Comscore Tracker

Teman Kerja Suka Cari Muka? Coba Deh 6 Tips Ini untuk Menghadapinya

Keep calm and do your best

Hampir di setiap perusahaan ada teman kerja yang tipenya suka cari muka. Apa pun rela dilakukannya demi pencitraan di depan atasan. Tak peduli tindakannya menyakiti orang lain. Hobinya adalah menjelek-jelekkan orang lain, selalu mengunggulkan diri di depan atasan meskipun itu bukan hasil kerjanya, dan jadi penjilat yang unggul.

Jika kamu punya teman kerja yang tipenya seperti ini, jangan ngegas dulu. Coba deh lakukan tips di bawah ini untuk menghadapinya.

1. Jaga jarak 

Teman Kerja Suka Cari Muka? Coba Deh 6 Tips Ini untuk Menghadapinyapexels.com/@fauxels

Memiliki teman kerja yang suka cari muka memang menyebalkan. Tapi bukan berarti kamu harus membencinya. Cukup jaga jarak saja dengannya.

Tidak perlu sampai akrab, tapi juga jangan perlihatkan sikap bermusuhan. Berteman baik sekadar urusan kantor saja. Gak perlu ikut-ikutan ngomongin dia di belakang. Karena gak akan ada faedahnya bagi diri kamu.

2. Abaikan 

Teman Kerja Suka Cari Muka? Coba Deh 6 Tips Ini untuk Menghadapinyapexels.com/@sound-on

Seperti poin pertama, terlepas dari urusan kantor, kamu gak perlu dekat dengan dia. Jika dia mengajakmu menjelek-jelekkan orang lain, abaikan. Jangan tanggapi.

Orang yang suka cari muka biasanya tidak bisa dipercaya. Jadi kamu harus waspada. Jangan ungkapkan rahasia apa pun padanya. Bisa-bisa disajikan senjata untuk menikammu dari belakang.

3. Tetap bekerja secara profesional 

Teman Kerja Suka Cari Muka? Coba Deh 6 Tips Ini untuk Menghadapinyapexels.com/@snapwire

Daripada terpaku pada urusan orang lain, se-menyebal-kan apa pun dia, mending kamu fokus pada tugas kerjamu sendiri. Tetaplah kalem dan berusaha bekerja seprofesional mungkin. Tanpa perlu jadi penjilat, atasan akan melihat kok usaha dan prestasimu.

Baca Juga: 5 Alasan Pacar Rasa Teman Lebih Baik daripada Teman Rasa Pacar

4. Jangan tertipu dengan sikap manisnya 

Teman Kerja Suka Cari Muka? Coba Deh 6 Tips Ini untuk Menghadapinyapexels.com/@olly

Orang penjilat, biasanya bermuka dua. Di depan kamu, bisa jadi teman yang paling manis, giliran di belakang malah jadi musuh yang paling sengit.

Jika kamu sudah tahu kalau dia tipenya seperti itu, jangan mudah terperdaya dengan sikap manisnya. Tanggapi dengan biasa aja. Fokuskan diri pada tugas kerjamu saja. Hindari drama supaya hidupmu bisa lebih bahagia.

5. Gak perlu emosi, bersikaplah elegan 

Teman Kerja Suka Cari Muka? Coba Deh 6 Tips Ini untuk Menghadapinyapexels.com/@olly

Jangan terpancing dengan sikapnya yang menyebalkan. Kalau dia bermusuhan dengan kamu, menjelek-jelekkan kamu, sikapi dengan cara elegan, santai saja. Orang yang cari muka, semakin dicuekin, semakin berang dia.

Kamu pun gak perlu menjelaskan ke semua orang terkait rumor yang dia sebarkan. Cukup tunjukkan sikap profesionalmu dan karakter kamu yang sesungguhnya. Lama-lama orang akan bisa melihat sendiri mana yang benar, mana yang salah.

6. Tetap percaya diri 

Teman Kerja Suka Cari Muka? Coba Deh 6 Tips Ini untuk Menghadapinyapexels.com/@fauxels

Sekalipun si pencari muka unggul dalam posisi, kamu gak perlu minder. Tetap lakukan yang terbaik dalam setiap tugas. Jadikan dirimu sendiri sebagai kompetitor, bukan orang lain. Gimana caranya kamu mampu selalu lebih baik dari dirimu yang sebelumnya.

Tanpa harus menjilat sana-sini, kinerjamu yang cemerlang pun akan terlihat dan diakui, baik oleh rekan kerja maupun atasan. Dan saat promosi itu datang, kamu bisa dengan bangga berkata pada dirimu “aku meraihnya dengan cara jujur, hasil kerja kerasku, bukan menjadi seorang penjilat”. Tentunya jauh lebih membahagiakan dibanding posisi yang diraih dari hasil menyakiti orang.

Semoga tips di atas bisa membantu kamu ya dalam menghadapi orang yang senangnya cari muka. Ingat, keep calm and do your best!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pegawai Bernafsu Menjilat Atasan, Tanda Cari Muka?

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya