Comscore Tracker

5 Benda yang Harus Dibawa Kalau ke Job Fair, Jangan Sampai Balik Rumah

Karena datang ke jobfair gak semudah kelihatannya!

Mereka yang sedang gencar mencari kerja, pastinya bakal langganan pergi ke job fair. Melalui event tersebut, para pencari kerja bisa langsung bertemu dengan perusahaan yang sedang membutuhkan pekerjaan. 

Kamu berencana mengikuti job fair dalam waktu dekat? Bersiap-siaplah karena mengunjungi job fair itu gak semudah kelihatannya. Sebagai langkah awal suksesnya, kamu perlu menyiapkan benda yang harus dibawa kalau ke job fair berikut!

1. CV atau resume beberapa lembar

5 Benda yang Harus Dibawa Kalau ke Job Fair, Jangan Sampai Balik RumahPexel/Lukas

Barang wajib pertama tentunya CV atau resume kamu! Ketika datang ke job fair, kamu bisa membawa beberapa lembar CV atau resume untuk diserahkan pada perusahaan yang diincar. Biasanya, para job hunter bakal menyebar CV mereka ke banyak perusahaan dengan harapan memperbanyak peluang dipanggil interview.

Namun, akan lebih baik lagi kalau kamu menyebar CV ke posisi atau perusahaan yang benar-benar diincar. Pastikan juga data-data dalam CV sudah yang paling baru.

2. KTP atau tanda pengenal lainnya serta pas foto

5 Benda yang Harus Dibawa Kalau ke Job Fair, Jangan Sampai Balik Rumahpexels/Dom

Kamu juga perlu membawa KTP beserta pas foto dalam job fair. Kalau kamu gak punya KTP, kamu bisa menggunakan tanda pengenal lain seperti paspor atau SIM. Lalu, pas foto yang kamu perlu bawa cukup yang berukuran standar 3x4 atau 4x6.

Memang, KTP dan pas foto gak selalu dibutuhkan. Namun ketika pencari kerja tertarik sama kamu, mereka kerap meminta data diri yang lengkap beserta nomor KTP dan pas foto. Jadi, lebih baik kita sudah mempersiapkannya lebih dahulu.

3. QR Code Scanner

5 Benda yang Harus Dibawa Kalau ke Job Fair, Jangan Sampai Balik Rumahgarudacyber.co.id

Saat ini, zaman semakin canggih. Beberapa perusahaan gak lagi menerima CV kertas namun beralih kepada CV elektronik. Beberapa perusahaan juga menyediakan informasi lowongan kerja beserta detail perusahaannya lewat perangkat elektronik. 

Memfasilitasi kecanggihan ini, perusahaan menggunakan QR code khusus dalam job fair. Untuk mengakses informasi melalui QR code tersebut, kamu butuh aplikasi QR code scanner. Persiapkan aplikasi ini sebelum datang ke job fair, ya!

Baca Juga: Bagi Fresh Graduate, Ini Lowongan Kerja yang Dibuka Susi Pudjiastuti

4. Air minum

5 Benda yang Harus Dibawa Kalau ke Job Fair, Jangan Sampai Balik Rumahpexels/Daria Shevtsova

Job fair biasanya bakal padat dan pengap. Makanya, kamu bakal berkeringat dan akhirnya merasa haus. Sayangnya, jarang ada yang jual air minum di job fair. Sekalipun ada, minuman yang dijual bukan air putih untuk melepas dahaga, tapi minuman cantik seperti kopi atau teh yang harganya lumayan mahal.

Oleh karena itu, kamu perlu membawa air minum sendiri untuk melepas dahaga. Jangan sampai kamu kekurangan air dan jadi gak semangat menghadapi job fair.

5. Parfum

5 Benda yang Harus Dibawa Kalau ke Job Fair, Jangan Sampai Balik Rumahpexels/Mareefe

Parfum juga menjadi alat wajib ketika kamu datang ke job fair. Apalagi kalau job fair tersebut menawarkan sistem wawancara di tempat. 

Ketika berada di arena job fair, kita bakal berebut dan berdesakan dengan para pelamar kerja lainnya. Hal ini membuat kita mudah berkeringat dan tampak kucel. Namun, kalau kita ingin mengikuti wawancara di tempat, kita pasti ingin tampil segar. Nah, di sinilah parfum diperlukan!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Hindari Saat Hari Pertama Masuk Kerja

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Just For You