Comscore Tracker

5 Masalah yang Sering Terjadi di Dunia Kerja, Persiapkan Diri!

Cari solusinya dulu sebelum memutuskan resign, ya

Perusahaan mana yang kamu pilih untuk bekerja, pasti punya keunikannya. Masing-masing pastilah ada sisi plus minusnya. Maka dari itu, jangan berharap ada perusahaan sempurna yang mampu mengakomodir seluruh keinginanmu.

Supaya kamu gak kaget, dan bisa lebih mempersiapkan diri, alangkah baiknya ketahui masalah-masalah apa aja yang sering ditemui di dunia kerja. Apa saja itu? Let’s check it out!

1. Gaji gak memuaskan

5 Masalah yang Sering Terjadi di Dunia Kerja, Persiapkan Diri!ilustrasi menghitung anggaran (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hal ini menjadi permasalahan yang kerap dialami banyak pekerja. Meski pemerintah sudah mengatur besaran gaji, tapi fakta di lapangan gak semua perusahaan menerapkan hal tersebut.

Ada banyak perusahaan yang memberi gaji kurang dari besaran UMP. Bila memang belum ada alternatif lain yang bisa memberi gaji lebih besar, sementara kamu benar-benar butuh uang, maka ambil saja pilihan pekerjaan yang ada.

Dengan catatan, jangan terjebak di zona nyaman. Jadikan pekerjaan saat ini sebagai ‘sekolah’ untuk menimba pengalaman, sambil mencari tambahan penghasilan atau pekerjaan lain yang lebih menyejahterakan.

2. Atasan bermasalah

5 Masalah yang Sering Terjadi di Dunia Kerja, Persiapkan Diri!ilustrasi atasan galak (pexels.com/Karolina Grabowska)

Persoalan lain yang juga kerap dialami oleh karyawan, yakni atasan yang bermasalah. Mulai dari sikap toksik, misalnya sering membentak. Sikap atasan yang pilih kasih dan senang bawahan penjilat.

Atau, bisa pula atasan kamu baik, tapi gak bisa memimpin atau gak punya skill memadai di bidang yang digeluti. Bila sikap atasanmu itu sudah mengganggu kinerja, gak ada salahnya dibicarakan ke pihak HRD.

Akan tetapi, kalau memang sikap atasan menjadi sumber stres di pekerjaan, dan sudah dibicarakan pun gak ada perubahan, maka jangan berlama-lama di lingkungan gak sehat itu. Sebaiknya mulai cari kerja di tempat lain. Bagaimana pun, kesehatan mentalmu harus jadi prioritas.

Baca Juga: 5 Cara Atur Waktu agar Hidup Seimbang antara Kerja dan Istirahat

3. Tugas yang kamu kerjakan gak sesuai dengan job description

5 Masalah yang Sering Terjadi di Dunia Kerja, Persiapkan Diri!ilustrasi wanita sedang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap perusahaan pastinya punya panduan yang memuat deskripsi pekerjaan masing-masing divisi. Namun, gak semua perusahaan menerapkan hal itu dengan disiplin.

Gak sedikit karyawan yang kemudian stres akibat harus mengerjakan tugas yang melenceng dari deskripsi. Jika memang tugas tersebut menghambatmu untuk bekerja dengan maksimal, mungkin disebabkan hal itu bukan bidangmu sama sekali, maka sebaiknya bicarakan hal ini dengan atasan.

Rasanya gak fair, bila performamu dinilai berdasarkan pekerjaan di luar bidang yang telah kamu pelajari selama ini.

4. Drama orang kantor

5 Masalah yang Sering Terjadi di Dunia Kerja, Persiapkan Diri!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/fauxels)

Gak sedikit, lho, pekerja yang resign akibat gak sreg dengan lingkungan kantornya. Meski bagaimana lingkungan kantor itu tampak gak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan, kenyataannya tipe rekan kerja bisa membuatmu betah, atau malah sebaliknya jadi tertekan terus-terusan.

Di antara mimpi buruk pekerja, yakni punya rekan kerja yang senang drama. Cara menyikapinya, perlakukan mereka murni secara profesional. Hindari dijadikan teman dekat atau berakrab-akrab dengan mereka. Sehingga, kamu bisa fokus pada pekerjaan semata.

5. Beban kerja terlalu banyak

5 Masalah yang Sering Terjadi di Dunia Kerja, Persiapkan Diri!ilustrasi memegang laptop (pexels.com/Mikhail Nilov)

Di antara penyebab banyaknya karyawan yang mengalami burnout, adalah beban pekerjaan yang terlalu banyak. Ini bisa disebabkan atasan memang gak peka, sehingga selalu memberimu tugas di luar kemampuan. Atau, bisa juga akibat kamu dimanfaatkan oleh rekan kerja lain.

Bila beban kerjamu terlalu banyak disebabkan keputusan atasan, maka komunikasikan. Kendati setiap lembur dibayar, tetap saja bila harus lembur tiap hari, bahkan akhir pekan, maka kesehatanmu jadi taruhan.

Jika beban kerjamu menumpuk akibat mengerjakan tugas orang lain, maka kamu wajib bersikap tegas. Jangan takut untuk menolak. Setiap orang sudah punya deskripsi pekerjaan masing-masing, kok!

 

Layaknya sisi kehidupan yang lain, dunia kerja pun punya dinamikanya. Ada berbagai permasalahan yang mewarnai, dan membutuhkan cara penyikapan dengan tepat.

Ada masalah yang memang bisa ditoleransi, tapi ada pula hal-hal yang gak layak membuatmu bertahan, dan cukup jadi alasan untuk keluar atau resign. Jadi, persiapkan diri dengan baik, ya!

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Rekan Kerja yang Sok Berkuasa, Sering Bikin Jengkel 

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya