Comscore Tracker

5 Keuntungan Kerja Freelance yang Sering Dianggap Sebagai Pengangguran

Yang terpenting adalah hasilnya

Freelance atau yang sering dikenal sebagai pekerja lepas bukanlah suatu hal yang baru bagi kita. Sistem kerja yang cukup bebas, serta tidak terikat dengan perjanjian jangka panjang ini sangat disukai oleh para millennials. Hal ini dikarenakan bekerja freelance dianggap dapat memberikan banyak keuntungan. Tidak heran jika banyak mahasiswa atau pun para pekerja kantoran memilih untuk menambah penghasilannya dengan menjadi seorang freelancer. 

Namun demikian, tidak semua orang dapat memahami seberapa jauh keuntungan sebagai freelancer. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan para pekerja freelance sebagai seorang yang pengangguran. Padahal, kerja freelance jelas punya 5 keuntungan ini lho!

1. Punya waktu kerja yang fleksibel

5 Keuntungan Kerja Freelance yang Sering Dianggap Sebagai PengangguranPixabay/geralt

Memilili waktu yang fleksibel tentu menjadi nilai lebih bagi sorang freelancer. Hal ini tentu dikarenakan, menjadi pekerja freelance tidak terikat dengan waktu. Sehingga seorang freelancer dapat memilih waktunya sendiri. Berbeda dengan pekerja pabrik atau kantoran, yang memiliki waktu tertentu serta terjadwal untuk melakukan pekerjaannya. Kerja freelance ini juga tidak terikat oleh tempat lho, ya! Jadi bisa mengerjakan kewajiban di mana pun berada, termasuk di rumah.

2. Punya penghasilan yang lebih banyak

5 Keuntungan Kerja Freelance yang Sering Dianggap Sebagai PengangguranPixabay/emaji

Karena tidak terikat dengan tempat dan waktu, para pekerja freelance berpeluang untuk menjalankan lebih dari satu pekerjaan lho. Tentunya, hal ini menjadi peluang baginya untuk mendapatkan hasil tambahan dari beberapa pekerjaannya tersebut. Meskipun para freelancer tidak tampak sibuk di luar rumah, nyatanya mereka adalah para pekerja keras yang punya banyak sumber penghasilan.

3. Rumah sudah jadi kantor pribadi

5 Keuntungan Kerja Freelance yang Sering Dianggap Sebagai PengangguranPixabay/jeonghwaryu0

Bagi para pekerja lepas, rumah sudah menjadi kantor pribadinya. Mereka tidak akan terkena serangan 'buru-buru ke kantor' yang selalu menyebabkan ketegangan atau pun depresi. Selain itu, para pekerja freelance juga dapat  mendatangi tempat-tempat favorit untuk menyelesaikan pekerjaannya lho, seperti kedai kopi atau kafe. Dijamin nggak akan bosan dengan suasananya, deh. Enak, kan, jadi pekerja freelance?

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan Freelance untuk Menambah Pundi Keuangan Millennial

4. Gak punya seragam kerja, pakai baju bebas bakal lebih nyaman

5 Keuntungan Kerja Freelance yang Sering Dianggap Sebagai PengangguranPixabay/free-photos

Bagi para pekerja freelance, mereka bebas untuk memilih pakaian yang ingin digunakan. Hal ini disebabkan, karena para freelancer tidak memiliki aturan dalam berseragam layaknya pekerja kantoran. Tentu bukan suatu masalah, kan? Hal ini justru membuat mereka lebih merasa nyaman, sebab bisa menggunakan pakaian yang mereka sukai.

5. Leluasa memilih waktu libur

5 Keuntungan Kerja Freelance yang Sering Dianggap Sebagai PengangguranPixabay/marcelvicentin0

Berbeda dengan para pekerja kantoran yang harus libur pada waktu-waktu tertentu, para freelancer memiliki keleluasaan untuk menentukan hari liburnya sendiri. Mereka yang tidak terikat dengan aturan pastinya sangat senang memiliki kesempatan ini. Terlihat seperti pengangguran sih, tapi, tentunya para pekerja freelance ini sudah memilki target tersendiri untuk menyelesaikan pekerjaannya lho. Sehingga tidak ada yang mengganggu pikirannya ketika berlibur.

 

Nah, itulah beberapa keuntungan menjadi pekerja freelance. Meski dianggap sebagai pengangguran, tetapi mereka malah punya banyak keuntungan. Selain dompet bisa terus terisi, mereka juga gak bakalan ribet dengan sebuah peraturan. Enak, kan? Gimana, kamu tertarik untuk mencoba?

 

Baca Juga: 5 Tips Agar Pekerjaan Freelance Tetap Lancar dan Sukses

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya