Comscore Tracker

5 Kiat Menjaga Mood walaupun Pekerjaan Kian Menumpuk

Mood yang jelek bisa memengaruhi kinerja bekerjamu

Pekerjaan yang menumpuk memang sering membuat mood kita drop. Mau pergi ke mana pun, rasanya selalu dibayang-bayangi deadline kerjaan. Kadang, kita juga jadi sering emosional terhadap orang lain.

Sebagai seseorang yang profesional, kamu harus membenahi perasaan yang campur aduk itu supaya tidak mengganggu pekerjaanmu. Kamu bisa mencobanya lewat lima hal berikut ini.

1. Ambil rehat sejenak

5 Kiat Menjaga Mood walaupun Pekerjaan Kian Menumpukmengambil rehat sejenak (pexels.com/Andrea piacquadio)

Saat isi kepalamu rasanya sudah mau pecah, jangan paksakan terus bekerja. Cukup ambil beberapa menit waktumu untuk benar-benar beristirahat. Bahkan lima menit pun bisa bermanfaat jika benar-benar dipakai untuk istirahat.

Saat masa rehat sejenak ini, tinggalkan dulu semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Coba tarik napas dalam dan pejamkan mata sejenak. Ketika badan kamu rileks, mood kamu juga menjadi lebih positif.

2. Mencari sudut ruangan yang baru untuk bekerja

5 Kiat Menjaga Mood walaupun Pekerjaan Kian Menumpukmencari spot kerja yang nyaman (pexels.com/Ken Tomita)

Mungkin selama ini kamu selalu mengerjakan tugasmu di satu tempat yang sama. Saat perasaan sedang kacau, kamu bisa coba untuk mencari suasana baru.

Tidak perlu susah-susah mencari tempat. Kamu bisa mulai dengan mencari spot kerja dengan pemandangan yang berbeda. Bila memungkinkan, kamu juga bisa memilih kafe ataupun ruang terbuka sebagai tempat menyelesaikan tugas. Pokoknya pilihlah tempat yang membuat kamu lebih nyaman.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Produktivitas Kerja, Ampuh Tingkatkan Performa!

3. Bekerja sambil mendengarkan musik

5 Kiat Menjaga Mood walaupun Pekerjaan Kian Menumpukbekerja sembari mendengarkan musik (unsplash.com/Soundtrap)

Musik adalah salah satu sarana untuk menenangkan hati dan pikiran. Di saat pikiranmu sedang mumet, mendengar musik bisa jadi salah satu mood booster yang ampuh.

Biasanya, mendengarkan musik klasik atau untuk meditasi bisa membantu kamu menenangkan pikiran. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan musik yang ceria untuk membangkitkan semangatmu.

4. Berbincang dan bercanda dengan teman kerja

5 Kiat Menjaga Mood walaupun Pekerjaan Kian Menumpukteman kerja yang se-frekuensi (unsplash.com/Husna Miskandar)

Memiliki teman kerja yang sefrekuensi juga bisa membangkitkan mood kamu selama bekerja. Kamu bisa saling bertukar pikiran tentang pekerjaan yang kalian miliki atau membicarakan hal-hal lain yang membuat kalian senang. Kalau perlu, kalian bisa saling memberikan ide atau solusi untuk pekerjaan masing-masing.

Terkadang ketika bekerja, kamu sering menemui orang atau kejadian yang membuatmu merasa kesal. Adanya teman untuk berbagi keluh kesah bisa membantumu melepaskan emosi yang selama ini kamu pendam.

5. Menonton video-video lucu atau menghibur

5 Kiat Menjaga Mood walaupun Pekerjaan Kian Menumpukmencari konten untuk sekedar 'cuci mata' (pixabay.com/fancycrave1)

Sekarang ada banyak video di media sosial dengan konten yang bisa mengocok perut. Ketika pikiranmu sudah dipenuhi deadline kerjaan, tidak ada salahnya untuk tertawa sedikit. Hidup kamu juga memerlukan hiburan di antara hal-hal yang penuh tekanan.

Buat kamu yang memiliki idola kesayangan, kamu juga bisa sembari menonton video idolamu itu. Istilahnya anak muda zaman sekarang mungkin adalah fangirling. Boleh kok kamu jadiakan idolamu ini sebagai penyemangat untuk menemani hari-harimu yang penuh tekanan.

Cara-cara tadi tidak akan membuat pekerjaanmu yang tertunda bisa selesai secara ajaib. Namun setidaknya, kamu akan memiliki mood yang lebih positif dan lebih siap menyelesaikan setiap halangan dalam pekerjaan.

Baca Juga: 5 Tips Tingkatkan Produktivitas Keuangan, Raih Kebebasan Finansial!

Leonaldo Lukito Photo Verified Writer Leonaldo Lukito

Interested in Health and Medicine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya