Comscore Tracker

6 Tips Supaya Hari Pertama Kerja Kamu Jadi Mengesankan, Catat Ya!

#IDNTimesLife Fresh graduate harus baca, nih!

Sebagian besar orang akan deg-degan saat hari pertama kerja, terutama mereka yang benar-benar baru lulus dan ini pertama kalinya bekerja di sebuah perusahaan. Yang biasa dilakukan saat hari pertama kerja adalah perkenalan, mempersiapkan ruang kerja kamu, serta perkenalan dengan aturan dan budaya perusahaan.

Sangat penting membuat hari pertama kamu kerja jadi mengesankan. Untuk mencapainya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yuk simak tipsnya di bawah ini.

1. Memakai pakaian yang formal 

6 Tips Supaya Hari Pertama Kerja Kamu Jadi Mengesankan, Catat Ya!pexels.com/@rebrand-cities

Usahakan di hari pertama kerja, berpakaian formal. Kamu bisa memakai kemeja resmi, dasi dan celana panjang dengan sepatu oxford, flat shoes, atau sepatu dengan hak tinggi yang masih dalam batas wajar. Jika ternyata perusahaan menerapkan cara berpakaian yang lebih santai, kamu bisa menyesuaikan keesokan harinya. Tapi setidaknya di hari pertama, orang-orang bisa melihat effort kamu.

2. Jangan telat 

6 Tips Supaya Hari Pertama Kerja Kamu Jadi Mengesankan, Catat Ya!pexels.com/@olly

Jauh-jauh hari, kamu harus sudah memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai di kantor. Pertimbangkan pula kemungkinan macet. Jangan sampai karena terlalu santai, kamu malah telat. Ini memberimu kesan buruk pada perusahaan dan karyawan-karyawannya. Karyawan baru kok ya udah telat aja.

3. Bersikap ramah 

6 Tips Supaya Hari Pertama Kerja Kamu Jadi Mengesankan, Catat Ya!pexels.com/@fauxels

Bersikaplah ramah saat berkenalan dan tersenyumlah dengan tulus. Saat waktu jeda, kamu bisa bertanya di mana tempat makan enak dan murah terdekat, atau di mana mereka biasa nongkrong setelah waktu kerja? Berusaha menjalin pertemanan dengan teman kerja, dapat mendorong rasa kebersamaan sebagai satu tim, meskipun sebenarnya kamu masih anak baru.

Baca Juga: Tidak Melulu Gaji, 5 Hal Ini Membuat Karyawan Lebih Bahagia di Kantor

4. Makan siang bareng 

6 Tips Supaya Hari Pertama Kerja Kamu Jadi Mengesankan, Catat Ya!pexels.com/@august-de-richelieu

Saat ada ajakan makan siang bareng dari atasan atau kolegamu, jangan nolak. Ini kesempatan untuk mengenal mereka lebih dekat. Bisa jadi, kamu malah jadi sering makan siang bareng mereka. Ini ngebantu banget buat memperkuat ikatan profesional yang bisa mendukung kemajuan kariermu.

Biasanya rekan kerja yang memang sudah dekat dengan kamu, gak akan segan-segan untuk membantu. Ini membuatmu bisa mengerjakan tugas-tugas pekerjaan dengan lancar.

5. Tetap tenang 

6 Tips Supaya Hari Pertama Kerja Kamu Jadi Mengesankan, Catat Ya!pexels.com/@radu

Perasaan ingin meninggalkan kesan pertama yang baik bisa jadi beban tersendiri. Kamu harus memahami, atasan serta rekan kerjamu bisa memaklumi kok kalau kamu melakukan kesalahan-kesalahan kecil di hari pertama kerja. Jadi, jangan gugup atau stres ketika kamu tidak bisa mengerjakan tugas dengan sempurna. Tetaplah tenang, setidaknya dari kesalahan yang kamu perbuat, bisa jadi pembelajaran untuk esok hari.

6. Hindari pulang tepat waktu 

6 Tips Supaya Hari Pertama Kerja Kamu Jadi Mengesankan, Catat Ya!pexels.com/@canvastudio

Saat waktu kerja sudah selesai, jangan semangat banget buat pulang. Lihat dulu kondisi sekitar. Kalau ternyata teman kerjamu masih banyak yang berkutat dengan pekerjaan mereka, jangan langsung main pulang aja.

Sisihkan 15-30 menit dari waktu pulang kerja sebelum kamu meluncur ke rumah. Dengan demikian, orang-orang di sekitarmu bisa melihat komitmen serius kamu pada perusahaan.

Dan jangan lupa pula untuk pamit ke yang lain saat pulang. Dengan berpamitan, orang akan melihatmu sebagai sosok yang bersahabat dan memiliki etika.

Lakukan tips di atas untuk bisa mendapatkan pengalaman hari pertama yang mengesankan. Mumpung masih anak baru, banyak-banyaklah belajar agar ke depannya bisa menyelesaikan tugas dengan lancar.

Jangan ragu untuk memberikan bantuan pada kolegamu jika memang tugasmu belum banyak. Ini membuktikan, bahwa kamu pekerja yang inisiatif.

Selamat ya, buat kamu yang sudah diterima kerja. Dan bagi yang belum, jangan patah semangat! Teruslah mencoba.

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya