pindah. Tunjangan ini bisa berlaku untuk karyawan baru, bahkan karyawan lama.

Tidak semua dari tujuh benefit yang disebutkan di atas bisa serta-merta kamu dapatkan saat bekerja di sebuah perusahaan. Itu karena benefit yang diberikan tiap perusahaan tentu berbeda-beda. Beruntunglah jika kamu bisa mendapatkan semuanya dalam satu paket.

Nah, dalam negosiasi benefit ini, sebaiknya sesuaikan dengan pengalaman, tujuan, dan kebutuhanmu. Perusahaan yang progresif akan menyediakan berbagai benefit yang mampu mencakup berbagai generasi.

Jika perusahaan tidak menawarkan manfaat yang kamu pertimbangkan saat negosiasi kerja atau mereka tidak mau membahasnya, ini adalah pertanda bahwa prioritas dan nilai yang kamu emban tidak selaras dengan nilai perusahaan.

Baca Juga: Berikut 7 Tips Jeli Memilih Asuransi Berkonsep Unit Link

jcnd Photo Community Writer jcnd

thalitajacinda.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You