Comscore Tracker

Ini Hal Yang Bikin Kamu Jadi Sociopreneur Sukses Menurut Denica Flesch

Mentor Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu nih!

Denica Flesch merupakan founder dari Sukkacitta - sebuah brand clothing yang berangkat dari permasalahan masyarakat di Indonesia. Sukkhacitta sendiri memfokuskan diri pada produksi pakaian lewat batik tulis dan kain tenun. Dengan tetap mengutamakan tren fashion yang sedang berkembang ditambah dengan kolaborasi dari kain-kain etnik Indonesia yaitu batik tulis dan kain tenun mereka juga membangun potensi masyarakat di desa-desa di Indonesia. Denica melibatkan para pengrajin batik di daerah untuk memproduksi batik tulis yang berkualitas dan juga memberikan model perubahan lewat identifikasi, pengasuhan dan sertifikasi-sertifikasi yang diberikan kepada pengrajin unggulan di daerah yang menjadi katalisator perubahan di komunitasnya masing-masing.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Denica Flesch mengkampanyekan gerakan #MadeRight yang menjunjung tiga pilar, yaitu memastikan setiap pengrajin pakaian mendapatkan upah yang sesuai, meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan dan yang terakhir adalah memastikan keberlanjutan budaya dalam proses pembuatannya. Sebagai seorang sociopreneur muda, Denica ingin membagikan inspirasi kepada para anak muda Indonesia untuk mulai membangun usaha sosialnya, salah satunya dengan menjadi mentor Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu.  

Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu yang diadakan Kapal Api bekerjasama dengan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia) merupakan program kewirausahaan sosial atau social entrepreneurship yang mengajak anak muda untuk membangun usaha yang tidak hanya berorientasi pada profit namun berdampak nyata bagi lingkungan sosialnya. Kini, program ini sudah memasuki tahap 20 besar yang telah dikurasi dari total 5000 proposal.

Mau tau tiga rahasia sukses menurut Denica Flesch (mentor Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu) untuk menjadi seorang sociopreneur sukses? Simak ulasannya yuk!

1. Menjadi seorang sociopreneur tidak cukup hanya dengan passion

Ini Hal Yang Bikin Kamu Jadi Sociopreneur Sukses Menurut Denica FleschInstagram/sukkhacitta

Dalam sebuah wawancara ekslusif dengan Kapal Api Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu, Denica menyampaikan bahwa untuk memulai langkah usaha sosial atau sociopreneur ini tidak mudah. Sebelumnya milenial harus mengetahui kenapa mereka ingin memulai usahanya.

“Passion sendiri tidak cukup menurut saya, kita butuh tahu purpose yang lebih jelas, tidak bisa ikut-ikutan. Kemudian kamu harus menjadi seorang ahli di bisnis kamu, mulai dari hulu hingga ke hilir, dan inovasi yang diciptakan harus 10 kali lebih baik dari yang ada sekarang jika ingin memberikan perubahan yang nyata,” ujarnya.

2. Milenial yang ingin terjun ke ranah sociopreneur butuh bimbingan untuk berpikir lebih luas

Ini Hal Yang Bikin Kamu Jadi Sociopreneur Sukses Menurut Denica FleschInstagram/sukkhacitta

Sebagai seorang sociopreneur, kita milenial harus berpikiran luas terhadap isu-isu yang ada di masyarakat nih, guys. Hal ini diungkapkan juga oleh Denica, bahwa milenial perlu dibuka pikirannya agar sadar akan permasalahan yang nyata di negeri ini. Nah, hal ini dapat dilakukan dengan adanya bimbingan intensif dari seorang mentor yang sudah handal di bidangnya kepada anak muda yang terjun dalam bidang sociopreneur.  

Pas banget nih sama Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu yang dalam serangkaian programnya juga nggak hanya memberikan bimbingan aja untuk para sociopreneur tetapi juga workshop dan mentoring intensif, membangun jaringan antar pelaku sociopreneur, dukungan usaha berupa mentoring bersama sociopreneur terbaik hingga modal usaha senilai Rp400 juta. Ini nih yang dibutuhkan milenial untuk wujudkan ide bisnisnya!

3. Tidak pernah berhenti belajar

Ini Hal Yang Bikin Kamu Jadi Sociopreneur Sukses Menurut Denica FleschIDN Times/Kapal Api

Lewat bisnisnya, Denica ingin memberikan inspirasi yang lebih luas lagi kepada anak-anak muda dan mendorong mereka untuk berpikir lebih besar dalam memberikan kontribusi. Untuk mencapai hal tersebut, salah satu caranya adalah jangan pernah berhenti belajar. Tidak heran jika Denica sangat mendukung program Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu yang diselenggarakan oleh Kapal Api ini. Karena di program ini, Kapal Api tidak hanya mendorong anak muda untuk hanya mendapatkan status quo saja, tetapi juga membimbing hingga mampu memberikan dampak yang besar terhadap masyarakat sekitar.

Lewat proses yang panjang dan ketat, program Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu telah berhasil menyaring 20 anak muda kreatif, inovatif dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi se-Indonesia. Hal ini dibuktikan lewat proposal maupun prototype yang sudah mengalahkan ribuan proposal lainnya. Penasaran kan seperti apa hasil karya dari para finalis yang lolos? Kamu bisa loh lihat karya mereka langsung di sini.

Nah itu tadi rahasia sukses untuk menjadi sociopreneur dari Denica Flesch. Inspiring banget, ‘kan? Yuk, semangat jadi sociopreneur, dan #buatnyatatujuanmu!

Topic:

  • Anindya Roswita Putri
  • Karsa Adiguna

Just For You