Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Perlu Mengambil Cuti Panjang, Jangan Dipaksa Bekerja

Kapan terakhir kali kamu ambil cuti?

Pekerjaan adalah hal yang penting bagi semua orang. Mungkin penghasilan yang kamu dapatkan tidak terlalu besar, tapi dengan bekerja, setidaknya kamu bisa hidup layak tanpa khawatir akan kekurangan. Meski bekerja keras itu penting, tapi disisi lain kamu juga tidak boleh lupa untuk istirahat.

Seperti yang dilansir oleh entrepreneur.com, tentu saja kamu tidak bisa bolos kerja seenaknya. Tapi sebagai karyawan, kamu memiliki jatah cuti yang bisa digunakan. Jadi kapan waktu yang tepat untuk menggunakan jatah cuti kami? Berikut tanda-tandanya!

1. Kamu merasa tertekan untuk bangun setiap pagi

5 Tanda Kamu Perlu Mengambil Cuti Panjang, Jangan Dipaksa Bekerjaunsplash.com/Kinga Cichewicz

Bagi banyak orang, pagi berarti kesempatan baru. Karena alasan itu jugalah yang membuat mereka semangat untuk bangun setiap paginya. Sayangnya disaat mereka merasa semangat, kamu justru merasa tertekan untuk bangun dan memulai hari.

Perjalanan ke kantor, mengerjakan setumpuk tugas, deadline hanya membuat perasaan kamu berubah jadi suram. Kamu tidak ingin melakukan semua aktifitas, satu-satunya hal yang ingin kamu lakukan adalah kembali ke tempat tidur dan sembunyi dibalik selimut untuk waktu yang lama.

2. Kualitas kerja kamu menurun

5 Tanda Kamu Perlu Mengambil Cuti Panjang, Jangan Dipaksa Bekerjaunsplash.com/JESHOOTS.COM

Karena dari awalnya saja kamu sudah tertekan, hasil kerja kamu pun jadi berantakan. Di kantor kamu jadi zombie. Tubuhmu memang di kantor, tapi fikiran kamu kemana-mana. Alhasil ada banyak kesalahan yang kamu lakukan, kualitas kerja pun menurun karena kamu tidak bisa fokus. Satu-satunya keinginanmu adalah jam kerja segera tiba agar kamu bisa segera keluar dari kantor.

3. Meja kerja kamu juga berantakan

5 Tanda Kamu Perlu Mengambil Cuti Panjang, Jangan Dipaksa Bekerjaunsplash.com/Andrew Neel

Percaya atau tidak, meja kerja bisa menggambarkan kondisi kamu saat ini. Normalnya kita akan selalu memastikan meja kerja tetap dalam keadaan rapi. Selain membuat kita tetap fokus bekerja, meja kerja yang bersih juga membuat kamu dan rekan kerja sekeliling merasa nyaman.

Sebaliknya, disaat perasaan sedang kacau, jangankan merapihkan meja kerja, kamu bahkan merasa tidak punya tenaga untuk menyelesaikan setumpuk pekerjaan.

Baca Juga: 10 Inspirasi Liburan Seru ala Patricia Gunawan, Bikin Pengin Cuti!

4. Kamu tidak ingat kapan terakhir kali pergi berlibur

5 Tanda Kamu Perlu Mengambil Cuti Panjang, Jangan Dipaksa Bekerjaunsplash.com/Guilherme Stecanella

Bekerja memang penting, tapi sepenting apa pun tanggung jawab di kantor, kamu tidak boleh melupakan kebahagiaan diri sendiri. Ada banyak cara untuk membahagiakan diri sendiri, salah satunya adalah dengan mengambil liburan dan pergi berkunjung ke tempat yang menarik.

Sekarang, coba ingat-ingat kapan terakhir kali kamu pergi liburan? Kalau kamu sendiri sudah tidak ingat kapan terakhir kali pergi mengunjungi tempat baru atau berkumpul dengan teman-teman, maka sudah jelas kamu butuh cuti panjang dan pergi berlibur.

5. Super sensitif, kamu mudah sekali untuk marah

5 Tanda Kamu Perlu Mengambil Cuti Panjang, Jangan Dipaksa Bekerjaunsplash.com/Tim Gouw

Disaat jenuh dengan pekerjaan, mengobrol dengan rekan kerja bisa jadi obat mujarab untuk membuat kamu kembali semangat. Tapi hal itu tidak lagi berlaku sekarang. Bukan hanya kehilangan semangat, kamu juga berubah jadi sensitif. Semua terasa menyebalkan, termasuk mereka yang ada disekitarmu. Dimata kamu, tidak ada lagi hal yang menyenangkan, seolah-olah semua orang dikantor bekerja sama untuk membuatmu merasa kesal.

Kita semua membutuhkan pekerjaan, tapi jangan hanya karena bekerja begitu penting, kamu sampai rela mengorbankan segalanya termasuk kebahagiaanmu sendiri. Lagipula, kamu bukan robot yang bisa bekerja 24 jam. Kamu manusia yang bisa merasa lelah, dan untuk itu kamu harus istirahat.

Sumber:

https://www.jobstreet.com.ph/career-resources/5-signs-need-take-time-work#.XihmDh4xeNx
https://www.entrepreneur.com/amphtml/285756
https://inspiringtips.com/alarming-signs-you-need-to-take-a-break-from-work/

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Jakarta untuk Mengisi Libur Natal, Gak Perlu Cuti

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya