Comscore Tracker

5 Tanda kalau Kamu Sebenarnya Bukan Malas, Melainkan Alami Burnout

#IDNTimesLife Jangan terburu-buru menuduh dirimu pemalas, ya

Doyan rebahan, padahal tugas sudah menumpuk. Baru mengerjakan sedikit, rasanya sudah lelah. Akan sangat mudah untuk melabeli perilaku demikian sebagai sikap malas. Akan tetapi, terkadang yang kamu anggap malas, sebenarnya adalah kondisi mentalmu yang sedang kelelahan akibat tekanan pekerjaan, atau yang disebut juga dengan istilah burnout.

Di bawah ini beberapa tanda kalau kamu, tuh, sebenarnya bukan malas. Melainkan, kondisi mentalmu sedang gak baik-baik saja karena mengalami burnout. Kenali cirinya!

1. Dulunya, kamu terbiasa rajin

5 Tanda kalau Kamu Sebenarnya Bukan Malas, Melainkan Alami Burnoutilustrasi rebahan (unsplash.com/Jordan Bauer)

Coba, deh dicek, apakah sikap malasmu itu memang dari dulu, atau terjadi belakangan ini? Kalau memang dari dulu, berarti sikap malasmu itu memang sudah karakter. Kalau karakter, yang kamu lakukan itu akan konstan. Konstan malasnya.

Namun, jika baru belakangan ini kamu rasanya sulit banget termotivasi. Mau mulai kerja, rasanya butuh effort besar, maka hal itu bukanlah akibat kamu malas. Melainkan secara mental, kamu tengah mengalami kelelahan.

2. Merasa tidak memiliki kendali akan hidupmu

5 Tanda kalau Kamu Sebenarnya Bukan Malas, Melainkan Alami Burnoutilustrasi pria merenung (unsplash.com/Mark Pan4ratte)

Ciri lain dari burnout, yakni, kamu merasa gak terhubung dengan momen saat ini. Apa yang kamu lakukan, gak ada makna, dan berjalan otomatis begitu saja.

Terkadang kamu bingung sendiri, rasanya hidup di luar kendalimu. Apa yang kamu lakukan, bukan hasil keputusan sadar, akan tetapi karena keterpaksaan. Itulah sebabnya, tugas yang mudah pun terlihat besar dan sulit, dan akhirnya membuatmu jadi menunda-nundanya.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Burnout, Penyakit Pikiran yang Kerap Menyerang Pekerja

3. Suasana hati gak stabil

5 Tanda kalau Kamu Sebenarnya Bukan Malas, Melainkan Alami Burnoutilustrasi wanita sedang mumet (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang yang berkarakter malas, justru biasanya lebih santai, hidup semaunya, sulit dipengaruhi oleh kondisi sekitarnya. Sementara bila kamu mengalami burnout, santaimu itu gak ‘nyantai’. Meski kamu rebahan, tapi kepalamu selalu penuh dengan pikiran ini-itu.

Terkadang tidurmu yang banyak itu, yang sering orang bilang malas, karena ingin mendiamkan suara-suara bising di kepalamu. Selain kondisi mental yang sulit untuk santai, burnout juga berakibat emosimu labil. Gampang sekali marah atau tersinggung. Alami ini?

4. Cenderung lebih cuek dan menarik diri

5 Tanda kalau Kamu Sebenarnya Bukan Malas, Melainkan Alami Burnoutilustrasi rebahan (unsplash.com/Annie Spratt)

Dulu, kamu termasuk orang yang sangat memperhatikan penampilan. Tapi, kini cenderung cuek. Merawat diri, yang dulunya rutin kamu lakukan, sekarang tidak lagi.

Interaksi sosialmu juga jadi berkurang. Kamu gak lagi merasa bahagia dengan berbincang-bincang bersama teman. Komunikasi dengan rekan kerja sangat irit. Mereka pun kadang terlihat serba salah menghadapimu, mengingat kondisi emosimu yang suka meledak-ledak.

5. Kondisi lelah mental yang kamu alami, terjadi gak secara tiba-tiba

5 Tanda kalau Kamu Sebenarnya Bukan Malas, Melainkan Alami Burnoutilustrasi wanita menunduk (unsplash.com/Ashton Bingham)

Awalnya kamu masih rajin. Lama-lama, mulai berkurang produktivitasmu. Sampai akhirnya, banyak pekerjaan jadi terbengkalai akibat kamu sulit menemukan motivasi dari dalam untuk mengerjakannya.

Stres yang dibiarkan, memang bisa berbahaya dan bisa semakin besar dampaknya. Kelelahan dari berbagai hasil yang kamu dapatkan gak sesuai ekspektasi, atau jam kerja over sampai istirahat gak memadai, akhirnya membuatmu jadi malas.

Bila alami tanda-tanda tadi, jangan hukum dirimu sebagai pemalas, ya. Karena sejatinya, kamu bukan orang malas. Buktinya, dulu kamu termasuk karyawan yang berprestasi dan selalu semangat kerja.

Cobalah untuk terima kondisi, kalau dirimu sedang tidak baik-baik saja. Ambil waktu untuk istirahat, sehingga kamu akan lebih mudah bangkit kembali dan menemukan dirimu yang dulu lagi.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Mengalami Mommy Burnout, Masalah yang Banyak Dialami Ibu

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya