Comscore Tracker

5 Profesi Ini Jarang Terekspos Padahal Berjasa Banget!

Gak setenar profesi lainnya, tapi tetap berjasa

Semua orang pasti punya cita-cita. Sejak kecil, anak-anak sudah diperkenalkan dengan berbagai profesi yang akan bermanfaat untuk mereka kelak. Orangtua berharap anaknya tumbuh dan memiliki profesi yang sukses dan berguna untuk masyarakat. Misalnya profesi dokter, pilot, atau guru. Profesi-profesi ini cukup populer di kalangan anak-anak.

Nah, profesi-profesi berikut ini mungkin bukan profesi idaman orang-orang zaman sekarang. Profesi ini juga gak sepopuler dokter atau guru. Meskipun begitu, mereka tetap berjasa banget, lho! Mau tahu?

1. Penerjemah bahasa isyarat

5 Profesi Ini Jarang Terekspos Padahal Berjasa Banget!signlanguagenyc.com

Penerjemah bahasa isyarat sangat berjasa untuk mereka yang tuna rungu. Bagi kita yang punya kemampuan mendengar, kita mampu menyerap banyak informasi secara bebas dengan telinga kita. Namun, teman-teman tuna rungu kita tidak. Untuk bisa memahami orang yang sedang berbicara, mereka butuh penerjemah bahasa isyarat.

Sayangnya, profesi sebagai penerjemah bahasa isyarat saat ini belum resmi menjadi profesi. Belum ada penetapan dan regulasi khusus mengenai profesi penerjemah bahasa isyarat. Namun untungnya, saat ini sudah banyak stasiun televisi Indonesia melibatkan penerjemah bahasa isyarat dalam acara mereka. Semoga kelak penerjemah bahasa isyarat bisa menjadi profesi resmi, ya!

2. Detektif

5 Profesi Ini Jarang Terekspos Padahal Berjasa Banget!unsplash/edonugroho

Detektif mungkin profesi yang cukup terkenal. Apalagi, komik Jepang populer Detective Conan cukup memperkenalkan lika-liku kerja detektif. Meskipun begitu, pada kenyataannya profesi detektif ini jarang banget terekspos, apalagi di Indonesia.

Lalu, bagaimana sih jasa detektif? Kamu yang suka baca Conan pasti tahu, detektif berfungsi dalam kasus investigasi yang rumit seperti pembunuhan, penculikan, hingga perselingkuhan. Badan-badan resmi seperti kepolisian maupun badan intelijen lain, biasanya memiliki detektif sendiri yang sangat berguna untuk membantu penyelidikan kasus-kasus rumit. Selain itu, ternyata Indonesia sudah punya badan detektif swasta, lho. Misalnya saja, Eye Detective Indonesia.

3. Pemadam Kebakaran

5 Profesi Ini Jarang Terekspos Padahal Berjasa Banget!pexels/pixabay

Nah, pekerjaan sebagai pemadam kebakaran ini mungkin yang paling berjasa di antara profesi lainnya. Taruhan dari profesi ini adalah nyawa! Tujuan utama para pejuang api ini gak cuma berusaha memadamkan api, tapi bertarung untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak dalam kobaran api. 

Gak melulu tentang api, para fire fighter ini juga sering dimintai tolong untuk evakuasi bencana bahkan menolong hewan yang terjebak. Sayangya, profesi pemadam kebakaran ini juga jarang terekspos. Di Indonesia, profesi ini bahkan kurang terdengar. Padahal jasanya luar biasa sekali, ya.

Baca Juga: Malas Bukan Pilihan, Ini 5 Profesi yang Bisa Dikerjakan di Rumah

4. Stuntman

5 Profesi Ini Jarang Terekspos Padahal Berjasa Banget!instagram/bobbydazzler84

Profesi ini jarang terekspos, padahal bisa kerja bareng sama selebriti terkenal, lho! Stuntman adalah pemeran pengganti selebriti untuk melakukan kegiatan aksi. Dalam syuting film, para selebriti diharapkan selalu sehat dan bugar. Oleh karena itu, apabila mereka harus melakukan adegan berbahaya, pihak produksi film akan menyiapkan pemeran pengganti atau stuntman. Mereka didandani mirip dengan sang tokoh utama untuk melakukan adegan action seperti berkelahi.

Nah, karena profesi ini sering melakukan adegan bahaya, mereka jelas sangat berjasa. Apalagi untuk selebriti yang mereka dampingi. Tanpa para stuntman, mungkin kita gak bisa nonton film Fast Furious atau Avengers.

5. Satpol PP

5 Profesi Ini Jarang Terekspos Padahal Berjasa Banget!IDN Times/Rangga Erfizal

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) adalah profesi polisi daerah yang bertugas untuk memelihara ketenteraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah. Sesungguhnya, mereka sering banget kena ekspos media, namun gak banyak yang tahu betapa berjasanya mereka. 

Lalu, apa aja sesungguhnya jasa Satpol PP? Ketika daerah kamu bebas preman, aman ketika ada demo, gak ada konflik dan kerusuhan, semua itu salah satunya jasa Satpol PP. Intinya, ketertiban dan ketenteraman daerah kamu, salah satunya berkat para petugas-petugas ini.

Itu tadi 5 profesi yang jarang terekspos padahal berjasa banget. Kalau ketemu mereka, jangan lupa say thanks ya atas jasanya.

Baca Juga: Lulus Kuliah Mau Kerja Apa? Intip 5 Profesi Bergaji Tinggi Ini Yuk

Topic:

  • Klara Livia
  • Elfida

Berita Terkini Lainnya