Comscore Tracker

Mengenal Caregiver, Profesi Kim Soo Hyun di It's Okay to Not Be Okay

Ternyata bukan perawat lho!

Kamu penggemar KDrama It's Okay to Not be Okay? Tentu kamu tahu bahwa tokoh Moon Kang Tae yang diperankan Kim Soo Hyun adalah seorang caregiver. Sekilas profesi ini mirip dengan perawat rumah sakit, padahal ternyata berbeda lho!

Lantas apa sesungguhnya profesi caregiver ini? Coba deh, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

1. Apa itu caregiver?

Mengenal Caregiver, Profesi Kim Soo Hyun di It's Okay to Not Be Okayhancinema.net

Sesuai dengan namanya, caregiver adalah seseorang yang memberikan perhatian. Ia memiliki tugas untuk merawat dan memberikan kasih sayang terhadap pasiennya. Meskipun begitu, dalam hal ini pasien caregiver adalah orang-orang yang istimewa.

Dalam drama, kita bisa melihat bahwa Kang Tae menjadi sosok pelindung orang-orang dengan gangguan mental. Memang, pasien caregiver ini umumnya mereka yang sering luput dari perhatian kita, seperti orang dengan gangguan mental.

2. Caregiver tidak menangani tindakan medis seperti perawat

Mengenal Caregiver, Profesi Kim Soo Hyun di It's Okay to Not Be Okayhancinema.net

Caregiver adalah cabang dari bidang keperawatan namun bukan perawat. Meski terlihat serupa, mereka tidak memiliki background sekolah medis seperti perawat. Oleh karena itu, mereka tidak menangani tindakan medis seperti menyuntik, memasang infus, dan lain-lain. 

Biasanya, caregiver mengalami pelatihan singkat, yakni sekitar 1 hingga 4 bulan untuk memahami hal-hal medis. Meskipun begitu, ada juga yang memiliki pelatihan satu tahun dengan program diploma asisten perawat (D1 Asper).

3. Jasa caregiver banyak digunakan orang dengan usia lanjut

Mengenal Caregiver, Profesi Kim Soo Hyun di It's Okay to Not Be Okayhancinema.net

Moon Kang Tae bekerja di rumah sakit jiwa, oleh karena itu ia menjadi seorang caregiver pasien dengan gangguan jiwa. Meskipun begitu, sesungguhnya jasa caregiver lebih umum digunakan orang-orang dengan lanjut usia.

Ketika seseorang sudah memasuki usia lanjut, tentu ia butuh seseorang untuk membantu kesehariannya. Di sinilah jasa caregiver diperlukan. Oleh karena itu, sosok caregiver banyak ditemukan di panti-panti jompo.

Baca Juga: 9 Momen Kim Soo Hyun & Oh Jung Se di It’s Okay to Not Be Okay, Kompak!

4. Profesi ini langka di Indonesia

Mengenal Caregiver, Profesi Kim Soo Hyun di It's Okay to Not Be Okayhancinema.net

Mungkin kamu jarang mendengar profesi Moon Kang Tae ini. Hal ini sangat wajar, karena memang profesi caregiver cukup langka di Indonesia. Faktor budaya dan kebiasaan orang Indonesia bisa menjadi penyebabnya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pasien caregiver umumnya lansia. Namun, orang Indonesia memiliki kecenderungan untuk menjaga keluarganya sendiri, termasuk yang sudah berusia lanjut.

Apalagi, di Indonesia ada anggapan bahwa memasukkan orangtua ke panti jompo sama dengan membuang orangtuanya. Padahal, orangtua bisa mendapat perhatian dan kasih sayang yang lebih layak berkat bantuan caregiver.

5. Tips menjadi seorang caregiver handal ala Kim So Hyun

Mengenal Caregiver, Profesi Kim Soo Hyun di It's Okay to Not Be Okayhancinema.net

Sekarang kamu mengerti kan betapa mulia dan hebatnya profesi ini? Lalu kira-kira bagaimana langkah untuk menjadi seorang caregiver handal seperti Moon Kang Tae?

Terkesan mudah, padahal kamu dituntut untuk memiliki rasa sabar, sikap cermat dan kepedulian yang tinggi. Rasa kepedulian sangat diperlukan karena kamu harus merawat orang-orang yang biasanya tidak dipedulikan.

Lalu, rasa sabar juga harus kamu miliki karena pekerjaan ini cukup menguras energi dan emosi. Kamu pun harus cermat karena harus bisa tanggap membaca situasi dan mencari solusinya saat itu juga.

Apakah sekarang kamu tertarik untuk menjadi seorang caregiver?

Baca Juga: 9 Potret Sederhana Kim Soo Hyun di Drama 'It's Okay to Not Be Okay'

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya