Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Terburu-buru Resign

Jangan sampai kamu menyesal kemudian

Bagi mereka yang baru saja lulus sekolah atau kuliah, mendapatkan pekerjaan menjadi misi utama yang harus diselesaikan. Bahkan tidak jarang mereka rela melakukan  pekerjaan apa pun asalkan mendapatkan bayaran. Namun hal yang berbeda kadang dirasakan oleh mereka yang sudah bekerja.

Meski masih menganggap sebuah pekerjaan adalah hal yang penting, orang yang sudah berpengalaman justru lebih selektif dalam memilih pekerjaan bahkan tidak segan memutuskan untuk resign dari pekerjaan jika mereka menemukan sesuatu yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Seperti yang dilansir dari harpersbazaar.com dan inc.com, namun sama seperti keputusan lainnya, keluar dari pekerjaan bukanlah keputusan yang mudah. Sebelum memutuskan untuk melangkah keluar, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan matang-matang, termasuk lima hal dibawah ini.

1. Alasan ingin resign

5 Hal yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Terburu-buru Resignunsplash.com/JESHOOTS.COM

Setiap orang pasti memiliki alasan atas apa yang dia lakukan. Ketika kamu memutuskan untuk resign, kamu tentu juga memiliki alasan. Bukan hanya alasan yang kamu katakan pada atasan, tapi juga alasan yang kamu katakan pada diri sendiri.

Entah itu gaji yang kurang memadai, lingkungan pekerjaan yang kurang menyenangkan, atau mungkin karena beban pekerjaan yang terlalu berat. Apa pun alasannya, pastikan alasan yang kamu miliki saat ini benar-benar kamu rasakan dan bukan alasan sesaat yang nantinya justru membuat kamu menyesal di kemudian.

2. Apa yang akan kamu lakukan setelah resign

5 Hal yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Terburu-buru Resignunsplash.com/Marten Newhall

Setelah resign, status kamu kembali menjadi pengangguran. Meski bersantai di rumah itu menyenangkan, tapi kamu tentu tidak bisa bersantai selamanya. Untuk itu, sebelum resign pastikan kamu sudah memiliki rencana mengenai apa yang akan kamu lakukan setelah keluar.

Akan sangat bagus jika sebelum resign, kamu sudah lebih dulu mendapatkan kontrak pekerjaan baru. Dan kalaupun kamu ingin membuka usaha, pastikan kamu sudah siap dan memikirkan segalanya. Jangan sampai setelah resign, kamu justru menyesal karena tidak kunjung memiliki pekerjaan.

Baca Juga: 5 Cara Meninggalkan Kesan yang Baik Meski Kamu Sedang Resign

3. Seberapa baik skill yang kamu miliki

5 Hal yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Terburu-buru Resignunsplash.com/bruce mars

Saat ini, orang yang mencari pekerjaan jumlahnya ribuan. Tidak heran jika pada akhirnya banyak perusahaan menaikkan standar mereka dalam mencari karyawan. Dalam hal ini, perusahaan bukan hanya mencari yang berpendidikan tinggi, melainkan mereka yang punya banyak pengalaman plus segudang skill yang mumpuni.

Sebelum keluar dari satu tempat, ada baiknya jika kamu introspeksi diri. Coba ingat-ingat, skill apa saja yang kamu miliki? Sudah berapa banyak yang kamu pelajari dan apakah hal itu cukup untuk membuat perusahaan baru melirikmu?

4. Apa tabungan kamu cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu setelah resign

5 Hal yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Terburu-buru Resignunsplash.com/Alexander Mils

Sebelum memutuskan keluar dari perusahaan tempat kamu bekerja, kamu harus lebih dulu memperhitungkan tabungan yang kamu miliki. Pasalnya, tidak semua orang beruntung bisa langsung mendapatkan pekerjaan baru setelah keluar.

Dan meski tidak bekerja tapi tetap saja ada sejumlah kebutuhan yang harus tetap kamu bayar setiap bulan. Dengan memiliki tabungan, kamu bisa memenuhi semua kebutuhan kamu selama di rumah tanpa perlu menyusahkan siapa pun.

5. Waktu yang tepat untuk resign

5 Hal yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Terburu-buru Resignunsplash.com/Helloquence

Setelah mempertimbangkan alasan, sampai pengeluaran, hal terakhir yang harus kamu pertimbangkan adalah waktu untuk resign. Oke, kamu memang sudah tidak betah bekerja disana tapi kamu juga tidak boleh mengajukan surat resign seenaknya.

Hindari mengajukan resign saat kantor dalam keadaan sibuk karena sudah pasti akan ditolak. Sebaliknya, pilih waktu tenang dan selesaikan semua pekerjaan kamu sebelum pergi.

Meski terdengar sepele, namun lima hal di atas sangat menentukan masa depan kamu. Jadi pikirkan baik-baik ya!

Baca Juga: 5 Etika Saat Ingin Mengajukan Resign, Jangan Langsung Pergi!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You