Comscore Tracker

5 Kalimat Tanda Lampu Hijau dari HRD, Selamat ya!

Ada kata-kata ini? Selamat!

Proses mencari kerja memang gak mudah dan melelahkan. Mulai dari sebar CV, interview hingga akhirnya diterima kerja, HRD pasti selalu menyuruh kamu untuk menunggu kabar selanjutnya. Namun, sering kali 'kabar' tersebut tidak jelas kapan datangnya. Entah 1 hari, 1 minggu, bahkan bisa mencapai 1 bulan.

Nah, kalau kamu sudah berhasil menembus tahap interview, sesungguhnya kamu bisa memprediksi apakah kamu diterima atau enggak dari kata-kata berikut ini lho.

1. "Apa rencana kontribusi kamu untuk perusahaan dalam waktu 1 bulan?"

5 Kalimat Tanda Lampu Hijau dari HRD, Selamat ya!unsplash/Kaleidico

Apabila HRD mengeluarkan kata-kata ini, tandanya dia tertarik dengan kamu. HRD bisa melihat kamu cocok dengan perusahaan dan ingin tahu bagaimana kira-kira kamu berkontribusi dengan perusahaan.

Kalau kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik, kemungkinan kamu diterima kerja akan semakin besar. Jadi persiapkan jawaban pertanyaan ini secara maksimal, ya!

2. "Next step akan dikabari secepatnya, ya. Mungkin besok."

5 Kalimat Tanda Lampu Hijau dari HRD, Selamat ya!fitforwork.org

HRD sering kali hanya mengatakan "Ditunggu saja" atau "Nanti dikabari lagi" tapi jarang banget kasih kepastian. Jadi, kalau HRD memberi kepastian kabar tahap selanjutnya, bisa jadi ini menandakan kamu diterima. Apalagi kalau kabar tersebut cepat diberitakan.

HRD gak akan mau membuat calon terbaik lama menunggu kabar. Nanti, dia keburu diambil perusahaan lain, kan.

3. "Kalau kerja di sini, kamu tinggal di mana?"

5 Kalimat Tanda Lampu Hijau dari HRD, Selamat ya!totaljobs.com

Pertanyaan ini sering dilontarkan HRD untuk anak rantau atau mereka yang rumahnya jauh dari perusahaan. Ketika HRD sudah melihat potensi pelamar kerja namun rumahnya jauh dari perusahaan, HRD akan melihat hal ini sebagai hambatan. Oleh karena itu, mereka akan melontarkan pertanyaan ini kepada pelamar kerja.

Ingat, HRD gak akan repot-repot melontarkan pertanyaan ini kalau mereka gak melihat potensi kamu dalam perusahaan.

Baca Juga: 7 Tips Interview Kerja yang Baik dan Benar, Jangan Grogi!

4. "Berapa gaji yang kamu harapkan?"

5 Kalimat Tanda Lampu Hijau dari HRD, Selamat ya!unsplash.com/Sharon McCutcheon

Nah, persoalan gaji selalu menjadi hal yang sensitif bagi HRD dan juga pelamar kerja. Biasanya, pelamar kerja gak akan mau menyebut 'gaji' kepada HRD ataupun user sebelum mereka dahulu yang menyinggung persoalan tersebut. Oleh karena itu, apabila HRD melontarkan pertanyaan seputar gaji, berarti kamu dianggap kompeten untuk menjadi karyawan perusahaan. HRD ingin mencari tahu berapa 'harga' kamu. 

5. "Kamu siap kerja kapan?"

5 Kalimat Tanda Lampu Hijau dari HRD, Selamat ya!unsplash.com/Amy Hirschi

Pertanyaan ini paling krusial. Kalau kata-kata ini ada di sesi terakhir interview kamu, 90 persen kamu sudah diterima kerja. HRD merasa kamu adalah kandidat terbaik karena itu mereka ingin kamu segera bekerja di perusahaan mereka. Selamat ya!

Jadi, kira-kira kamu diterima kerja gak?

Baca Juga: 15 Kesalahan Kecil Interview yang Bisa Bikin Kamu Gagal Keterima Kerja

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya