Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Mencintai Pekerjaan, Gak Baik Lho!

Segala sesuatu harus seimbang biar bisa berjalan lancar guys

Berkarya dan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri merupakan suatu hal positif yang patut dipertahankan. Lewat kebiasaan itu kamu akan menjadi seorang yang lebih bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain, namun bekerja juga ada batasannya lho.

Hidup bukan sekadar tentang memikirkan karir, gaji, atau pencapaian status pekerjaan, masih banyak hal lain yang tak kalah pentingnya. Kamu harus segera berhenti bila sudah terlalu kelewatan, berikut lima tanda kamu terlalu berlebihan mencintai pekerjaan.

1. Terlalu rela berkorban demi pekerjaan yang sempurna

5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Mencintai Pekerjaan, Gak Baik Lho!unsplash.com/@proxyclick

Karena takut hasil kerja rekanmu tak sebagus yang bisa kamu lakukan akhirnya pekerjaan itu pun jadi tugas baru yang mengantri di meja kalian. Bersikap terlalu cemas, tidak percaya dan enggan bekerja sama akan membuat pekerjaanmu menumpuk banyak.

Memang hal ini ada nilai lebihnya karena kamu ingin memberi yang terbaik, tapi perlu diingat bahwa ada kerja sama tim yang harus diprioritaskan. Setiap pegawai pun sudah memiliki tugasnya masing- masing. Semua bisa tercipta sempurna kalau antar karyawan bisa saling percaya.

2. Tidak bisa membahas hal lain selain pekerjaan

5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Mencintai Pekerjaan, Gak Baik Lho!unsplash.com/@neonbrand

Meskipun sedang berada di luar kantor untuk bertemu bareng teman atau kumpul di rumah bersama keluarga, topik yang selalu muncul jadi bahan pembicaraan adalah tentang pekerjaan. Ini merupakan indikasi lain kamu terlalu berlebihan terhadap pekerjaan.

Baca Juga: Catat! Lakukan 5 Tindakan Ini Saat Merasa Pekerjaan Begitu Menyiksa 

3. Gak memiliki waktu untuk bebas dan beristirahat

5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Mencintai Pekerjaan, Gak Baik Lho!unsplash.com/@neonbrand

Seseorang yang menjalani pekerjaan sesuai hobi atau yang sering disebut passion, mungkin merasa baik-baik saja ketika waktu istirahatnya terganggu. Namun hal tersebut bukan sesuatu yang bisa dianggap remeh. Kebiasaan tadi akan berdampak pada kesehatan fisik dan kualitas rasa sayangmu terhadap diri sendiri, yang ujung-ujungnya justru membuat kita sulit merasa bahagia.

4. Semua tujuanmu berorientasi pada karier

5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Mencintai Pekerjaan, Gak Baik Lho!unsplash.com/@proxyclick

Setiap orang punya tujuan dan mimpi yang wajarnya terdiri dari urusan keluarga, pasangan dan karier. Kalau kamu gak punya tujuan dan mimpi lain selain urusan karier berarti rasa cintamu terhadap pekerjaan sudah berlebihan. Ini bisa dikenali saat apa pun yang kamu jalani dilakukan demi pekerjaan, contohnya saat memilih pasangan demi hubungan kerja sama bisnis belaka.

5. Baik pikiran dan fisik tidak berhenti bekerja

5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Mencintai Pekerjaan, Gak Baik Lho!unsplash.com/@neonbrand

Yang terakhir paling mudah dikenali, tidak lain dan tidak bukan ketika pikiran dan fisikmu tidak berhenti bekerja. Biasanya kebiasaan ini membuatnya tetap berpikir tentang urusan pekerjaan bahkan saat hendak tidur, sedang makan atau quality time bareng orang tercinta. Selain jadi gak fokus orang di sekitarmu juga akan merasa gak nyaman.

Nah, itu tadi beberapa tanda yang bisa menunjukkan kamu adalah seseorang yang terlalu berdedikasi dan mencintai pekerjaan. Kerja keras boleh tapi jangan sampai melupakan hal penting lainnya ya guys.

Baca Juga: 5 Cara Temukan Jati Diri Melalui Pekerjaan yang Saat Ini Kamu Lakukan

Keenanthy Photo Community Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You