Comscore Tracker

Kamu Sering Pindah Sekolah? Ini Trik Gampang Langsung dapat Teman

#EdFunFact: Dijamin manjur deh...

Sekolah merupakan tempat untuk menimba ilmu. Sekolah juga dapat menjadi tempat bagi kamu untuk bertemu dengan teman-teman yang berasal dari daerah yang berbeda-beda. Bagi beberapa pelajar, berpindah-pindah sekolah merupakan hal yang biasa. Mungkin bisa saja disebabkan karena orang tua yang sedang pindah tugas, atau mungkin karena keadaan yang memaksa untuk pindah sekolah.

Buat kamu yang sering pindah sekolah, pasti jengkel rasanya bila kamu harus meninggalkan teman-teman lamamu dan harus menyesuaikan diri di sekolah yang baru. Tidak seorangpun dari kamu yang mau pindah-pindah sekolah bukan? Nah, untuk memudahkan kamu dalam menyesuaikan diri dengan teman-teman di sekolah barumu, bacalah uraian berikut ini.

1. Tampilkan ekspresi yang ceria

Kamu Sering Pindah Sekolah? Ini Trik Gampang Langsung dapat Temanfreepik.com

Bila kamu ingin dengan mudah mendapatkan teman di sekolah barumu, hal pertama yang harus kamu lakukan pada saat menginjakkan kakimu di sekolah barumu adalah dengan memasang ekspresi wajah yang ceria. Kamu pasti tidak ingin orang-orang di sekolah barumu menganggap kamu aneh karena ekspresi kamu terlihat seperti zombie. Mereka akan lebih mudah untuk menerimamu apabila mereka melihat kamu selalu tersenyum dan ceria. Hal tersebut sangat penting agar kamu dianggap sebagai orang yang baik, mudah tersenyum, dan ceria.

2. Jangan seperti robot

Kamu Sering Pindah Sekolah? Ini Trik Gampang Langsung dapat Temanieee-ras.org

Pada saat kamu memperkenalkan diri di depan kelas barumu, sebaiknya kamu jangan seperti orang yang kaku. Bergeraklah seperti biasanya (fleksibel), jangan terlihat seperti robot. Usahakan juga jangan malu-malu menyebutkan data diri kamu pada saat berada di depan kelas agar orang-orang di kelas barumu dapat lebih mudah mengenalimu. Jika kamu terus berperilaku seperti robot, kamu hanya akan diasingkan dari kelas barumu karena dianggap seperti orang yang aneh.

3. Jangan menunggu untuk diperkenalkan

Kamu Sering Pindah Sekolah? Ini Trik Gampang Langsung dapat Temanme.me

Apabila kamu baru bergabung di sekolah barumu, maka kamulah yang harus menyesuaikan diri. Kamu yang harus memiliki inisiatif dan keberanian untuk berkenalan dengan setiap orang di kelas barumu. Orang-orang di kelas barumu tidak akan mau untuk memulai perkenalan denganmu karena mereka sudah punya banyak teman. Jadi, bila kamu ingin mendapat teman, jadilah pemberani dan jangan ragu, malu, atau gengsi untuk memulai perkenalan. Mungkin saja dengan hanya mengatakan "hai!", suatu saat kamu akan punya sahabat yang sangat setia kepadamu.

4. Bersikap terbuka

Kamu Sering Pindah Sekolah? Ini Trik Gampang Langsung dapat TemanUnsplash.com/elijahodonell

Bersikap terbuka dan mau menerima suasana baru menjadi hal yang juga penting untuk dapat mempermudah kamu dalam mendapatkan teman di sekolah barumu. Bagaimana mungkin kamu akan diterima bila kamu terus saja menolak orang-orang di kelas barumu dengan berbagai alasan. Bersikap terbuka juga bukan berarti kamu harus mengikuti segala hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang di kelas barumu, seperti malas belajar, tidak mengerjakan tugas, bermain game pada saat belajar, dll. Kamu diharuskan bersikap terbuka namun juga harus bersikap selektif agar kamu tidak mudah dipengaruhi oleh lingkungan.

5. Dekati teman se-gender

Kamu Sering Pindah Sekolah? Ini Trik Gampang Langsung dapat TemanPexel.com/rawpixel.com

Mendekati teman se-gender juga merupakan cara manjur jika kamu ingin mendapatkan teman dalam sekejap. Bila kamu sudah mendapatkan seorang teman yang se-gender dengan kamu, maka ia tentu saja akan memperkenalkan kamu dengan teman-temannya yang lain, sehingga kamu juga akan mendapatkan banyak teman.Tidak masalah apabila kamu ingin berteman dengan yang se-gender atau berbeda gender, yang penting kamu merasa nyaman dengan teman-teman yang kamu miliki di sekolah barumu.

6. Jadilah diri sendiri

Kamu Sering Pindah Sekolah? Ini Trik Gampang Langsung dapat Temansuccess.com

Saat kamu memasuki lingkungan baru, sekolah yang baru, kelas yang baru, teman-teman yang baru, kamu tidak harus berubah menjadi orang lain. Kamu harus tetap menjadi diri kamu sendiri walaupun kamu berada di lingkungan yang berbeda. Setiap orang memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing, dan kamu juga punya ciri khas dan keunikan. Jangan biarkan ciri khas dan keunikan yang kamu miliki itu hilang hanya karena kamu pindah sekolah.

Percayalah, orang-orang pasti akan menerimamu bila kamu juga dapat menerima mereka dengan baik. Maka dari itu, kita sebagai manusia harus dapat saling menerima.

Jonathan Fedrico Simorangkir Photo Writer Jonathan Fedrico Simorangkir

Interested in Sciences, Renewable Energy, and Innovation in Technology | Student of Bandung Institute of Technology

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya