Comscore Tracker

Mau Interview Pekerjaan? Ini 5 Hal yang Tak Patut Kamu Lakukan

Mau interview pekerjaan? Persiapkan dengan matang ya

Interview pekerjaan lebih menentukan nasib kamu daripada CV, oleh karena itu persiapkanlah dengan matang. Hindari kesalahan-kesalahan kecil dan jangan segan menunjukkan kelebihan diri kamu. Di bawah ini lima hal yang tak patut kamu lakukan saat interview pekerjaan.

1. Mempertanyakan tunjangan

Mau Interview Pekerjaan? Ini 5 Hal yang Tak Patut Kamu Lakukanunsplash.com/Charles Deluvio

Mempertanyakan tunjangan sebetulnya boleh-boleh saja asalkan kamu sudah jelas diterima bekerja di perusahaan itu. Tapi jangan sesekali mencoba mempertanyakannya jika masih dalam tahap interview, apalagi yang pertama kali.

2. Hindari kesan seperti mengemis

Mau Interview Pekerjaan? Ini 5 Hal yang Tak Patut Kamu Lakukanpexels.com/rawpixel

"Saya mohon sekali untuk diterima di perusahaan ini," itu adalah contoh kalimat yang bisa dibilang merendahkan harga diri bahkan menandakan keputusasaan. Kamu tetap harus bersikap percaya diri dan jangan jual murah. Yakinlah bahwa kamu memang pantas diterima bekerja di situ, tapi juga jangan percaya diri berlebihan.

Baca Juga: 5 Cara Introvert Menghilangkan Grogi Saat Interview Kerja

3. Bergumam

Mau Interview Pekerjaan? Ini 5 Hal yang Tak Patut Kamu Lakukanpexels.com/rawpixel

Bergumam "emmm" dan lain sebagainya, menandakan grogi bahkan sebetulnya kamu belum siap diinterview. Kamu harus belajar bersikap tenang ketika menjawab pertanyaan dari interviewer. Jelaskan dengan jelas dan lugas, tidak terlalu cepat dan mudah dipahami.

4. Berkata kurang sopan bila diberi pertanyaan yang sama berulang

Mau Interview Pekerjaan? Ini 5 Hal yang Tak Patut Kamu Lakukanpexels.com/rawpixel

"Seperti yang tadi sudah saya katakan" atau "Seperti yang sudah saya bilang tadi" kata-kata seperti itu seolah menandakan kamu mudah kesal dan kurang sabar. Padahal ingat, kamu baru di tahap interview.

Bagaimana jika nanti kamu sudah bekerja sedangkan kamu bersikap seperti itu. Pihak perusahaan tentu mempertimbangkan sebaik mungkin mana calon karyawan yang akan dipilihnya, karena berpengaruh pada masa depan perusahaan sendiri.

5. Tidak bertanya saat diberi kesempatan bertanya

Mau Interview Pekerjaan? Ini 5 Hal yang Tak Patut Kamu LakukanPexels.com

Dengan bertanya maka kamu akan dianggap serius dan bersemangat mencari kerja. Pelajari dulu apa-apa tentang perusahaan yang kamu lamar. Dengan bertanya, maka kamu akan dianggap memiliki rasa ingin tahu yang tinggi atas perusahaan tersebut. 

Berikan kesan terbaik di interview kamu ya, supaya peluang kamu diterima bekerja terbuka lebar. Semoga berhasil!

Baca Juga: 7 Pantangan Saat Kamu Akan Interview Kerja, Jangan Dilakukan!

Keep Smile Photo Verified Writer Keep Smile

Cintai keahlianmu, alirkan kebaikan dari situ | IG: jihansyehar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya