Comscore Tracker

5 Tips Buat “Si Banyak Mau”, Anti Boncos Walau Jajan Jalan Terus​​​​​​​ 

Cocok nih buat kamu si tukang jajan! 

Pernah gak sih kamu merasa ingin beli sesuatu, dari makanan, minuman bahkan hingga ke berbagai produk tanpa sebab yang jelas. Itu tandanya kamu kena sindrom “Banyak Mau” alias BM, nih!

Katanya orang yang BM itu pada akhirnya susah untuk punya tabungan. Eits, tapi gak semua begitu kok, apalagi kalau kamu sudah menerapkan beberapa tips dari IDN Times berikut ini. Check this out!

1. Buat budgeting di awal bulan dan disiplin dalam membuat “diary” pengeluaran harian

5 Tips Buat “Si Banyak Mau”, Anti Boncos Walau Jajan Jalan Terus​​​​​​​ ilustrasi diary (unsplash.com/De an Sun)

Bikin hidupmu lebih teratur, bukan hanya to do list harian yang penting, catatan pengeluaran juga gak kalah pentingnya, lho. Apalagi, kamu yang suka jajan dan cenderung boros pasti suka kebingungan ke mana saja uangmu pergi selama ini.

Mulailah untuk membuat budgeting di awal bulan yang berisikan berbagai perkiraan pengeluaranmu dalam bulan itu. Mulai dari makan, bensin, jajan, keperluan mendadak, sampai tagihan-tagihanmu. Dengan mencatatnya, kamu bisa tahu berapa sih pengeluaran tetap kamu dan membuatmu lebih bijak.

Baca Juga: Hati-hati Kalap, Catat 10 Promo Makan Hemat Hari Gajian Juni Ini!

2. Jadi “generasi cashless”, bikin transaksi lebih efektif dan mudah dipantau

5 Tips Buat “Si Banyak Mau”, Anti Boncos Walau Jajan Jalan Terus​​​​​​​ ilustrasi cashless life (unsplash.com/Jonas Leupe)

Terkadang membawa uang tunai terlalu banyak juga gak efektif karena gak ada catatan tertulisnya. Yang kamu tahu hanya membayar dan tarik tunai lagi ketika habis. Nah, ada solusi tepat buatmu yang banyak mau dengan menjadi generasi cashless yang bikin keuangan jadi lebih teratur.

Dengan cara ini, akan ada track record tentang apa saja yang sudah kamu beli dan berapa uang kamu keluarkan. Kamu juga perlu memilih metode pembayaran yang nyaman dan lengkap; GoPay, contohnya, yang menyediakan fitur GoPay Diary di mana semua transaksi selama satu bulan tercatat otomatis. Ini memudahkan kamu untuk melacak penggunaan GoPay yang bisa kamu jadikan acuan di pengeluaran bulan berikutnya. Lebih efektif dan pastinya lebih mudah gak sih?

3. Manfaatkan promo berlimpah dari e-money andalan kamu

5 Tips Buat “Si Banyak Mau”, Anti Boncos Walau Jajan Jalan Terus​​​​​​​ (IDN Times/Gopay)

Jangan mau rugi, manfaatkan promo berlimpah dari e-money andalan kamu. Cari untuk sebanyak-banyaknya, di GoPay Promo Festival ada cashback sampai dengan 50% untuk belanja online, jalan-jalan, beli jajan, belanja kebutuhan bulanan, beli pulsa sampai bayar tagihan atau top up game. Kamu bebas bayar apa saja dan di mana-mana pakai GoPay.

Enaknya lagi, dengan GoPay kamu juga bisa melakukan segudang transaksi seperti transfer ke mana saja tanpa perlu ke ATM, beli produk investasi, beli pulsa, bayar restoran, bayar langganan aplikasi android, sampai bayar belanjaan di swalayan. Dengan kemudahan seperti ini, mobilitas dan fleksibilitasmu untuk menjalani hari juga bakalan meningkat. Nah, langsung aja klik gopay.co.id/promofestival untuk daftar promonya.

4. Puasa media sosial atau minimal atur waktu bermainnya

5 Tips Buat “Si Banyak Mau”, Anti Boncos Walau Jajan Jalan Terus​​​​​​​ ilustrasi sosial media (unsplash.com/Maxim Ilyahov)

Gak bisa dimungkiri, kelamaan di rumah saja membuat kamu butuh hiburan dan akhirnya menghabiskan banyak waktu scrolling media sosial. Tapi, kamu juga harus disiplin soal waktu main medsos, lho. Kalau terus-terusan main HP sampai lupa waktu, lama-lama kamu juga bakalan gak sadar beli barang yang seharusnya gak kamu beli.

Kebiasaan boros memang sulit dihentikan, sih. Tapi, kamu bisa mulai pelan-pelan dengan membatasi waktu main medsos atau pegang HP. Dijamin kamu bukan hanya punya lebih banyak waktu untuk berelasi secara offline, tapi juga jadi lebih hemat.

5. Sisihkan uang di awal bulan yang bisa jadi gaji kedua kamu di akhir bulan

5 Tips Buat “Si Banyak Mau”, Anti Boncos Walau Jajan Jalan Terus​​​​​​​ ilustrasi uang (unsplash.com/Mufid Majnun)

Setiap awal bulan, sisihkan beberapa persen uang yang kamu terima di tempat lain. Bukan untuk apa-apa, lebih tepatnya ini adalah ‘pajak’ kepada diri sendiri di akhir bulan nanti. Apakah kamu sering mengeluhkan akhir bulan yang terasa lambat dan gajian yang gak datang-datang? Cara ini sangat ampuh untukmu.

Uang yang kamu sisihkan di awal bulan akan sangat bermanfaat untukmu nantinya. Bukan hanya terhindar dari drama gak bisa jajan, dijamin cara ini bakalan bikin kamu gak kenal lagi sama yang namanya akhir bulan bokek.

Dengan semua tips di atas, kamu tetap bisa jajan terus tapi tetap cuan alias gak rugi sama sekali. Kantong gak jebol dengan pilihan e-money menguntungkan yang banyak promo dan cashback, selamat datang di hari-hari menyenangkan tanpa drama akhir bulan! (WEB)

Baca Juga: 4 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Hidup Kamu Lebih Hemat  

Laura Astrellia Photo Writer Laura Astrellia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya