Comscore Tracker

Hindari 5 Mindset Ini kalau Tak Mau Kariermu Terus-terusan Mentok!

#IDNTimesLife Pintar tapi arogan, kariermu gak berkembang!

Persaingan dalam dunia kerja memang ketat. Karena itu dibutuhkan mindset yang benar, supaya karier bisa terus berkembang. Pastinya kamu gak mau, kan bertahun-tahun kerja, tapi gak ada peningkatan. Baik dari segi jabatan, maupun sisi gajian.

Agar kariermu maju dan gak terus-terusan mentok, di bawah ini beberapa jenis mindset yang sebaiknya kamu buang jauh-jauh. Gak hanya bahaya buat karier, tapi juga bisa bikin kamu jadi rekan kerja yang dibenci orang sekitar. Apa saja?

1. Merasa kalau kamu gak punya kemampuan

Hindari 5 Mindset Ini kalau Tak Mau Kariermu Terus-terusan Mentok!Ilustrasi suasana kerja (unsplash.com/Brooke Cagle)

Salah satu alasan kenapa kariermu dari dulu begitu-begitu aja, karena tiap kali diberi tantangan, kamu sudah menyerah duluan. Menolak tantangan dari atasan, karena merasa kalau kamu itu gak punya kemampuan.

Padahal, skill itu bisa diasah asalkan ada kemauan. Yang penting mau dulu, nanti jalannya bagaimana, bakal kelihatan. Kalau mindset salah ini terus kamu pelihara, atasan akan memilih orang lain untuk dipromosikan. Karena rekan kerjamu yang lain itu mampu memaksa dirinya untuk keluar dari zona nyaman. Sehingga, skill-nya pun mengalami peningkatan.

2. Kebanyakan mikir atau overthinking

Hindari 5 Mindset Ini kalau Tak Mau Kariermu Terus-terusan Mentok!Ilustrasi pria bercermin (pexels.com/Min An)

Orang yang overthinking, terbiasa untuk melihat segala kemungkinan terburuk dari suatu pilihan. Tanpa sadar, bahwa waktu terus bergulir. Sementara rekan kerja di sekitar sudah mengalami perkembangan pesat, kamu masih saja di posisi itu tanpa ada peningkatan. Tipe yang seperti ini, akan rentan sekali jadi sasaran ‘restrukturisasi’ perusahaan atau bahasa lainnya, kena PHK.

3. Selalu mencari jalan ‘aman’

Hindari 5 Mindset Ini kalau Tak Mau Kariermu Terus-terusan Mentok!Ilustrasi pria sedang pusing (pexels.com/cottonbro)

Mindset seperti ini, membuat kamu gak mau berbuat lebih demi perusahaan. Benar-benar bekerja sesuai deskripsi pekerjaan, atau yang diminta oleh atasan. Tak ada inisiatif sama sekali untuk melakukan inovasi, saat kamu melihat ada hal-hal yang bisa diperbaiki dan dibuat lebih efektif lagi.

Tipe seperti ini juga biasanya jadi bahan omongan rekan kerja yang lain. Mereka sering gemas melihat kamu yang sama sekali gak mau bantu, dengan alasan ‘itu bukan deskripsi pekerjaan saya’. Padahal, sesekali bantu rekan kerja yang benar-benar sedang overload boleh juga kali. Terlalu kaku dengan job description yang kamu punya, malah akan menunjukkan kalau kamu itu terlalu egois.

Baca Juga: 5 Alasan Cewek Capricorn Rata-rata Sukses Berkarier di Usia Muda

4. Mindset ‘gelas setengah kosong’

Hindari 5 Mindset Ini kalau Tak Mau Kariermu Terus-terusan Mentok!Ilustrasi gelas berisi air (pexels.com/Castorly Stock)

Saat melihat gelas yang berisi air setengahnya, ada dua cara pandang untuk memaknai. Ada yang melihat gelas itu setengah penuh, dan ini biasanya dilakukan oleh mereka yang terbiasa melihat sisi positif. Dan ada pula yang melihatnya sebagai gelas setengah kosong, ini yang terjadi pada tipe orang yang senantiasa melihat sisi negatif.

Kalau kamu selama ini tipe gelas setengah kosong, mending segera tobat deh supaya kariermu gak ambyar. Mindset yang selalu melihat sisi negatif, akan membuatmu sering berprasangka buruk terhadap kebijakan perusahaan ataupun instruksi atasan. Dan rekan kerjamu pun, gak bakal betah berteman denganmu. Karena yang mereka dengar selalu keluhan.

5. Merasa paling pintar

Hindari 5 Mindset Ini kalau Tak Mau Kariermu Terus-terusan Mentok!Ilustrasi suasana kantor (unsplash.com/Brooke Cagle)

Boleh jadi kamu multitalenta, dan alasan itulah yang membuatmu diterima di perusahaan tempat bekerjamu saat ini. Tapi, sepintar apa pun kamu, kalau sudah arogan dan punya mindset paling pintar, paling benar, maka kariermu akan sulit bisa berkembang.

Sikap yang demikian, menunjukkan kalau secara emosional, kamu belum matang. Dan mindset ini, akan membuatmu susah menempati posisi pimpinan. Karena gak ada bawahan yang merasa nyaman dengan atasan yang arogan.

Dunia profesional senantiasa berubah, dan pastinya menuntut siapa pun untuk mampu beradaptasi terhadap perubahan tersebut. Di antaranya dengan terus mengasah skill dan pastinya, punya mindset yang kuat. Jika kamu gak ingin kariermu stagnan, maka segeralah buang jauh mindset yang telah diuraikan di atas!

Baca Juga: 5 Prinsip yang Perlu Dipegang jika Ingin Sukses di Usia Muda

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya