Comscore Tracker

5 Tipe Orang yang Rawan Gak Disukai Orang Sekantor, Catat!

Jangan sampai kamu begini, ya #IDNTimesLife

Bekerja merupakan suatu proses hidup yang pasti dijalani oleh manusia. Namanya juga harus bertahan hidup, pastinya dibutuhkan usaha untuk mencari nafkah. Waktu 24 jam sehari juga didominasi oleh rangkaian pekerjaan, mulai dari bangun, berangkat kerja, hingga pulang.

Nah, berikut ini adalah lima tipe orang yang biasanya paling tidak disukai orang satu kantor. Jangan sampai kamu memelihara satu tipe di antaranya, ya. 

1. Tidak bisa menjaga privasi orang lain

5 Tipe Orang yang Rawan Gak Disukai Orang Sekantor, Catat!Ilustrasi diskusi (pixabay.com/Sozavisimost)

Alasannya pasti bercanda karena sudah merasa dekat dengan orang yang bersangkutan. Namun, sedekat apa pun kamu dengan orang tersebut, yang namanya privasi harus tetap dijaga. Jangan sampai hubungan rusak hanya gara-gara melampaui privasi orang lain. 

Gunakan bahan candaan lain yang masih bisa diterima dengan baik oleh orang banyak. Jangan sekali-kali membahas masalah yang bersifat sensitif. Karena pastinya tidak enak dong, bekerja dengan orang yang sudah sakit hati. 

2. Suka korupsi waktu

5 Tipe Orang yang Rawan Gak Disukai Orang Sekantor, Catat!Ilustrasi meminum kopi (pixabay.com/JESHOOTS-com)

Poin ini mungkin jadi bahan refleksi juga buatmu. Apakah kamu sudah menghargai waktu? Misalnya saat datang pagi ya langsung kerja. Tidak sarapan dulu, buka toko online, dsb. Saat sebelum istirahat sudah langsung keluar kantor dan saat sore hari, pekerjaan sudah ditutup sebelum jam pulang kantor. 

Orang yang suka korupsi waktu terkadang memang tidak berdampak langsung terhadap orang lain. Namun, rekan kerjamu yang lain pastinya tidak suka dengan caramu yang seenaknya dengan waktu. 

Baca Juga: 7 Tren Kerja Hybrid yang Perlu Kamu Tahu, Kerja Jarak Jauh Fleksibel!

3. Deadliners abis

5 Tipe Orang yang Rawan Gak Disukai Orang Sekantor, Catat!Ilustrasi bekerja (pixabay.com/Free-Photos)

Jadi sesaat sebelum pekerjaanmu digantikan oleh orang lain, kamu baru pura-pura sibuk mengerjakannya. Sehingga orang lain harus menunggu dan memaklumi kamu terus. Padahal sebenarnya pekerjaan itu sudah jauh hari diberikan kepadamu.

Sikap seperti ini lama-lama akan membuatmu jadi dicap negatif oleh orang sekitar. Celakanya jika masih dalam masa percobaan, kemungkinan untuk diangkat menjadi karyawan tetap semakin kecil.

4. Suka berutang 

5 Tipe Orang yang Rawan Gak Disukai Orang Sekantor, Catat!Ilustrasi utang (pixabay.com/AhmadArdity)

Hal ini harus dihindari. Meminjami uang kepada rekan satu kantor yang tak jelas reputasinya dalam pembayaran cicilan malah akan membuatmu dilema. Karena mau nagih nantinya juga akan tidak enak. Maka, sebaiknya jangan suka berutang. 

Walau harus terpaksa meminjam uang teman untuk beli makan siang atau apa pun itu, sebaiknya segera bayar utang tersebut. Karena reputasi dirimu yang akan dipertaruhkan jika suka meminjam uang rekan satu kantor.

5. Terlalu sering aji mumpung 

5 Tipe Orang yang Rawan Gak Disukai Orang Sekantor, Catat!Ilustrasi acara makan bersama (pixabay.com/Free-Photos)

Biasanya bos atau pimpinan departemen akan menggelar acara makan-makan atau traktiran. Nah, orang yang suka aji mumpung pasti langsung tak mau membuang kesempatan. Pesan makanan yang mahal, bahkan sebelum si bos memesan makanan. 

Hal ini jangan sampai terjadi. Walau kamu sangat ingin makan makanan gratis, tekan keinginanmu itu. Jangan sekali-kali pesan makanan yang lebih mahal dari yang mentraktir. Karena bukan tidak mungkin pimpinan akan langsung memblok namamu.

Jadi, apakah kelima hal di atas masih ada dalam kehidupan sehari-hari di kantor? Pastinya orang tersebut bisa jadi bahan gunjingan satu kantor. Lebih baik segera ubah kebiasaan tersebut, atau akan kehilangan karier yang sedang kamu jalani. 

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Gampang Percaya dengan Rekan Kerja di Kantor

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya