Comscore Tracker

Banyak Ruginya, 5 Alasan Kamu Tidak Boleh Bergosip di Kantor

Jangan sampai kamu dimusuhi orang sekantor ya!

Bergosip di kantor menjadi salah satu kegiatan favorit banyak orang, terutama bagi perempuan. Biasanya acara bergosip dilakukan di waktu senggang saat tidak ada pekerjaan. Well, bergosip di kantor memang menyenangkan.

Tapi seperti yang kita tahu, gosip bukanlah kegiatan yang baik di mana pun tempatnya, termasuk di kantor di mana semua orang bekerja setiap hari. Dan berikut ini lima alasan kamu tidak boleh bergosip di kantor!

1. Bergosip bikin suasana kantor jadi tidak nyaman

Banyak Ruginya, 5 Alasan Kamu Tidak Boleh Bergosip di Kantorunsplash.com/Austin Distel

Kantor bisa dibilang adalah rumah kedua bagi banyak orang. Sama seperti rumah kita, kantor pun harus dibuat senyaman mungkin. Tapi kalau kamu dan teman-teman bergosip, otomatis suasana yang tadinya nyaman akan jadi canggung bahkan terasa gerah. Memang hanya satu orang yang kamu gosipkan, tapi efeknya pasti dirasakan oleh semua orang.

2. Lagipula hidup orang lain bukan urusanmu

Banyak Ruginya, 5 Alasan Kamu Tidak Boleh Bergosip di Kantorunsplash.com/You X Ventures

Oke mungkin si A memang seperti yang dibicarakan teman-teman. Tapi seperti apa pun rekan kantormu, toh itu bukan urusan kamu. Dan selama kebiasaan buruknya tidak merugikan, maka kamu tidak perlu membahasnya. Lagipula, kita digaji dan datang ke kantor setiap hari tujuannya untuk bekerja dan bukannya membahas keburukan orang lain.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Mager Kerja di Kantor, Kurangi Ya!

3. Kamu akan kehilangan kepercayaan

Banyak Ruginya, 5 Alasan Kamu Tidak Boleh Bergosip di Kantorunsplash.com/Bernard Hermant

Bukan hanya menambah musuh, kebiasaan bergosip di kantor juga jelas akan membuat kamu kehilangan kepercayaan. Orang-orang jelas tidak akan pernah menceritakan rahasia atau apa pun padamu. Ini karena tukang gosip biasanya tidak pandai menyimpan rahasia.

Jangankan rahasia orang lain, mereka juga tidak jarang keceplosan membeberkan rahasia diri sendiri. Mereka tentu saja tidak ingin rahasianya tersebar ke mana-mana dan jadi bahan gosip semua orang.

4. Orang sudah pasti akan membicarakan kamu

Banyak Ruginya, 5 Alasan Kamu Tidak Boleh Bergosip di Kantorunsplash.com/Ben White

Apa yang kamu tanam, itulah yang akan kamu tuai. Jika kamu membicarakan orang lain, lambat-laun orang-orang akan membicarakan kamu. Memang di depanmu, teman-teman akan bersikap biasa tapi begitu kamu berbalik mereka akan mengeluh bahkan tidak segan meluapkan kekesalannya atas tabiat buruk yang satu itu. Kalau sudah begitu, hanya tinggal menunggu waktu sampai mereka benar-benar marah dan mengucilkan kamu.

5. Berita yang kamu bicarakan belum tentu benar

Banyak Ruginya, 5 Alasan Kamu Tidak Boleh Bergosip di Kantorunsplash.com/Freshh Connection

Alasan terakhir kenapa kamu tidak boleh bergosip di kantor adalah karena berita yang berhembus tidak selalu benar. Kita tentu tahu, betapa cepatnya sebuah kabar burung berubah menjadi desas-desus yang meyakinkan. Kalau desas-desus yang tersebar benar, bagaimana kalau salah? Kamu sudah pasti akan malu karena telah menjadi penyebar hoax di kantor.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, gosip di mana pun tempatnya tidak akan pernah berakhir baik. Jadi sebelum kamu terlanjur dimusuhi sekantor, akan lebih baik bagi kamu untuk tidak membicarakan orang lain.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan, 5 Tips Jitu Mengatasi Teman Kantor yang Genit

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya