Comscore Tracker

Ini 5 Waktu Terbaik untuk Mengirim Surat Lamaran Kerja

Agar cepat diproses!

Kamu merasa sudah banyak mengirimkan lamaran kerja ke berbagai perusahaan namun gak dipanggil-panggil interview? Jangan bersedih dulu. Bukan berarti lamaran kerja kamu gak layak, tapi mungkin ada faktor lain yang menghambat screening CV kamu.

Salah satunya adalah waktu pengiriman lamaran kerja kamu kurang tepat. Untuk meminimalkan risiko lamaran kerja kamu terhambat, yuk cek waktu terbaik untuk mengirim lamaran kerja!

1. Kirim hari itu juga, saat lowongan kerja baru dipublikasikan

Ini 5 Waktu Terbaik untuk Mengirim Surat Lamaran Kerjapexels/mentatdgt

Kamu rajin memantau lowongan kerja di web atau aplikasi kerja? Nah, kalau misal ada lowongan baru yang di-publish dan cocok untuk kamu, jangan ragu untuk segera mendaftar.

Terkadang, pelamar kerja sengaja menunggu orang lain untuk mendaftar agar terkesan 'punya teman' untuk mendaftar. Padahal, semakin kamu menjadi yang tercepat mendaftar, semakin HRD melihat CV kamu lho!

2. Jam terbaik untuk mengirim lamaran kerja adalah pukul 6-9 pagi

Ini 5 Waktu Terbaik untuk Mengirim Surat Lamaran Kerjapexels/Aphiwat

Beberapa penelitian menyebutkan pukul 6-9 pagi adalah waktu terbaik untuk mengirim lamaran kerja. Di jam tersebut, para perekrut belum terlalu disibukkan dengan tuntutan kerja. Oleh karena itu, mereka akan bisa lebih fokus untuk melakukan sortir CV yang diterimanya.

Hal ini juga dikuatkan oleh analisis dari Talentworks. Menurut penelitian mereka, orang-orang cenderung mengirim lamaran kerja direntang waktu 11 sampai 1 siang. Padahal, waktu terbaik untuk mengirim CV adalah sebelum pukul 10 pagi.

3. Atau sekitar pukul 1-2 siang, setelah makan siang

Ini 5 Waktu Terbaik untuk Mengirim Surat Lamaran Kerjapexels/bruce

Selain di pagi hari, lamaran kerja kamu juga lebih memungkinkan dilirik  HRD sekitar pukul 1-2 siang atau setelah jam makan siang. Talentworks menyatakan potensi HRD melihat CV pelamar kerja setelah jam makan siang berada di pusaran 11 persen. Hal ini karena setelah jam makan siang, pekerja memiliki waktu bebas dahulu sebelum akhirnya kembali disibukkan dengan tuntutan kerja.

Namun, hati-hati, jangan mengirim lamaran kerja setelah pukul 2 siang, apalagi setelah pukul 4 sore. Kemungkinan CV kamu dilirik sangat kecil!

Baca Juga: 5 Kalimat Tanda Lampu Hijau dari HRD, Selamat ya!

4. Kirim lamaran pada hari kerja, terutama hari Senin

Ini 5 Waktu Terbaik untuk Mengirim Surat Lamaran Kerjaunsplash/Austin Distel

Untuk hari terbaik, penelitian setuju awal pekan menjadi hari terbaik untuk mengirim lamaran kerja. Hasil penelitian di Amerika Serikat menyatakan 30 persen surat lamaran kerja yang masuk hari Senin cenderung sukses menjadi perhatian HRD. 

Alasannya cukup sederhana. Di awal pekan, surat lamaran belum banyak masuk ke perusahaan. HRD bisa lebih fokus dengan surat lamaran yang lebih dulu masuk.

5. Namun apabila mendaftar di bidang kreatif, kirimlah lamaran kerja di akhir pekan

Ini 5 Waktu Terbaik untuk Mengirim Surat Lamaran Kerjapexels/bruce

Awal pekan memang menjadi hari terbaik untuk mengirim lamaran kerja. Tapi hal ini gak berlaku untuk mereka yang bekerja di bidang kreatif. 

Mereka yang bergelut dalam dunia kreatif cenderung memiliki waktu yang fleksibel. Mereka gak berkutat dengan hari kerja senin-jumat dan jam kerja 9-5. Oleh karena itu, ketika mengirim lamaran kerja saat akhir pekan, mereka tetap siap sedia melihat lamaran kamu. Tapi ingat, pastikan CV kamu menarik ya, karena ini dunia kreatif!

Pastikan gak salah waktu pengiriman lagi ya. Supaya kesempatan diterima kerja semakin besar!

Baca Juga: 6 Kesalahan Saat Menulis CV Ini Bikin Kamu Tak Kunjung Dapat Panggilan

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Just For You