Comscore Tracker

Lakukan 6 Hal Ini Supaya Gak Ada Lagi Pekerjaan Menumpuk

Segera ambil langkah pertama hari ini juga 

Pekerjaan dari atasan kadang buat kita jadi kewalahan. Apalagi kalau datangnya dalam jumlah banyak di saat yang bersamaan. Ujung-ujungnya, lembur tiap hari agar semuanya bisa diselesaikan. Tapi emang iya harus sampai segitunya?

Eits, lembur bukan satu-satunya pilihan. Coba lakukan enam hal ini. Dijamin semua tugas bisa selesai tepat waktu dengan hasil yang maksimal, tanpa harus terjaga setiap malam.

1. Catat di agenda tentang detail tiap pekerjaan

Lakukan 6 Hal Ini Supaya Gak Ada Lagi Pekerjaan Menumpukilustrasi jadwal (unsplash.com/Eric Rothermel)

Segera setelah menerima pekerjaan tersebut, catat di agenda. Tuliskan secara detail tentang apa yang harus dikerjakan, kapan paling lambat untuk mengumpulkan, dan siapa saja orang lain yang akan terlibat dalam pekerjaan tersebut.

Hal ini bakal bantu kita untuk ingat tentang daftar pekerjaan yang harus dikerjakan. Selain itu, pikiran jadi bisa lebih fokus untuk mengerjakan tiap tugas. So, langsung catat kalau sudah tahu ada tugas baru.

2. Mengatur urutan pekerjaan dari tingkat urgensi 

Lakukan 6 Hal Ini Supaya Gak Ada Lagi Pekerjaan Menumpukilustrasi orang membuat jadwal (unsplash.com/glenncarstenspeters)

Meski pekerjaan datang di saat bersamaan, bukan berarti juga harus dikerjakan di waktu yang sama. Itu malah bikin kita jadi stres dan susah untuk selesaikan satu tugas sekalipun. Coba dilihat lagi daftarnya, dan urutkan dari tingkat urgensinya.

Tentukan mana yang harus segera dikerjakan. Biasanya, pekerjaan yang memiliki deadline terdekatlah yang sebaiknya dikerjakan terlebih dahulu. Meski demikian, beberapa faktor bisa juga dipertimbangkan, misalnya tingkat kerumitan pekerjaan.

3. Kerjakan dulu pekerjaan yang mudah diselesaikan 

Lakukan 6 Hal Ini Supaya Gak Ada Lagi Pekerjaan Menumpukilustrasi orang menulis (unsplash.com/devn)

Tiap pekerjaan beda-beda jenis dan rupanya. Ada yang gampang, tapi ada juga yang susahnya mau bikin nangis. Kalau mulai mengerjakan yang susah duluan, kita bisa-bisa kehabisan tenaga, pikiran, dan ide. Tugas yang lain nanti malah gak bisa kepegang, dan akhirnya gak maksimal.

Oleh karena itu, kerjakan dulu tugas yang gampang. Saat satu tugas selesai, pikiran kita jadi lebih termotivasi untuk pekerjaan yang selanjutnya. 

Baca Juga: 5 Kiat Menjaga Mood walaupun Pekerjaan Kian Menumpuk

4. Mengerjakan secara bertahap dari jauh-jauh hari 

Lakukan 6 Hal Ini Supaya Gak Ada Lagi Pekerjaan Menumpukilustrasi orang bekerja (unsplash.com/Nirmal Rajendharkumar)

Ngomong-ngomong pekerjaan yang susahnya mau bikin nangis, tenang guys. Daripada dikerjakan dengan sistem kebut semalam, coba pecah-pecah pekerjaan itu jadi beberapa tahap dan kerjakan dari jauh-jauh hari.

Mencapai gol-gol kecil jauh lebih mudah untuk dilakukan daripada terbebani gol besar. Selain itu, hal ini akan lebih memotivasi diri agar bisa konsisten selesaikan pekerjaan sampai tuntas.

5. Kalau bisa bekerja sama dengan orang lain, akan jauh lebih baik

Lakukan 6 Hal Ini Supaya Gak Ada Lagi Pekerjaan Menumpukilustrasi bekerja sama (unsplash.com/krakenimages)

Tugas datangnya dalam bermacam-macam jenis dan rupa. Ada yang harus dikerjakan sendiri, tapi ada juga yang bisa dikerjakan dengan orang lain. Kalau bisa ajak orang lain, kenapa tidak?

Dengan bekerja sama, ada lebih dari satu kepala yang menyelesaikan pekerjaan ini. Hal ini berarti ada lebih banyak kreativitas dan lebih teliti. Pada akhirnya, hasil akan jauh lebih maksimal.

6. Tidak semua harus dikerjakan sendiri, beberapa pekerjaan bisa didelegasikan 

Lakukan 6 Hal Ini Supaya Gak Ada Lagi Pekerjaan Menumpukilustrasi bekerja dalam tim (unsplash.com/austindistel)

Semua pekerjaan tidak harus dilakukan sendiri. Seperti poin sebelumnya, bekerja dalam kelompok pasti akan lebih cepat selesai. Di sisi lain, kalau pekerjaan bisa dipercayakan kepada orang lain, hal ini juga efektif untuk selesaikan tugas menumpuk.

Memiliki kepercayaan pada rekan kerja jadi kunci utama untuk mendelegasikan tugas. Mereka juga bisa mengerjakan dengan baik. Kita hanya butuh percaya. Toh, hal ini akan menguntungkan bagi kita pula karena kita bisa kerjakan hal lain yang lebih mendesak.

Pekerjaan pasti akan menumpuk kalau terus ditunda-tunda. Lembur seringkali jadi pilihan, tapi itu bukan pilihan yang tepat. Segera ambil langkah pertama hari ini agar semua bisa diselesaikan dengan tepat waktu dan hasil yang maksimal.

Baca Juga: 5 Cara Tingkatkan Produktivitas agar Pekerjaan Gak Menumpuk

Khariton Tjahjadi Photo Verified Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya