Comscore Tracker

Jadi Pengusaha Muda, Cari Tahu Deh Rahasia Sukses 4 Entrepreneur Ini

Passion memang penting, tapi itu saja nggak cukup

Membangun sebuah bisnis tidak hanya membutuhkan modal saja. Banyak hal yang perlu dipersiapkan hingga bisnismu siap untuk launching bahkan agar dapat bertahan di tengah persaingan.

Melalui Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu persembahan Kapal Api dan didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), para anak muda didorong untuk mewujud nyatakan mimpinya menjadi seorang sociopreneur. Selain modal usaha, kompetisi nasional ini juga memberikan bimbingan dari mentor berpengalaman bagi para peserta. Peserta dilatih untuk membuat model bisnis yang baik, networking, prototyping, presentasi di depan investor hingga bagaimana agar bisnis tersebut dapat terus bertahan.

Nah, IDN Times sebagai media untuk milenial dan Gen Z berusaha memberikan inspirasi melalui para juri & mentor sukses di Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu.
Mereka sudah merasakan pahit dan manisnya berbisnis dan akan memberikan ilmu berharga bagaimana menjadi pebisnis sukses! Penasaran? Simak ulasannya, yuk!

1. Latih kepandaian ‘street smart’

Jadi Pengusaha Muda, Cari Tahu Deh Rahasia Sukses 4 Entrepreneur IniIDN Times/Anindya Roswita Putri

Ada dua tipe kecerdasan yang dimiliki seseorang, yaitu tipe book smart dan tipe street smart. Book smart merupakan tipe kecerdasan yang didapat dari pelajaran secara teoritis sementara street smart didapat saat sedang melakukan suatu hal. Istilah sederhananya adalah learning by doing.

Helga Angelina sebagai founder Burgreens sekaligus mentor yang ikut terlibat dalam Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu mengungkapkan bahwa yang dibutuhkan para sociopreneur bukan hanya modal, tetapi juga kepandaian street smart. Melalui program pelatihan langsung dari para expert sociopreneur yang sudah terjun ke dunia bisnis, program ini mewadahi pengembangan street smart untuk para calon sociopreneur muda Indonesia.

“Program pelatihan datang dari praktisi yang sudah mengembangkan bisnisnya. Pengalaman-pengalaman inilah yang diajarkan kepada para peserta, yang kemudian akan mereka praktikan langsung dalam pembuatan model bisnis & prototype. Konsep street smart ini salah satu knowledge yang dibutuhkan entrepreneur agar bisa survive,” ungkap Helga.

2. Sustainability adalah faktor penting sebelum membangun bisnis

Jadi Pengusaha Muda, Cari Tahu Deh Rahasia Sukses 4 Entrepreneur IniIDN Times/Anindya Roswita Putri

Industri kreatif saat ini memang sedang banyak diminati oleh milenial. ‘Darah’ kreativitas yang dimiliki ranah ini membuat industri kreatif dapat menyentuh berbagai sektor. Hal ini juga diungkapkan oleh Yoris Sebastian selaku Founder & Creative Thinker OMG Consulting yang merupakan salah satu juri Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu. Yoris mendorong para milenial untuk membangun bisnis yang sifatnya sustainable.

“Membangun bisnis berawal dari masalah dan mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Kemudian, yang perlu diperhatikan bukan hanya kreativitas, tetapi juga bagaimana membuat bisnis tersebut berkelanjutan setelah launching,” ujar Yoris.

3. Temukan dulu faktor ‘why’ yang solid

Jadi Pengusaha Muda, Cari Tahu Deh Rahasia Sukses 4 Entrepreneur IniInstagram.com/leonard_theosabrata

“Cari tahu ‘why’ yang jelas sebelum menjalankan bisnismu”

Kalimat tadi diungkapkan langsung oleh Leonard Theosabrata selaku Founder Indoestri Makerspace. Berangkat dari keprihatinannya terhadap anak muda zaman sekarang yang memahami sebuah permasalahan hanya permukaannya saja, Leo membangun Indoestri Maker Space sebagai tempat anak muda memahami proses produksi dengan semangat “self-made”.

Untuk menjadi seorang sociopreneur, butuh alasan yang kuat agar bisnis sosial yang dijalankan dapat bersifat sustainable atau berkelanjutan. Karena seringkali dengan alasan yang dangkal dan hanya mengandalkan passion, energi yang dimiliki seseorang dapat habis dan akhirnya membuatnya berhenti. Sudah menyiapkan alasan yang kuat untuk bisnis kamu, guys?

4. Selain passion, kamu juga membutuhkan purpose

Jadi Pengusaha Muda, Cari Tahu Deh Rahasia Sukses 4 Entrepreneur IniInstagram.com/denicaflesch

Di kala yang lain mendorong setiap orang untuk mengikuti passion atau panggilan hatinya, sosok sociopreneur yang satu ini justru mendorong anak muda untuk tidak hanya mengandalkan passion saat terjun ke dunia sociopreneurship. SukkhaCitta adalah sebuah clothing line yang dibentuk oleh Denica Flesch, yang tidak hanya membuat sebuah produk pakaian dengan mengangkat kearifan lokal berupa batik dan kain tenun, tetapi juga berkolaborasi dengan ibu-ibu di desa untuk mengeluarkan mereka dari kemiskinan.

Passion saja tidak cukup menurut saya. Kita butuh purpose yang jelas, tidak bisa ikut-ikutan,” tegas Denica. Denica Flesch sendiri merupakan satu dari sekian banyak mentor yang ikut ambil peran dalam Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu.

Dengan adanya mentor-mentor profesional yang ikut mendukung acara ini, Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu menjadi semakin berbeda dengan program lainnya. “Sebagai market leader dan expert kopi, kami memberikan fasilitas seluas-luasnya kepada generasi muda agar mereka bisa mewujudkan impian mereka menjadi nyata,” ujar perwakilan Kapal Api saat ditemui dalam Awarding Night Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu.

Jadi Pengusaha Muda, Cari Tahu Deh Rahasia Sukses 4 Entrepreneur IniIDN Times/Anindya Roswita Putri

Awarding Night merupakan tahap akhir program, yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Grand Hyatt pada tanggal 23 Februari 2019 lalu. Dengan ini berakhir pula serangkaian acara Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu yang sudah dimulai sejak Mei 2018.

Setidaknya ada lebih dari 5.500 proposal yang masuk saat pertama kali portal www.secangkirsemangat.id dibuka. Kemudian tersaring menjadi 150 besar dan setelah menjalani proses kurasi disaring kembali ke 50 besar. Mereka mengikuti proses mentoring secara intensif hingga tersaring kembali hingga 20 finalis di tahap akhir.

Pada sesi Awarding Night, Meybi Agnesya dari Kupang berhasil membawa modal kerja senilai 250 juta Rupiah dengan bisnis Sekolah Lapangan Timor Moringa Organik Indonesia. Disusul oleh Azis Pusakantara dari Jakarta dengan Eco-Pavings-nya yang berhasil membawa modal kerja senilai 100 juta Rupiah. Dan di posisi ketiga diraih oleh Elven Aprilnico dengan Titik Balik Coffee yang berhasil mendapat modal kerja sebesar 50 juta Rupiah. Keren!

Kamu ingin menjadi seperti mereka? Mulai sekarang, jangan ragu untuk #buatnyatatujuanmu ya!

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 01:45:05

Progress: 749.500 dari 813.350 TPS (92.14975%)

Just For You