Comscore Tracker

Kenali 5 Penyebab Kamu Sering Menunda Pekerjaan

Kenali dulu penyebabnya baru kamu bisa atasi

Menunda pekerjaan merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga. Gak bisa dimungkiri setiap orang pasti pernah ngelakuin hal ini. Entah itu karena gak mood, malas, atau ada pekerjaan lain yang mendesak untuk dilakukan. 

Jika dilakukan sesekali mungkin masih bisa dimaklumi. Tetapi jika hal ini sudah jadi kebiasaan maka ke depannya akan berdampak buruk bagi diri kamu sendiri, lho!

Nah, untuk mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan biar gak makin kebablasan, kamu harus kenali dulu penyebab seseorang suka menunda berikut ini. Biar gak makin penasaran simak, yuk!

1.  Manajemen waktu yang buruk

Kenali 5 Penyebab Kamu Sering Menunda Pekerjaanilustrasi orang melihat jam (pixabay.com/walman)

Manajemen waktu yang buruk itu misalnya, kamu diberi waktu selama sepuluh hari untuk mengerjakan tugas. Bukannya mengerjakan dengan sistem membagi tugas menjadi beberapa bagian, kamu malah mengulur-ulur waktu.

Padahal jika dikerjakan secara perlahan setiap hari kamu mungkin akan lebih fokus dan tenang dan bahkan gak terasa sudah selesai. Berbeda halnya dengan mengerjakan secara tergesa-gesa. Yang ada malah makin sulit dan buat stres karena ngejar deadline.

2. Menganggap remeh pekerjaan 

Kenali 5 Penyebab Kamu Sering Menunda Pekerjaanilustrasi orang sibuk kerja (pixabay.com/stocksnap)

'Itu mah, tugas gampang satu hari aja dikerjakan selesai kok!' Jika kalimat ini sering atau pernah kamu ucapkan, eits, hati-hati. Ini akan membuka peluang besar untuk menunda pekerjaan yang harusnya bisa kamu kerjakan dan selesai saat itu juga. 

Akan lebih tenang rasanya jika tugas selesai di awal dari pada harus menunggu hingga batas waktu yang ditentukan. Selain itu pekerjaan akan lebih sempurna karena masih ada waktu buat re-check.

Baca Juga: 6 Tipe Orang yang Suka Menunda Pekerjaan, Kamu Tipe Mana?

3. Sering bergadang

Kenali 5 Penyebab Kamu Sering Menunda Pekerjaanilustrasi orang begadang (pixabay.com/dzeeshah)

Mengerjakan tugas butuh badan yang segar dan pikiran yang fokus. Sering begadang akan membuat kamu malas menyelesaikan tugas keesokan harinya.

Hampir bisa dipastikan kamu akan menunda pekerjaan itu karena tubuh yang tidak fit dan pikiran yang gak fokus. Lagian gimana mau selesai jika pikiran gak fokus?

4. Tidak membuat skala prioritas

Kenali 5 Penyebab Kamu Sering Menunda Pekerjaanilustrasi orang melihat kalender (pixabay.com/rondellmelling)

Penyebab selanjutnya adalah tidak membuat daftar prioritas mana dulu pekerjaan penting dan mendesak harus dikerjakan. Yakinlah, kamu gak akan bisa mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. 

Misalnya kamu punya 5 pekerjaan yang harus diselesaikan saat itu juga. Hal pertama yang kamu lakuin adalah membuat urutan mana tugas yang paling penting dan mendesak. Pilih dan kemudian kerjakan. Setelah selesai pilih yang kedua, ketiga, dan seterusnya. 

5. Tidak mengakui bahwa menunda pekerjaan bukanlah hal yang baik

Kenali 5 Penyebab Kamu Sering Menunda Pekerjaanilustrasi orang lagi sibuk kerja (pixabay.com/rondellmelling)

Hal yang paling penting dan mungkin gak kamu sadari selama ini adalah tidak mengakui bahwa kamu orangnya suka menunda-nunda pekerjaan dan itu gak baik. Percayalah kamu gak akan mungkin bisa mengatasi kebiasaan ini jika kamu gak mengakuinya.

Jika sudah mengakui dan menerima bahwa itu gak baik, pastinya kamu akan berusaha agar pekerjaan cepat selesai dan bukan malah mengulur waktu.

Setelah kamu tahu apa penyebabnya, maka dengan mudah kamu akan mengatasi kebiasaan buruk tersebut. Menunda pekerjaan gak akan membuatmu lebih cepat menyelesaikannya, yang ada justru akan menumpuk saat deadline akan segera tiba.

Baca Juga: 5 Penyebab Munculnya Kebiasaan Suka Menunda, Memelihara Rasa Malas!

Rey Mora Photo Verified Writer Rey Mora

Penulis pemula yang hobby mengkhayal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya