Comscore Tracker

Penelitian: Bos Wanita Dorong Peningkatan Nilai Pasar Perusahaan

Studi menunjukkan hubungan keragaman & kesuksesan bisnis

Penelitian baru dari Australia memberikan bukti langsung adanya keterkaitan antara kepemimpinan perempuan dengan kesuksesan bisnis. Melansir dari abc.net, hasil penelitian menunjukkan bahwa CEO wanita mampu meningkatkan nilai pasar perusahaan 5 persen atau 80 juta dollar! Berikut rincian penelitiannya!

1. Penelitian didasarkan pada 6 tahun pelaporan gender perusahaan Australia kepada Badan Kesetaraan Gender Federal Tempat Kerja (WGEA)

Penelitian: Bos Wanita Dorong Peningkatan Nilai Pasar Perusahaanunsplash/ Jonathan Borba

Sebelumnya, banyak studi telah menunjukkan hubungan antara keragaman gender dan profitabilitas perusahaan. Namun, belum ada penelitian yang memberikan bukti nyata pengaruh keterlibatan pemimpin perempuan terhadap kesuksesan perusahaan.

Bankwest Curtin Economics Center (BCEC) mencoba menguji keterkaitan ini. Penelitian mengambil perusahaan yang terdaftar dalam ASX200 (Indeks pasar saham Australia) sebagai sampel. Studi ini juga mengacu pada pelaporan gender perusahaan Australia ke Badan Kesetaraan Gender federal Tempat Kerja (WGEA) selama 6 tahun.

2. Perusahaan yang memiliki lebih banyak bos wanita mengalami kenaikan nilai pasar perusahaan hingga 4,9 persen

Penelitian: Bos Wanita Dorong Peningkatan Nilai Pasar Perusahaanpexels/Christina Morillo

Penelitian menganalisis data dari 2014 hingga 2019 untuk melihat pertumbuhan nilai pasar perusahaan terdaftar ASX. Hasil menunjukkan perusahaan yang memiliki peningkatan pemimpin wanita juga mengalami kenaikan nilai pasar sebesar 4,9 persen atau setara 78,5 juta dollar.

Lebih hebat lagi, perusahaan dengan CEO wanita mengalami kenaikan profit sebesar 5 persen atau setara 80 juta dollar australia. Memiliki CEO wanita juga bisa meningkatkan 12,9 persen peluang perusahaan untuk unggul dalam sektor perusahaan mereka. 

3. Perusahaan dengan jumlah bos wanita sedikit memiliki penurunan nilai pasar hingga 2,9 persen

Penelitian: Bos Wanita Dorong Peningkatan Nilai Pasar Perusahaanpexels/Christina Morillo

Sebaliknya, para peneliti juga menemukan perusahaan yang mengurangi pangsa wanita sebagai pemimpin mengalami penurunan nilai pasar hingga 2,7 persen atau setara 43 juta dollar Australia.

Lalu, perusahaan yang mengurangi jumlah pekerja perempuan juga mengalami penurunan nilai pasar hingga 2,9 persen atau setara 46 juta dollar Australia.

Baca Juga: Kisah Bos Wanita Konsultan Perdagangan ASEAN Lawan Stigma untuk Sukses

4. Apa yang membuat wanita bisa meningkatkan kinerja perusahaan?

Penelitian: Bos Wanita Dorong Peningkatan Nilai Pasar Perusahaanpexels/fauxels

Lantas, apa yang membuat posisi wanita dalam kepemimpinan sangat memengaruhi nilai pasar perusahaan? 

Cassells, pemimpin penelitian dari BCEC menjelaskan bahwa wanita cenderung memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda dari pria. Wanita jauh lebih demokratis, kolaboratif, dan memiliki rasa tanggung jawab sosial perusahaan yang lebih besar. 

Selain itu, menurut Cassells, keseimbangan adalah kunci kesuksesannya. Menurutnya,  bisnis yang baik harus dimulai dengan kesetaraan gender dalam jajaran kepemimpinan. Jika wanita tidak dimasukkan, maka perusahaan kehilangan setengah populasi, setengah ide, dan setengah talenta.

5. Kesetaraan gender di tempat kerja kini bukan lagi semata-mata keadilan, namun kunci kesuksesan perusahaan!

Penelitian: Bos Wanita Dorong Peningkatan Nilai Pasar Perusahaanpexels/Andrea

Ketika terjadi penurunan ekonomi, wanita cenderung lebih berisiko untuk mengalami kemunduran pekerjaan. Namun, hasil temuan menunjukkan bahwa ternyata wanita justru berperan penting untuk keberhasilan.

Bisa disimpulkan, kini kesetaraan gender bukan lagi  'sesuatu yang harus dilakukan' untuk mencapai keadilan, namun kunci kesuksesan suatu perusahaan.

Baca Juga: Catherine Hindra Sutjahyo, Perempuan Hebat di Balik GoFood

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya