Comscore Tracker

Jangan Kendor, Lakukan 5 Hal Ini Saat Mencari Kerja

Jangan cepat puas dan menyerah, ya

Para lulusan SMK atau kuliah, selalu berbondong-bondong mencari lowongan pekerjaan. Dari mulai instansi swasta, negeri hingga multinasional. Namun mencari pekerjaan memang tidak semudah itu. Bahkan lulusan terbaik pun kadang sulit mendapat pekerjaan.

Tapi jangan jadikan itu alasan untuk menyerah, ya. Justru jadikanlah ini semangat belajar agar kamu bisa menjadi lebih baik lagi, ya. Nah, biar makin semangat, yuk coba lima hal di bawah ini. Siapa tahu HRD melirikmu! 

1. Perbaiki CV dan etika melamar kerja

Jangan Kendor, Lakukan 5 Hal Ini Saat Mencari Kerjapexels.com/cottonbro [Melamar Kerja]

CV (Curriculum Vitae) biasanya berisi data pribadi terkait pendidikan, bakat, hingga pekerjaan terakhir untuk melamar kerja. Saat mencari pegawai baru, perusahaan akan lebih mudah menyaring pelamar karena membaca latar belakang pelamar lewat CV. Namun, kini ada banyak sekali jenis CV, lho. Bahkan beda perusahaan pun bisa berbeda pula jenis CV yang diminta. Jadi, kamu harus perhatikan baik-baik, ya. Ada yang meminta CV dengan format kreatif, ATS, berbahasa Inggris, dan lain-lain. 

Maka dari itu, kamu harus rajin explore dan mencari tahu format CV seperti apa yang benar, baik dan sopan. Apalagi kini mengirim lamaran kerja bisa lewat berbagai cara. Entah itu e-mail, pos, aplikasi chatting, bahkan datang langsung ke kantor. Nah, ini pun harus kamu pelajari, ya. Karena melamar dan mengirim berkas ada etikanya, lho.

2. Terus mencari lowongan kerja

Jangan Kendor, Lakukan 5 Hal Ini Saat Mencari Kerja[ilustrasi produktif] Pexels.com/Gustavo Fring

Kalau kamu masih belum mendapat panggilan kerja, jangan hanya menunggu saja. Teruslah mencari lowongan kerja dan mendaftar sampai kamu dapat panggilan. Apalagi dengan kemudahan sosial media, kamu kini lebih mudah mencari info lowongan, lho. Bahkan kini ada aplikasinya juga! Daripada hanya diam, mending manfaatkan waktumu untuk mencari lowongan, deh! 

Karena semakin sering kamu mencari dan mendaftar, akan semakin besar juga peluangmu untuk diterima. So, jangan pantang menyerah, ya! 

Baca Juga: 5 Tips Mencari Kerja sebelum Lulus Kuliah, Curi Start yuk!

3. Perkuat relasi

Jangan Kendor, Lakukan 5 Hal Ini Saat Mencari Kerjabertemu klien [Pexels.com/George Milton]

Punya banyak relasi adalah privilege yang gak semua orang punya, lho. Kamu bisa memiliki ini dengan usaha dan coba terbuka dengan orang baru. Misal, sambil menunggu panggilan kerja, kamu bisa coba magang terlebih dahulu untuk dapat pengalaman. Tapi tidak hanya sekadar magang saja, ya. Cobalah untuk terbuka dengan mereka dan tunjukkan bahwa kamu bisa diajak kerja sama lagi suatu hari nanti. 

Ini gak menutup kemungkinan lho, perusahaan tersebut akan mengajakmu jika ada proyek atau freelance yang cocok denganmu suatu hari nanti. Inilah yang disebut relasi. Kamu punya banyak kenalan di dunia kerja yang saling menguntungkan satu sama lain. Gimana? Seru, kan?

4. Perbanyak ikut kelas atau seminar

Jangan Kendor, Lakukan 5 Hal Ini Saat Mencari Kerja[ilustrasi belajar bersama] Pexels.com/Monstera

Ingat, dalam mencari pekerjaan janganlah cepat menyerah. Apalagi kalau kamu fresh graduate atau baru lulus. Ibarat anak bayi baru lahir, pasti masih perlu belajar banyak hal agar bisa bertahan hidup di dunia. Begitu juga di dunia kerja, guys

Manfaatkan waktu senggangmu dengan ikut seminar atau pelatihan yang kamu suka. Kamu boleh juga kok mengikuti kursus di luar jurusan kuliahmu. Apalagi sekarang sudah banyak kursus lewat online bahkan ada pula yang gratis. Jadi, jangan sampai waktumu malah terbuang sia-sia, ya!

5. Perbaiki soft skill

Jangan Kendor, Lakukan 5 Hal Ini Saat Mencari KerjaBekerja di Kantor. [Pexels.com/Alexander Suhorucov]

Soft skill adalah bakat yang biasanya dikaitkan dengan lingkungan bersosial. Misal seperti kemampuan berkomunikasi, sopan santun, disiplin, hingga etos kerja. Tentunya hal ini hampir tidak ada sekolah atau kursus secara khusus. Tapi kamu harus mengasahnya sendiri. Kamu bisa baca buku self improvement, belajar disiplin sendiri, hingga mencoba magang terlebih dahulu. 

Ada banyak aspek dalam dunia kerja yang kadang tidak kita pahami itu wajar kok. Perbanyaklah membaca buku, artikel atau konten tentang pekerjaan agar kamu bisa memahami dunia kerja lebih dalam lagi. Gak ada waktu yang pasti seseorang mendapat panggilan kerja. Jadi, kamu harus terus semangat dan diiringi dengan berdoa, ya! Semangat! 

Baca Juga: Persiapkan 5 Hal Ini Jika Ingin Melamar di Perusahaan Top, Semangat!

Juliettt Aff Photo Verified Writer Juliettt Aff

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya