Comscore Tracker

Merasa Kerja Terlalu Keras? Coba Renungkan 5 Hal Ini 

Bekerjalah semaksimal caramu berbahagia 

Demi mengejar berbagai macam impian dalam hidup, terkadang kita rela meluangkan lebih banyak waktu untuk bekerja dan berusaha. Tidak ada yang salah dengan itu. Meski demikian, tentu ada harga yang harus dibayar.

Tidak bisa dipungkiri, stress, jenuh, dan bosan pasti menghampiri. Apabila kamu merasa bahwa usahamu dalam bekerja terlalu keras, coba renungkan dulu kelima hal ini untuk menenangkan diri dan mengolah lagi rencana kerjamu.

1. Persiapan bahagia untuk nanti memang perlu, namun bahagia sekarang juga tidak kalah penting 

Merasa Kerja Terlalu Keras? Coba Renungkan 5 Hal Ini ilustrasi bernyanyi bersama (unsplash.com/jontyson)

Salah satu tujuan utama dari kerja keras adalah untuk mempersiapkan masa depan yang cerah. Dengan demikian, fokus dalam bekerja setiap hari adalah untuk masa depan. Sayangnya, masa depan masih jauh sementara masa kini menjadi tidak lebih penting dan cenderung dilupakan.

Menjadi bahagia tidak hanya sebatas masa depan saja. Kita juga perlu bahagia sekarang. Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk melakukan hal-hal sederhana yang bisa buat kita bahagia sekarang.

2. Umur tidak ada yang tahu. Selagi masih diberi kesempatan hidup, gunakan waktu yang ada untuk bersenang-senang juga 

Merasa Kerja Terlalu Keras? Coba Renungkan 5 Hal Ini ilustrasi membuat acara bersama (unsplash.com/DESIGNECOLOGIST)

Mumpung masih muda, kita sering gunakan tenaga sepenuhnya untuk bekerja. Semakin lama bekerja akan semakin banyak hasil yang terkumpul untuk masa depan. Namun, tidak ada yang pernah tahu sampai kapan umur kita masih terus berjalan.

Menjadi muda bukanlah alasan untuk kerja keras saja. Sebaliknya, menjadi muda juga sebuah alasan untuk bisa bersenang-senang dalam hidup. Tentukan hal-hal positif yang membuat bahagia, dan lakukan hal itu selagi masih ada waktu.

Baca Juga: 5 Manfaat Menjalani Hidup Apa Adanya, Yuk Coba Renungkan!

3. Dengan fisik yang masih kuat, gunakan waktu tidak hanya untuk kerja, namun juga membuat banyak memori  

Merasa Kerja Terlalu Keras? Coba Renungkan 5 Hal Ini ilustrasi eksplor tempat baru (unsplash.com/arty)

Semakin bertambah usia, kekuatan fisik akan perlahan menurun. Saat itu tiba, tentunya mobilitas akan menjadi berkurang dan ada lebih sedikit kegiatan yang bisa dilakukan. Sementara, di usia muda, kita sedang dalam kondisi yang prima.

Ada banyak hal yang bisa dikerjakan, namun ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat lebih banyak memori. Misalnya, jalan-jalan mengunjungi berbagai macam tempat baru, melakukan kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya, dan masih banyak lagi.

4. Hasil kerja keras perlu dinikmati, agar tidak stress bahkan depresi  

Merasa Kerja Terlalu Keras? Coba Renungkan 5 Hal Ini ilustrasi orang jalan-jalan (unsplash.com/belart84)

Sekarang ini, mudah bagi seseorang untuk mengalami stress karena banyaknya tekanan dari lingkungan sekitar. Kita harus pintar dalam mengelola stress agar tidak kewalahan. Salah satunya adalah dengan melakukan sesuatu yang membuat kita bahagia.

Bekerja terlalu keras membuat kita tidak punya waktu untuk menikmati hidup. Oleh karena itu, penting untuk sesekali meluangkan hari di mana kita bisa bersantai dan sejenak menikmati kehidupan.

5. Hidup akan jadi lebih seimbang, kalau semuanya berjalan berdampingan  

Merasa Kerja Terlalu Keras? Coba Renungkan 5 Hal Ini ilustrasi ngobrol asyik di kantor (unsplash.com/Brooke Cagle)

Apa pun yang berlebihan hanya akan memberikan dampak buruk. Begitu pula dengan kerja keras. Dalam hidup, baiknya kita hidup dalam keseimbangan.

Faktanya memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang menuntut untuk dikerjakan. Meski demikian, selagi kita masih sadar akan pentingnya keseimbangan ini, kita sebaiknya mengusahakan agar setiap aspek dalam hidup dapat terpenuhi.

Bekerja keras adalah salah satu sikap yang sebaiknya dimiliki oleh semua orang, agar menjadi pribadi yang lebih tangguh. Meski demikian, perlu disadari pula bahwa menikmati hidup seutuhnya juga diperlukan agar kita bisa hidup di masa kini, terbebas dari stress, dan menjalani hidup yang seimbang.

Baca Juga: Kehidupan Tak Selalu tentang Kompetisi, Renungkan 5 Hal Ini

Khariton Tjahjadi Photo Verified Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya