Comscore Tracker

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Dapat Kesempatan Kedua

Belum tentu datang lagi, manfaatkan baik-baik

Tiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Dalam kondisi tertentu, kesalahan ini terlalu parah sehingga mengakibatkan kerugian, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, kepercayaan orang lain terhadap kita pun akan lenyap sehingga membuat kita kehilangan kepercayaan diri.

Namun, ada saat dimana kesempatan kedua diberikan kepada kita. Terlepas dari kesalahan yang diperbuat, orang masih percaya pada kita. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Lakukan kelima hal ini dan gunakan kesempatan kedua ini sebaik mungkin.

1. Sadari bahwa ini kesempatan langka, perlakukan dengan sebaik mungkin 

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Dapat Kesempatan Keduailustrasi orang merenung (unsplash.com/laurlenz)

Saat melakukan kesalahan besar, seseorang akan segera menyiapkan diri untuk menghadapi konsekuensi terburuk. Tidak akan ada yang bisa menyangka bahwa kesempatan kedua akan diberikan.

Bila kita menerimanya, kita perlu tahu bahwa tidak semua orang mendapatkan hal ini. Dengan demikian, kita perlu perlakukan dan jaga kesempatan kedua ini sebaik mungkin.

2. Evaluasi diri dari kesalahan di masa lalu 

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Dapat Kesempatan Keduailustrasi menulis (unsplash.com/aaronburden)

Sebenarnya, fokus utama dari kejadian ini bukanlah kesalahan yang diperbuat, melainkan bagaimana kita bisa bangkit dan mau berusaha untuk berbenah diri. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk belajar dari kesalahan.

Evaluasi diri bisa menjadi salah satu cara. Dengan melihat kembali apa yang telah diperbuat dan akibat yang ditimbulkan, kita akan belajar untuk tidak melakukan kesalahan serupa di kemudian hari dan berbuat yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dipertimbangkan untuk Memberi Kesempatan Kedua

3. Buat gol pribadi demi pengembangan diri di masa depan 

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Dapat Kesempatan Keduailustrasi membuat rencana (unsplash.com/QArea Inc.)

Sebagai bentuk resolusi atas evaluasi yang telah dilakukan sebelumnya, kita bisa membangun komitmen dengan membuat gol pribadi. Hal ini  untuk pengembangan diri di masa mendatang agar lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Gol ini bisa saja berkaitan dengan kesalahan di masa lalu. Kita akan jadi lebih termotivasi, tidak hanya untuk terlepas dari kesalahan masa lalu namun juga untuk bangkit dan terus mengembangkan diri.

4. Jaga baik-baik kepercayaan yang telah diberikan kembali 

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Dapat Kesempatan Keduailustrasi memberi masukan kepada rekan kerja (unsplash.com/cowomen)

Betapa beruntungnya kita bila memiliki atasan atau sahabat yang masih mau memberikan kepercayaan, bahkan setelah apa yang telah terjadi. Jangan sampai membuatnya kecewa lagi, kita harus mengusahakan yang terbaik untuk menjaga kepercayaan yang kembali diberikan kepada kita.

Dengan menjaganya, ini tidak hanya akan berdampak pada diri sendiri saja, namun juga bagi mereka yang telah memberikan kepercayaan pada kita untuk kedua kalinya. Hal ini akan menumbuhkan lagi rasa percaya satu sama lain.

5. Beberapa orang mungkin akan tidak menghargaimu, itu wajar 

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Dapat Kesempatan Keduailustrasi orang mengomel (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Dalam proses menjalani kesempatan kedua ini, tidak jarang beberapa orang lantas berubah sikap. Bisa jadi mereka merasa bahwa apa yang kita dapatkan saat ini tidak adil.

Tidak perlu khawatir. Bukan mereka yang memberi kesempatan kedua, bukan mereka pula yang berurusan dengan kita. Oleh karena itu, hiraukan saja dan fokus pada diri sendiri dan pengembangan diri.

Kesempatan kedua yang sudah diberikan wajib dipergunakan sebaik mungkin. Hindari kesalahan serupa agar bisa menjaga kepercayaan yang sudah diberikan.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Memberi Kesempatan Kedua

Khariton Tjahjadi Photo Verified Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya