Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Menikmati Gaji, Si Pekerja Keras Wajib Baca

Sesekali gunakan uang untuk bersenang-senang 

Setiap bulan, kita menerima gaji sebagai apresiasi atas kerja keras yang telah kita lakukan selama sebulan penuh. Kita bisa gunakan gaji tersebut untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan pribadi.

Bagi para pekerja keras, jangan hanya fokus bekerja saja. Penting bagi kita untuk menikmati gaji yang diperoleh. Ada setidaknya lima alasan yang membuat kita perlu untuk melakukannya.

1. Stres yang menumpuk perlu dikuras agar performa kerja tetap terjaga

5 Alasan Pentingnya Menikmati Gaji, Si Pekerja Keras Wajib Bacailustrasi stress di depan laptop (unsplash.com/jeshoots)

Dalam bekerja, tidak jarang kita mengalami stres akibat tugas yang tiada henti. Kalau kita menghiraukan hal tersebut, kita bisa jadi mengalami depresi sehingga mempengaruhi kualitas kerja saat di kantor.

Agar tidak mengalami penurunan performa bekerja, ada baiknya lakukan atau beli sesuatu untuk menghibur diri. Gunakan sebagian dari uang gaji untuk membeli atau melakukan yang kita suka. Saat kita bahagia, stress pun akan turun dengan sendirinya.

2. Hidup tidak selalu soal bekerja dan mencari uang 

5 Alasan Pentingnya Menikmati Gaji, Si Pekerja Keras Wajib Bacailustrasi lelah bekerja (unsplash.com/nublson)

Uang, uang, dan uang. Tidak salah bila kita mengatakan bahwa uang menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang. Meski demikian, hal ini bukan berarti bahwa hidup ini hanya soal bekerja dan mencari uang.

Ada banyak aspek dalam kehidupan dan bekerja hanyalah salah satunya. Kita juga perlu sadar bahwa hidup juga untuk berinteraksi dengan orang lain, bersenang-senang, dan terutama bersyukur atas semua yang telah kita terima selama ini.

Baca Juga: 5 Tips Biar Semangat dengan Pekerjaan yang Bukan Impianmu

3. Bahagiakan mereka yang terlebih dahulu membuat kita bahagia 

5 Alasan Pentingnya Menikmati Gaji, Si Pekerja Keras Wajib Bacailustrasi keluarga jalan-jalan (unsplash.com/Mika Baumeister)

Sebelum memfokuskan diri untuk mencari uang lewat bekerja, ada baiknya kita bertanya pada diri sendiri terlebih dahulu. Untuk apa saya bekerja? Bagaimana saya akan menggunakan uang tersebut?

Dengan bertanya pada diri sendiri, kita jadi lebih sadar bahwa uang bukanlah tujuan utama, melainkan salah satu alat yang digunakan untuk memperoleh kebahagiaan. Tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk mereka yang senantiasa membuat kita bahagia saat berada di sekeliling kita.

4. Sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada diri sendiri

5 Alasan Pentingnya Menikmati Gaji, Si Pekerja Keras Wajib Bacailustrasi self-love (unsplash.com/jacksondavid)

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa menggunakan uang gaji untuk membeli barang-barang kesukaan adalah sebuah pemborosan. Hal tersebut bisa jadi benar bila kita tidak merencanakannya dengan bijak.

Lewat perencanaan yang matang, membeli barang kesukaan adalah cara bagi kita untuk menunjukkan self-love. Anggaplah ini sebagai ucapan terima kasih pada diri sendiri atas jerih payah dalam bekerja selama ini.

5. Lebih semangat karena ada motivasi untuk bersenang-senang di kemudian hari

5 Alasan Pentingnya Menikmati Gaji, Si Pekerja Keras Wajib Bacailustrasi fokus bekerja (unsplash.com/linkedinsalesnavigator)

Semangat bekerja bisa naik dan turun pada hari yang berbeda. Saat semangat turun, jelas kita tidak antusias dalam bekerja. Atasi hal tersebut dengan menggunakan sebagian gaji untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan di penghujung hari atau akhir pekan.

Hal ini akan menjadi motivasi bagi kita untuk lebih semangat bekerja. Ada hal baik yang menanti di akhir hari atau akhir pekan, sehingga kita berusaha melakukan yang terbaik dalam pekerjaan.

Kita boleh bekerja keras, asal kita tahu untuk apa kita melakukan hal tersebut. Namun, tetap perlu diingat bahwa membelanjakan sebagian gaji dengan bijak adalah hal yang penting bagi kita agar tetap sehat dan bahagia.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Sering Menunda Pekerjaan, Kebiasaan Buruk Lho!

Khariton Tjahjadi Photo Verified Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya