Comscore Tracker

Jangan Baper, Lakukan 5 Langkah Ini Saat Mendapat Kritikan dari Bos! 

Jangan diambil hati, jadikan lecutan perbaikan diri

Sangat manusiawi, merasa kecewa atau marah ketika mendapat kritikan dari bos. Karena yang namanya kritikan, entah itu disampaikan dengan cara yang baik sekalipun, tetaplah tidak enak.

Tapi, jangan sampai kritikan dari bos malah bikin kamu baper. Mikirnya jadi tidak-tidak. Boslah yang punya sentimen pribadi dengan kamu, atau parahnya, bikin kamu gak percaya diri dan justru menurunkan kinerjamu.

Biar gak baper, di bawah ini beberapa langkah yang dapat kamu lakukan ketika mendapat kritikan atau feedback negatif dari bos.

1. Tenangkan diri dulu 

Jangan Baper, Lakukan 5 Langkah Ini Saat Mendapat Kritikan dari Bos! pexels.com/@kelvin809

Sulit memang mendapat kritikan tanpa melibatkan emosi. Namun di tempat kerja, kamu harus profesional dan mampu bersikap rasional. Jadi, tenangkan diri dulu, jangan langsung bereaksi.

Setelah kamu dapat berpikir jernih, coba lagi lihat kritikan tersebut dari berbagai sudut pandang. Jika memang kamu rasa tidak fair, gak harus saat itu juga kan kamu menyampaikan protes.

Justru ketika kamu sudah tenang, kamu bisa mempertimbangkan strategi penyampaiannya sehingga bos kamu gak merasa digurui, dan kamu pun mendapat penilaian yang adil.

2. Lihat kritikan sebagai kesempatan memperbaiki diri 

Jangan Baper, Lakukan 5 Langkah Ini Saat Mendapat Kritikan dari Bos! pexels.com/@jonathanborba

Tak ada manusia yang sempurna. Kamu harus menyadari, bahwa semaksimal apa pun sudah melakukan tugas pekerjaanmu, tetap ada celah kekurangan. Lewat kritikan, kamu jadi bisa menyadari kekurangan tersebut dan memberimu kesempatan untuk memperbaikinya di kemudian hari.

Kritikan yang diberikan bos mungkin terlihat sangat menuntut. Bisa jadi, hal itu karena bos melihat potensi besar dalam dirimu dan ingin melihatmu bertumbuh.

Seperti kata pepatah, a smooth sea never made a skilled sailor. Laut yang tenang tidak akan pernah menghasilkan nelayan yang handal. Kemampuan seseorang itu lahir dari tempaan berbagai ujian.

3. Ucapkan terima kasih 

Jangan Baper, Lakukan 5 Langkah Ini Saat Mendapat Kritikan dari Bos! pexels.com/@olly

Bukan hanya dikritik, yang gak enak, harus memberi kritik pun tidak nyaman. Risikonya, penerima kritik tidak suka dan menyebabkan hubungan antara atasan bawahan jadi terasa aneh.

Jadi, ucapkan terima kasih ketika bosmu memilih mengambil risiko tersebut dan mengritikmu karena ingin melihat perkembangan kamu. Itu tandanya, dia peduli.

Baca Juga: Kemdikbud Gelar Sosialisasi Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja 

4. Melakukan perubahan 

Jangan Baper, Lakukan 5 Langkah Ini Saat Mendapat Kritikan dari Bos! pexels.com/@goumbik

Jangan melakukan kesalahan yang sama. Jadikan kritikan sebagai dasar untuk berubah. Mampu melakukan ini, kamu akan lebih dihormati atasan serta rekan kerjamu.

Terbukti, kamu cukup percaya diri untuk menerima umpan balik negatif serta tetap bisa bersikap fleksibel dalam menanggapinya.

5. Jangan terima kritikan dengan niatan tidak baik 

Jangan Baper, Lakukan 5 Langkah Ini Saat Mendapat Kritikan dari Bos! unsplash.com/@isaiahrustad

Ada kritikan yang memang bertujuan membuatmu lebih baik, ada pula kritikan yang tidak berdasar sama sekali. Semua itu dilakukan hanya demi tujuan politik kantor, atau alasan pribadi, misalnya merasa cemburu dan terancam dengan skill yang kamu miliki.

Jika ini yang kamu dapati, jangan diam saja. Sampaikan dengan cara terbaik, bahwa kritikan tersebut tidak beralasan. Hal ini penting, supaya tidak ada yang akan menganggapmu bisa diinjak-injak dan diperlakukan sewenang-wenang.

Itulah lima poin pembahasan cara menyikapi kritikan dari bos. Segala sesuatu memiliki dua sisi. Begitu pula kritikan yang sering dipandang sebagai hal negatif. Kamu adalah pribadi hebat jika mampu melihat sisi positif sebuah kritikan dan memanfaatkannya sebagai sebuah pembelajaran. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Bertemu Bos, Apakah Ini Tanda Kamu Stres Bekerja?

Latifah saja Photo Verified Writer Latifah saja

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya