Comscore Tracker

5 Cara Jitu Membangun Reputasi Baik demi Kemajuan Karier, Pelajari!

Tetap lakukan dengan ketulusan, ya

Reputasi yang baik memang gak mudah didapatkan. Akan tetapi, jika kamu sabar dan tulus untuk membangun citra baik, usahamu itu akan berbuah manis. Di bidang profesional, orang akan memberi kepercayaan dan memudahkan kariermu melejit dengan cepat.

Berikut ini beberapa cara jitu membangun reputasi baik supaya kariermu bisa maju. Ikuti terus pembahasannya sampai habis, yuk!

1. Jangan langsung ambil tawaran kerja

5 Cara Jitu Membangun Reputasi Baik demi Kemajuan Karier, Pelajari!ilustrasi tanda tangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal paling pertama untuk membangun reputasi baik di bidang karier, adalah jangan sembarangan mengambil tawaran kerja. Pastikan dulu, bahwa peluang kerja tersebut sesuai dengan tujuan hidupmu juga.

Bukannya bermaksud melewatkan kesempatan atau gak bersyukur sudah mendapat pekerjaan. Akan tetapi, kalau pekerjaan yang kamu terima itu gak sesuai dengan bidangmu, atau bertentangan dengan tujuan yang ingin kamu bangun selama berkarier, kamu jadi kurang bersemangat dan total dalam bekerja. Akibatnya, kualitas pekerjaanmu jadi seadanya saja. Tentu itu akan buruk, kan, pada reputasi kariermu?

2. Memiliki spesialisasi

5 Cara Jitu Membangun Reputasi Baik demi Kemajuan Karier, Pelajari!ilustrasi suasana kerja (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Gak ada salahnya, menjadi orang yang serba bisa. Akan tetapi, kalau kamu ingin terlihat menonjol, dan posisimu sulit digantikan, sebaiknya kuasai satu atau dua bidang yang memang benar-benar jadi skill andalan.

Hal ini berguna untuk personal branding juga. Orang akan lebih mudah mengenalimu, kalau kamu menguasai keahlian khusus yang gak semua orang bisa.

Baca Juga: 5 Kiat Mengembalikan Reputasi yang Rusak, Buktikan Kamu Mau Berubah!

3. Jadi pribadi yang berintegritas

5 Cara Jitu Membangun Reputasi Baik demi Kemajuan Karier, Pelajari!ilustrasi wanita karier (pexels.com/Sora Shimazaki)

Kamu gak perlu susah payah meyakinkan orang lain, kalau orang sudah mengenal karakter, dan yakin dengan integritasmu. Maka dari itu, tanamkan diri untuk jadi pribadi yang berintegritas.

Selalu datang tepat waktu. Tidak menganggap remeh janji yang sudah kamu ucapkan, meskipun itu hal yang simpel. Menjaga kejujuran, walaupun ada kesempatan curang yang terbuka lebar, dan berbagai sikap baik lainnya.

Jika ini sudah kamu tanamkan, orang akan menaruh respek dan kepercayaan padamu. Gak cuma rekan kerja serta atasan saja, tapi juga klien serta rekan bisnis.

4. Bersedia untuk menolong

5 Cara Jitu Membangun Reputasi Baik demi Kemajuan Karier, Pelajari!ilustrasi diskusi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang gak akan suka dengan pribadi egois. Walaupun setiap orang sudah punya deskripsi pekerjaan masing-masing, namun bukan berarti jadi aturan saklek, sama sekali gak mau membantu rekan kerja yang sedang kesulitan.

Jika memang kamu ada kelapangan waktu, dan melihat rekan kerja sedang kewalahan, cobalah ditanyakan apakah ada yang bisa dibantu. Mereka akan sangat mengapresiasi, lho. Apalagi bagi rekan kerja yang sudah diburu deadline. Pertolonganmu benar-benar sangat berharga!

5. Bersikap baik

5 Cara Jitu Membangun Reputasi Baik demi Kemajuan Karier, Pelajari!ilustrasi wanita karier (pexels.com/Mikhail Nilov)

Sekadar lempar senyum dan salam ketika baru datang, atau menanyakan kabar pada OB di kantor, adalah contoh hal simpel yang menunjukkan kualitas kepribadianmu. Orang selalu suka dengan mereka yang sopan dan mampu menghargai siapa pun.

Dan sudah kodratnya, apa yang kamu tabur, itu pula yang akan kamu tuai. Dengan bersikap baik dan menaruh hormat tanpa pandang bulu, orang-orang pun akan respek.

 

Lakukan hal-hal tadi dengan konsisten, agar orang gak akan menganggapmu cuma baik karena ada maunya aja. Reputasi baik, hanya akan terus terjaga, jika kamu memang melakukannya dengan tulus. Dengan ketulusan, tanpa kamu perlu ngoyo, kariermu bisa maju dengan cepat karena orang sudah menaruh rasa percaya.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Reputasi agar Orang Makin Yakin padamu

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya