Comscore Tracker

5 Tipe Pegawai yang Pasti Auto Disukai Atasan, Mau Coba? 

Karier melesat, bisa naik jabatan dengan cepat

Dalam menjalani karier, pastinya kamu memiliki berbagai macam pilihan. Apalagi saat ini seiring berkembangnya teknologi membuat profesi semakin banyak. Nah, bagi kamu yang mungkin hanya tertarik untuk jadi karyawan biasa, tak ada salahnya mempunyai mimpi sukses layaknya pengusaha.

Karena semua orang punya kesempatan untuk jadi sukses, bukan tergantung pilihan karier, tapi dari cara mereka bekerja. Nah, salah satu untuk menaikkan kariermu adalah dengan memberikan kesan positif ke atasan. Berikut adalah lima tipe pegawai yang pasti disukai atasan. 

1. On time

5 Tipe Pegawai yang Pasti Auto Disukai Atasan, Mau Coba? Ilustrasi bekerja di kantor (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Alias kamu selalu tepat waktu. Mulai dari masuk kerja, janjian dengan klien, dsb. Pastinya dirimu sebenarnya juga susah untuk selalu on time. Mungkin karena atasan juga sering ngaret. Tapi, jangan kasih kendor kebiasaan on time ini. Walau atasan tidak memberi contoh yang baik, namun pasti doi suka sama kamu.

Bertahan saja untuk memberi kesan bahwa kamu layak diperhitungkan. Ketepatan waktu juga bisa menggambarkan berbagai karakter seseorang. Seperti dapat dipercaya, dewasa dan juga elegan. 

2. Menyelesaikan pekerjaan dengan cekatan 

5 Tipe Pegawai yang Pasti Auto Disukai Atasan, Mau Coba? Ilustrasi bekerja (pixabay.com/TeeFarm)

Mungkin tidak akan selalu on time. Namun, dirimu bisa menjamin bahwa mengerjakannya dengan cepat dan tepat. Kadang karena saking banyaknya pekerjaan, dirimu tidak bisa mengerjakan semuanya sebelum pulang kerja. Tapi, atasan yang baik pasti mengerti dan tidak menargetkan dirimu. 

Jadi, berikan yang terbaik walau dalam pekerjaan yang banyak sekali pun. Kerjakan satu per satu, pasti selesai juga. Asalkan dirimu memberi yang terbaik, atasan pasti dapat menilai.

Baca Juga: 5 Tipe Rekan Kerja yang Wajib Dijadikan Teman di Kantor, Siapa Saja?

3. Bisa diandalkan tanpa perlu dibimbing terus menerus

5 Tipe Pegawai yang Pasti Auto Disukai Atasan, Mau Coba? Ilustrasi rekan kerja (pixabay.com/algredoid)

Awal-awal menjadi karyawan baru, pastinya kamu akan banyak bertanya dan masih meminta bimbingan sedikit dari atasan. Namun, sebagai karyawan tentunya berbeda dengan saat masih menjadi seorang pelajar.

Bisa bertanya kepada guru kapan saja. Saat sudah bekerja, pastikan jangan buat atasan harus kasih kamu tahu berulang-ulang.

Jika dirimu melakukan hal ini, yang ada malah doi jadi kesal dan suka marah-marah sama kamu. Karena pastinya beban seorang atasan juga banyak. Tidak hanya mengurus kamu yang belum paham walau sudah sering dijelaskan. 

4. Loyal terhadap pekerjaan 

5 Tipe Pegawai yang Pasti Auto Disukai Atasan, Mau Coba? Ilustrasi pekerjaan (pixabay.com/DanaTentis)

Terkadang hal ini menjadi buah simalakama. Ingin loyal namun kamu lelah, tapi jika tidak maka atasan akan terus mengungkit apa yang sudah perusahaan berikan terhadapmu. Misalnya saja masih gajian full di era pandemi. Sehingga memang dirimu terkadang harus loyal terhadap perusahaan.

Ingat, semakin besar gaji yang kamu peroleh, maka semakin besar juga tanggung jawab yang akan diberikan. Otomatis, nilai loyalitas akan bertambah tinggi. Bahkan, bisa saja kamu harus sering merelakan waktu santai untuk tetap kerja. 

5. Jarang menolak pekerjaan 

5 Tipe Pegawai yang Pasti Auto Disukai Atasan, Mau Coba? Ilustrasi wawancara (pixabay.com/425147)

Tak dapat dimungkiri, atasan pasti mencintai pegawai yang jarang menolak perintahnya. Walau kadang perintah itu tak sesuai dengan hatimu. Namun, pada kenyataannya atasan memang mencari seseorang yang bisa melakukan sesuai dengan arahannya. Sekali lagi, hal ini tidak tidak akan cocok kepada setiap orang.

Maka dari itu, sebelum bekerja kamu harus putuskan memang ingin jadi karyawan atau pengusaha. Namun, jika sudah menjadi kepercayaan atasan, dirimu juga yang akan dapat nilai plusnya. 

 

Jadi, apakah kamu sudah menjadi tipe pegawai yang akan disukai atasan? Sebenarnya hal ini penting dan tidak penting. Tapi, untuk dapat bertahan dan dapat posisi di instansi, dirimu harus dipercaya dulu oleh seorang atasan.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Saat Masih Berstatus Pegawai Kontrak

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya