Comscore Tracker

Jangan Patah Semangat, Coba Tiru 5 Hal dari Pebisnis Ini Deh!

Males sedikit aja, nyesel bertahun-tahun

Dulu, kamu pasti sering banget ditanya kalau besar nanti pengen jadi apa. Mungkin juga banyak di antara kamu yang ingin jadi pengusaha. Apalagi sekarang, pengusaha di bidang sosial atau istilahnya sociopreneur lagi hype banget lho di kalangan anak muda.

Namun sociopreneur emang nggak mudah, diperlukan daya juang yang tinggi dan tekad yang kuat biar bisnis yang sedang dijalankan bisa sukses dan tentunya memberikan dampak yang maksimal untuk masyarakat di lingkungan sekitar. Salah satu contohnya adalah Onia Karlina salah satu dari 20 finalis Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu persembahan Kapal Api yang berkolaborasi dengan ibu-ibu penenun di pedalaman.

Apa sih yang bikin Onia istimewa? Cek yuk!

1. Bisa meneruskan kecintaan akan tenun doyo ke generasi selanjutnya

Jangan Patah Semangat, Coba Tiru 5 Hal dari Pebisnis Ini Deh!secangkirsemangat.id

Beda dari yang lain, Onia Karlina memutuskan untuk menuangkan kecintaannya lewat sehelai tenun bernama doyo. Cewek asal Kutai ini ternyata punya impian yang gak muluk-muluk. Ia ingin warisan budaya lokal terus diwariskan ke generasi selanjutnya. Terdengar memang semudah itu, tapi susah lho saat mempraktekkannya. Tugas yang cukup besar, tapi Onia Karlina bisa membuktikannya. Salut!

2. Memperjuangkan kesejahteraan ibu-ibu di pedalaman Kutai Barat

Jangan Patah Semangat, Coba Tiru 5 Hal dari Pebisnis Ini Deh!IDN Times/Esther Ajeng

Saking cintanya dengan warisan budaya khas Kalimantan Timur ini, Onia sampai melatih masyarakat di lingkungannya dengan memberdayakan mereka untuk menenun dan memproduksi kriya tenunnya menjadi barang-barang bernilai ekonomis seperti tas, kopiah, baju, sarung bantal dan lainnya. Semuanya serba lokal ya, mulai dari bahan sampai orang-orang yang berjasa di baliknya.

3. Memasarkan tenun doyo lewat Boutique Yasera

Jangan Patah Semangat, Coba Tiru 5 Hal dari Pebisnis Ini Deh!IDN Times/Esther Ajeng

Jadi sekarang kalau ada yang bilang Indonesia kaya akan kain-kain tradisional, Onia Karlina ini adalah salah satu pencetusnya. Dikenal dengan tenun doyonya, kini ia bersama para pengrajin tenun doyo lainnya membentuk Boutique Yasera sebagai bentuk semangat yang mereka teruskan dari para leluhur.

4. Mempopulerkan tenun doyo di seluruh Indonesia

Jangan Patah Semangat, Coba Tiru 5 Hal dari Pebisnis Ini Deh!IDN Times/Esther Ajeng

IDN Times yakin, semua pengusaha pasti memiliki mimpi besar untuk memopulerkan produknya di seluruh Indonesia, termasuk tenun doyo dari Onia. Tapi berkat daya juangnya yang tinggi, hasil kerajinannya bersama para penenun kerajinan tangan ini sudah banyak didistribusikan ke banyak pelosok lho. Anggapan bahwa sulit memasarkan produk lokal berhasil dipatahkan oleh Onia.

5. Proses tidak mengkhianati hasil, tenun doyo berhasil kalahkan ribuan sociopreneur lain

Jangan Patah Semangat, Coba Tiru 5 Hal dari Pebisnis Ini Deh!IDN Times/Esther Ajeng

Berkat daya juangnya, ia berhasil mengalahkan ribuan proposal bisnis dan masuk dalam 20 besar finalis dalam kompetisi sociopreneur Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu persembahan Kapal Api. Tapi tidak berhenti di situ, Onia terus optimis dengan Tenun Doyo miliknya menuju tahap Awarding Night yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 23 Februari 2019 ini.

Kira-kira, Onia Karlina bisa keluar menjadi juara gak ya? Ssst, hadiahnya bahkan hingga Rp250 juta lho. Wow banget! Intip aktivitas mereka di www.secangkirsemangat.id ya!

Topic:

  • Vika Widya Alfianti
  • Anindya Roswita Putri

Just For You