Comscore Tracker

5 Tips Sukses Dapat Kerja di Tengah COVID-19, Langsung dari HRD!

Manfaatkan kesempatan ini untuk sukses!

Apakah sampai saat ini, kamu masih belum mendapat kerja? Mungkin, pandemik COVID-19 ini membuatmu semakin pesimis untuk bisa segera bekerja.

Sesungguhnya, kamu masih bisa kok mendapatkan pekerjaan impian di masa pandemik ini! Bagaimana caranya? Simak tipsnya langsung dari HRD!

1. Gunakan masa #DiRumahAja untuk mengembangkan diri!

5 Tips Sukses Dapat Kerja di Tengah COVID-19, Langsung dari HRD!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Belum dapat kerja memang menyedihkan. Meskipun begitu, jangan sampai kamu menyia-nyiakan waktu dengan bersedih atau bermalas-malasan. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengembangkan diri, lho! Cari tahu apa yang kamu sukai dan kembangkan kemampuan agar semakin layak.

"Ini adalah waktu yang sangat bagus. Kalau sebelumnya kita selalu sibuk, kita lupa kalau diri kita pun juga harus diisi. Makanya, pakai waktu ini untuk belajar. Pahami apa yang kamu sukai dan tingkatkan kemampuanmu," ungkap  Monica Oudang, Chief Human Resource Officer Go-Jek dalam wawancara khusus dengan tim IDN Times (2/6).

2. Carilah pekerjaan sesuai passion dan juga kemampuanmu!

5 Tips Sukses Dapat Kerja di Tengah COVID-19, Langsung dari HRD!pexels/Andrea Piacquadio

Monica juga menyarankan kita untuk bekerja berdasarkan passion. Dengan begitu, kita juga akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk pekerjaan kita. Pekerjaan pun bakal terasa menyenangkan.

Selain itu, kamu juga harus menunjukkan kemampuanmu akan passion tersebut. Buktikan kalau memang kamu memiliki kekuatan.

"Know your passion, know your strength. Jangan cuma passion saja, tapi ternyata gak memiliki kemampuan. Tunjukkan kekuatanmu untuk bisa berkontribusi lebih," tuturnya.

3. Ketika interview, jadilah autentik!

5 Tips Sukses Dapat Kerja di Tengah COVID-19, Langsung dari HRD!Unsplash/punttim

Banyak calon pekerja gagal dalam tahap interview karena terlihat kurang autentik.  Ia tidak bisa menunjukkan kemampuannya dan meyakinkan HRD bahwa mereka layak untuk dipekerjakan. Ternyata, hal ini dapat dilihat dari pertanyaan-pertanyaan sederhana, lho!

"Terkadang, ketika interview, kita memang suka tanya hal yang kesannya sepele seperti hobi. Padahal, dari hobi, kita bisa tahu kalau apakah dia benar passionate atau hanya hobi-hobian saja. Kalau dia benar passionate, dia juga bisa memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya," terang perempuan berusia 41 tahun tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Cari Kerja di Tengah Wabah Virus Corona, Gak Perlu Waswas

4. Gak ada pekerjaan yang mudah. Jadi, jangan lupa bekerja keras!

5 Tips Sukses Dapat Kerja di Tengah COVID-19, Langsung dari HRD!Ilustrasi belajar (IDN Times/Arief Rahmat)

Monica juga melihat beberapa orang hanya mengharapkan hal-hal yang baik, namun tak mampu menunjukkan usahanya. Atau jika tidak, beberapa orang terkesan passionate di awal, namun ketika beban kerja sudah mulai berat, mereka perlahan mundur.

Orang-orang seperti ini, tidak siap untuk bekerja keras. Padahal, semua pekerjaan tentu menuntut kerja keras lho! Hal inilah yang membuat kita sukses!

"Kadang juga, orang hanya berharap hasil yang baik, namun tidak siap untuk kerja kerasnya. Padahal, kalau mau sukses, expect to do hard work," jelas Monica.

5. Kalau kamu ingin membuat bisnis, pelajari dan analis tren. Kira-kira, bisnis akan mengarah ke mana?

5 Tips Sukses Dapat Kerja di Tengah COVID-19, Langsung dari HRD!unsplash/bruce mars

"Kalau dilihat, COVID-19 ini memang mengubah banget segala aspek. Pakailah masa ini untuk menganalisa kira-kira tren bisnis akan ke mana," kata sosok yang juga menjadi Ketua Yayasan Anak Bangsa Bisa ini.

Kalau kamu lebih tertarik membuat bisnis daripada bekerja biasa, tips sukses terakhir ini cocok banget untukmu. Pandemik memang mengubah segalanya, namun jangan biarkan pandemik membuatmu hancur! Justru, jadikan era ini kesempatanmu untuk berkembang!

"Jangan gampang putus asa! Apalagi kalau jadi entrepreneur, jangan cepet putus asa! Gunakan setiap kesempatan sebagai pembelajaran. Ambil hikmah positif dan jangan pernah berhenti belajar," tutupnya.

Itu tadi tips sukses berkarier di tengah COVID-19 langsung dari HRD. Tetap semangat bekerja, ya!

Baca Juga: Begini Cara Jawab 6 Pertanyaan Jebakan HRD saat Interview Kerja 

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya